POLITIK KEBIJAKAN PENDIDIKAN RESTRUKTURISASI MADRASAH ALIYAH KEAGAMAAN (MAK)

Magdalena Magdalena* -  Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan, Indonesia

Abstrak

Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) adalah lembaga pendidikan Islam yang memiliki bentuk yang sama dengan madrasah. Artikel ini menjelaskan politik kebijakan pendidikan pemerintah tentang MAK yang merestrukturisasinya untuk menjadi salah satu panutan bagi lembaga Islam. Ide ini diharapkan dapat membangun MAK yang telah mandeg. Fungsi MAK adalah untuk mewujudkan cita-cita Muslim untuk "tafaqquh fi al-din". Tujuan pendirian MAK di antaranya dapat menghasilkan intelektual yang memiliki pengetahuan dan sains yang memiliki karakteristik Islam untuk mencapai perdamaian dunia dan kehidupan akhirat. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk membahas pentingnya MAK untuk pengembangan intituti Islam.

 

Abstract

Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) is a islamic educational institution which has a same type with madrasah. This article explains the government politics of education to MAK which should  restructure it to become one of role model for Islamic institution. This ide is hoped can build MAK that has died. The functions of MAK are to realize the ideals of muslims to “tafaqquh fi al-din”. Some goals which should get dealing which the existence of MAK can product the intellectual who has a Islamic knowledge and saintific that has Islamic characteristics in order to achieve world peace and the life hereafter. The purpose of writing this article is to discuss the significance of MAK to the development of the Islamic intitutions.

  1. Abdul Rahman Halim, “Aktualisasi Implementasi kebijakan Pendidikan pada Madrasah Swasta di Sulawesi Selatan”, dalam Lentera Pendidikan, Vol. 11 No. 1 Juni 2008.
  2. Arief Efendi, “Peran Strategis Lembaga Pendidikan Berbasis Islam di Indonesia” dalam el-Tarbawi Jurnal Pendidikan Islam, No. 1 Vol. I 2008.
  3. Arief Subhan, Lembaga Pendidikan Islam Indonesia Abad ke-20 Pergumulan antara Modernisasi dan Identitas, Jakarta: Kencana, 2012.
  4. Azyumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III, Jakarta: Rawamangun, 2012.
  5. H.A.R. Tilaar, Kekuasaan dan Pendidikan Manajemen Pendidikan Nasional alam Pusaran Kekuasaan, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
  6. Iswandar, Dekontruksi Pemikiran Islam Idealitas Nilai dan Realitas Empiris, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Press, 2003.
  7. M. Ridlwan Nasir, Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
  8. Ma’zumi dan Jakaria, “Contributions of Madrasah to The Development of The Nation Character”, dalam International Journal Of Scientific & Technology Research, Vol. 1, Issue 11, December 2012.
  9. Maksum, Madrasah Sejarah dan Perkembangannya, Jakarta: Logos wacana Ilmu, 1999.
  10. Mudhoffar Akhwan, “Pengembangan Madrasah sebagai Pendidikan untuk Semua, dalam el-Tarbawi Jurnal Pendidikan Islam, No. 1 Vol. I 2008.
  11. Muhammad Sirozi, Politik Pendidikan di Indonesia: Peran Tokoh-tokoh Islam dalam Penyusunan UU No. 2/1989, diterjemahkan oleh Lilian D. Tedjasudhana, Jakarta: INIS, 2004.
  12. Muhammad Syaifuddin, “Kebijakan Pemerintah tentang Yayasan dan Eksistensi Madrasah Swasta di Inondesia, Antara Solusi dan Permasalahannya”, dalam Jurnal Ilmiah Keislaman Al Fikra, Vol. 5 No. 1, Januari-Juni 2006.
  13. Nunu Ahmad an-Nahidl, dkk., Posisi Madrasah dalam Pandangan Masyarakat, Jakarta: Gaung Persada Press, 2007.
  14. Samsul Nizal, Memperbincangkan Dinamika Intelektual dan Pemikiran HAMKA tentang Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2008.
  15. Samsul Nizar, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2009.
  16. Supiana, Sistem Pendididkan Madrasah Unggulan, Balitbang Departemen Agama RI, 2008.
  17. Tim Penyusun, Revitalisasi Madrasah, Balitbang Departemen Agama RI, 2006.

Open Access Copyright (c) 2015 Magdalena Magdalena
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats

Editorial Office:

Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan; 

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.

Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: studimultidisipliner01@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.