ESENSI PESERTA DIDIK: PERSPEKTIF FALSAFAH PENDIDIKAN ISLAM

Abdul Salam Pulungan* -  Mahasiswa Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan, Indonesia

Abstrak

Dalam perspektif falsafah pendidikan Islam semua orang adalah peserta didik, karena, pada kenyataannya, semua manusia selalu dalam proses pembangunan menuju kesempurnaan. Konsep pendidikan Islam tentang peserta didik, khususnya teori fitrah, menyatakan bahwa peserta didik, pada hakekatnya, ketika lahir telah membawa bakat dan potensi yang cenderung kebaikan dan kebenaran. Potensi ini pada dasarnya dapat berkembang dalam keterikatan dengan dunia luar. Sekalipun konsep teori fitrah mengakui bahwa potensi atau daya-daya yang dimiliki peserta didik secara kodrati memang memiliki keaktifan, akan tetapi membiarkannya tumbuh secara alamiah berdasarkan kodratnya sendiri, sangat memungkinkan pertumbuhannya tidak seperti yang diharapkan. Untuk mencapai hasil yang maksimal dalam proses pendidikan, seorang anak didik dituntut untuk memenuhi kode etik tertentu, baik secara langsung maupun tidak langsung. Di samping itu, seorang anak didik/peserta didik harus berniat secara ikhlas dalam menuntut ilmu, karena niat itu merupakan dasar bagi setiap amal perbuatan.

 

Abstract

In the perspective of the philosophy of Islamic education, the fact that all people are learners. Because, in fact, all human beings are always in the process of development toward perfection. The concept of Islamic education on the learner ascertains that learners basically birth has brought talent and potential that tends to goodness and truth. These potentials can essentially develop in an entang-lement with the external world. Although the theory of fitrah recognizes that the potential or owned power learners are naturally does have liveliness, but let it grow naturally by its very nature, it is possible growth was not as expected. To achieve maximum results in the educational process, a protege required to meet certain code of conduct, either directly or indirectly. The student is intending in their studies, since the intention was to form the basis for any charity action.

  1. Abdul Mujib, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Fajar Interpratama Offset, 2008.
  2. Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Ciputat: Logos Wacana Ilmu, 2001.
  3. …..…, Pemikiran Para Toko pendidikan Islam Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.
  4. ……..., Persfektif Islam tentang Pola Hubungan Guru Murid, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.
  5. ………, Persfektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2009.
  6. Al Rasyidin, Falsafah Pendidikan Islami: Membangun Kerangka Ontologi, Epistomologi dan Aksiologi Praktek Pendidikan, Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis, 2008.
  7. Asrorun Niam Sholeh, Reorientasi Pendidikan Islam Mengurai Relevansi Konsep al-Ghazali dalam Konteks Kekinian, Jakarta, 2004.
  8. Dja’far Siddik, Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Citapustaka Media, 2006.
  9. Khoiron Rosyadi, Pendidikan Profetik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.
  10. M. Irsyad Djuwaeli, Pembaruan Kembali Pendidikan Islam, Ciputat: Karsa Utama Mandiri dan PB Mathla’ul Anwar, 1998.
  11. Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Radar Jaya Offset, 2008.
  12. Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, Teoritis, dan Praktis, Jakarta Selatan: Ciputat Pers, 2002.
  13. Suyadi, “Peserta Didik Zaman Keemasan Islam” dalam Suwito, Sejarah Sosial Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2008.
  14. Syafaruddin dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Hijri Pustaka Utama, 2006.
  15. Yunus Namsa, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus, 2000.

Open Access Copyright (c) 2015 Abdul Salam Pulungan
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats

Editorial Office:

Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan; 

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.

Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: studimultidisipliner01@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.