Pemecahan Masalah Multikultural Siswa Oleh Guru Pendidikan Agama Islam di SD 200503 Kota Padangsidimpuan

Nurul Arisandi Harahap* -  IAIN Padangsidimpuan, Indonesia

Supp. File(s): Research Instrument

Rumusan masalah dalam tesis ini adalah bagaimana masalah multikultural siswa di SD negeri 200503 kota padang sidimpuan dan bagaimana pemecahan masalah multikultural siswa oleh guru pendidikan agama islam di SD Negeri 200503 kota padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah multikultural siswa di SD negeri 200503 kota padang sidimpuan dan untuk mengetahui pemecahan masalah multikultural siswa oleh guru pendidikan agama islam di SD Negeri 200503 kota padangsidimpuan

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus yaitu sebuah eksplorasi dari sebuah kasus atau beragam kasus dari waktu ke waktu. Adapun isntrument penelitian yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi.

Hasil penelitian ini adalah masalah multikultural horizontal yang terjadi pada siswa di di SD Negeri 200503 kota padang sidimpuan adalah masalah multikultural antar ras, masalah antar agama dan masalah antar kelompok. Masalah suku dan ras yang terjadi pada siswa kelas 6 pelaku bersuku batak mandailing yang sering mengejek siswa yang bersuku nias. Hal yang dilakukukan oleh guru pendidikan agama islam adalah dengan melakukan mediasi, rekonsiliasi dan rujuk. Sedangkan untuk masalah agama yang terjadi pada siswa di SD Negeri 200503 kota padangsidimpuan dilakukan oleh siswa yang beragama islam. Hal yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam memecahkan masalah agama ini adalah dengan family conference dan konseling. Selanjutnya untuk masalah antar kelompok adalah masalah siswa kelas empat dan lima yang suka mendiskriminasi kelompok siswa yang tinggal di gunung di desa aek gambir. Cara yang digunakan untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan mediasi dan konseling.

Supplement Files

Keywords : Pemecahan, Masalah Multikultural, Guru Pendidikan Agama Islam

Open Access Copyright (c) 2021 Nurul Arisandi Harahap
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats

Editorial Office:

Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan; 

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.

Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: studimultidisipliner01@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.