DASAR-DASAR KETERAMPILAN MENGAJAR MATEMATIKA

Mariam Nasution* -  Dosen FTIK IAIN Padangsidimpuan, Indonesia

Abstrak

Seorang guru matematika yang efektif adalah guru yang berhasil membawa peserta didiknya mencapai tujuan pembelajaran dan sesuai kaidah yang berlaku dalam pendidikan. Untuk mencapai tingkat efektifitas pembelajaran  matematika guru mempunyai fungsi sebagai narasumber, demonstrator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, dan evaluator. Guru harus menguasai ber-bagai keterampilan dasar mengajar yang meliputi: keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keteram-pilan menggunakan variasi mengajar, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengajar kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas, dan keterampilan membimbing diskusi kecil. Dengan demikian seorang guru matematika harus mempunyai keterampilan dasar mengajar. Ini sangat penting sebagai syarat menjadi seorang guru. Seorang guru professional harus mengikuti beberapa pelatihan yang berkaitan dengan keterampilan dasar mengajar agar fungsi pengajaran tercapai dengan baik.

Abstract

An effective mathematics teacher is a teacher who managed to bring learners to achieve the learning objectives according to the rules in force in education. To achieve the level of effectiveness of learning math, the teacher has the function as a resource, demonstrator, manager of the class, mediator, facilitator and the evaluator. The teacher must master the basic skills of teaching which include: opening and closing skills lesson, explaining skills, questioning skills, skills using a variation of teaching, provide reinforcement of skills, small group teaching skills, classroom management skills and skills to initiate discussion. Thus, a math teacher should have the basic skills in teaching. It is very important as a condition of becoming a teacher. A professional teacher should follow some training related to teaching basic skills in order to function properly accomplished teaching.

 

  1. Ahmad Sabri, Strategi Belajar-Mengajar dan Micro Teaching, Jakarta: Ciputat Press, 2005.
  2. Dadang Sukirman, Micro Teaching, Wajaj Bahaunar Shidiq.
  3. E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008.
  4. Hamzah B.Uno dan Masri Kuadrad, Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
  5. Erman Suherman, dkk, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI, 2003.
  6. Hasibuan, dkk, Proses Belajar-Mengajar, Keterampilan Dasar Pengajaran Micro, Bandung: Remaja Rosda Karya,1994.
  7. Jamal Ma’mur Asmani, Micro Teaching Team, Yokyakarta: Diva Press, 2010.
  8. Muhammad Surya, Membangun Manusia Profesioalisme Guru, Makalah Seminar Pendidikan, Jakarta, 6 Mei 2005.
  9. Usman Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1989.
  10. Wina Sanjaya, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Kencana, 2005.

Open Access Copyright (c) 2015 Mariam Nasution
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats

Editorial Office:

Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan; 

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.

Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: studimultidisipliner01@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.