Urgensi Transformasi Keilmuan Berbasis Paradigma Integrasi-Interkoneksi dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

Suud Sarim Karimullah* -  Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

Memahami ajaran agama tidak bisa lagi ditafsirkan berdasarkan pada pendekatan yang secara teologis-normatif, akan tetapi terus mengalami perubahan terhadap berbagai pola paradigma yang lebih progresif. Selanjutnya, pada penyusunan penelitian ini, penulis mengambil posisi untuk berupaya melakukan integrasi-interkoneksi keilmuan dengan pendekatan interdisipliner, multidisipliner dan transdisipliner dalam memberikan jawaban atas problematika yang terjadi pada pandemi Covid-19. Sedangkan jenis dalam penelitian ini adalah library research dengan sifat kajian deskriptif-analitis melalui pola pemikiran yang sistematis menggunakan pendekatan paradigma dengan basis integrasi-interkoneksi keilmuan. Kemudian, penelitian ini menyatakan bahwa bangunan keilmuan apapun tidak bisa berdiri sendiri sehingga dibutuhkan dialog, kerjasama, saling berhubungan, saling tegur sapa dan saling koreksi apalagi dalam menghadapi pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 yang masuk ranah natural science mungkin bisa diselesaikan melalui ilmu medis dengan dilakukan penelitian di ruang-ruang laboratorium, akan tetapi keilmuan tersebut tidak bisa mengatasi kejiwaan dan rohani yang sedang dihadapi oleh masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, sehingga dibutuhkan religious science. Demikian juga ketika hendak menerapkan aturan pembatasan fisik dan sosial, maka dibutuhkan pendekatan keilmuan sosial dan humaniora.

Keywords : Transformasi Keilmuan; Integrasi-Interkoneksi;Pandemi Covid-19

  1. Abdullah, M Amin. Islamic Studies Di Perguruan Tinggi Perguruan Integratif-Interkonektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

    ———. “Mendialogkan Nalar Agama Dan Sains Modern Di Tengah Pandemi Covid-19.” Maarif 15, no. 1 (2020): 11–39.

    Al-Faruqi, Ismail Raji. Islamisasi Pengetahuan, Terj Anas Mahyudin. Bandung: Pustaka, 2003.

    Alkaf, M. “Agama, Sains, Dan Covid-19: Perspektif Sosial-Agama.” Maarif 15, no. 1 (2020): 93–108.

    Bagir, Zainal Abidin. Integrasi Ilmu Dan Agama: Interpretasi Dan Aksi. Mizan Pustaka, 2005.

    Chanifudin, Chanifudin, and Tuti Nuriyati. “Integrasi Sains Dan Islam Dalam Pembelajaran.” Asatiza 1, no. 2 (2020): 212–29.

    Darda, Abu. “Integrasi Ilmu Dan Agama: Perkembangan Konseptual Di Indonesia.” At-Ta’dib 10, no. 1 (2016).

    Davies, Paul C W, and Paul Davies. The Mind of God: Science and the Search for Ultimate Meaning. Simon & Schuster, 1992.

    Diu, Abdullah. “Pemikiran M. Amin Abdullah Tentang Pendidikan Islam Dalam Pendekatan Integrasi-Interkoneksi.” Jurnal Ilmiah Al-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner 3, no. 1 (2018): 1–15.

    Kuntowijoyo. Islam Sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi, Dan Etika. Teraju, 2004.

    Labaso, Syahrial. “Paradigma Integrasi-Interkoneksi Di Tengah Kompleksitas Problem Kemanusiaan.” Al-A’raf: Jurnal Pemikiran Islam Dan Filsafat 15, no. 2 (2018): 335–52.

    M. Amin Abdullah. “Rekonstruksi Metodologi Studi Agama Dalam Masyarakat Multikultural Dan Multireligius.” Jurnal Media Inovasi X, no. 02 (2000).

    Musser, D W. “H. Rolston III," Science and Religion: A Critical Survey"(Book Review).” International Journal for the Philosophy of Religion 26, no. 3 (1989): 185.

    Rusliana, Iu. “Virus Korona: Peneguh Nilai-Nilai Dalam Ajaran Islam.” MAARIF 15, no. 1 (2020): 181–96.

    Syed Muhammad al-Naquib al-Attas. Aims and Objectives of Islamic Education. Jeddah: King Abdul Aziz University, 1979.

    Toresano, Wa Ode Zainab Zilullah. “Integrasi Sains Dan Agama: Meruntuhkan Arogansi Di Masa Pandemi Covid-19.” Maarif 15, no. 1 (2020): 231–45.

    Yaqin, Ainol. “Integrasi Ilmu Agama Dan Sains (Kajian Atas Pemikiran Al-Ghazālī).” Islamuna: Jurnal Studi Islam 3, no. 1 (2016): 37–55.

    Yaqin, Haqqul. “Keimanan Rasional Dan Genius Spiritual: Upaya Mencari Titik Temu Kredo Agama Dan Sains.” MAARIF 15, no. 1 (2020): 153–67.


Open Access Copyright (c) 2022 Suud Sarim Karimullah
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats

Editorial Office:

Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan; 

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.

Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: studimultidisipliner01@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.