Urgensi Psikologi dalam Pendidikan Islam

Arifa Anni Panggabean -  SD Negeri 084084 Sibolga, Indonesia
lis yulianti siregar* -  Prodi PIAUD FTIK IAIN Padangsidimpuan, Indonesia
Muhammad Roihan Daulay -  Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia

Tujuan Artikel ini adalah untuk mengetahui seberap urgensi Psikologi dalam Pendidikan Islam. Manusia sebagai subjek sekaligus objek pendidikan terdiri dari elemen Ruhaniyah dan Jasmaniah yang sifatnya labil dan berubah-ubah, terkadang meningkat drastic dan tidak jarang menurun bahkan menjadi buruk. Pendidikan sebagai sebuah proses pengembangan potensi Ruhaniyah maupun jasmaniyah merupakan usaha nyata manusia untuk mengoptimalkan Intelektual, Moral, spiritual, serta kemampuan untuk berinteraksi social. Penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan analisi deskriftif dengan mengumpulkan buku dan jurnal yang terkait dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psikologi dalam pendidikan Islam berperan untuk mengkaji masalah  jiwa, karena subyek didik itu adalah manusia yang memiliki jiwa. Jiwa, jauh sebelum dikembangkan psikologi, telah dibahas dalam khazanah keilmuwan Islam klasik dengan topik ilm nafs.

Keywords : Psikologi; Pendidikan; Psikologi Pendidikan Islam

  1. Abdul Latif, Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan,Bandung: PT Refika Aditama, 2009. Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam (Bandung: PT. Al-Ma’arif, n.d. Al- Rasyidin, Fisalafat Pendidikan Islami Bandung: Ciptapustaka Media Perintis, 2017. Azyumardi Azra, PendidikanIslam Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012. Azyumardi Azra,.Menuju Masyarakat yang Madani. Bandung:Rosdakarya. 1999. Baharuddin, Paradigma Psikologi Islam, Studi Tentang Elemen Psikologi Dari al-Qur'an, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004, Cet. I Bimo Walgito, Psikologi Sosial (Suatu Pengantar)Yogyakarta: Andi Offset, 2000. Crow and Crow, Educational PsikologyAmerica: Barner and Noble Books, 1978. Dja’far Siddik, Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam Bandung: Citapustaka Media, 2006. Fuad Nashori, Potensi-potensi Manusia, Seri Psikologi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005. Cet. II, Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam dalam Persfektif Filsafat Jakarta: Kencana, 2014. Hasan Langgulung, Manusia Dan Pendidikan; Suatu Analisa Psikologi, Falsafah Dan PendidikanJakarta: Pustaka al Husna., 1986. Hasan Langgulung,.Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Bandung: Al Ma`arif, 1980. Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 1999. Imam Barnadjib, Filsafat Pendidikan,Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan FIP, 1987. Lis Yulianti Syafrida Siregar, Psikologi Dakwah, Jurnal Hikmah Vol. VI, No. 02 Juli 2012. Mahmud, Pemikiran Pendidikan Islam,Bandung: Setia Pustaka, 2011. Muhammad Syakir, Washaya al-Aba’ lil-Abna’,Semarang: Alawiyah, t.th. Sumardi Surya Broto, Psikologi Kepribadian, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, Cet. VII, 1995. Tohirin..Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.Jakatra: Raja Grafindo Persada, 2005. Walgito, Bimo, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: Yayasan penerbitan fakultas psikologi UGM, 1985. Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan IslamJakarta: Bumi Aksara, 2006.

Open Access Copyright (c) 2021 Arifa Anni Panggabean, lis yulianti siregar, Muhammad Roihan Daulay
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats

Editorial Office:

Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan; 

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.

Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: studimultidisipliner01@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.