Analisis Penerapan Marketing Mix dalam Meningkatkan Penjualan Roti Bakar Siboss

Dwi Yustika Ningrum Delima Sari Lubis Aliman Syahuri Zein (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)

Abstract


Marketing mix merupakan gabungan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan dan digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tingkat penjualan yang diinginkan dalam tujuan pasar. Variabel-variabel tersebut terdiri dari product, price, place, promotion, people, proces, physical evidence atau yang biasa disebut 7P. Strategi pemasaran sangat diperlukan dalam suatu usaha terutama dibidang kuliner termasuk pada usaha Roti Bakar Siboss. Produk yang ditawarkan kepada konsumen harus mempunyai keuntungan, oleh karena itu untuk mencapai tujuan tersebut bisa didapatkan dengan  melakukan penerapan strategi pemasaran secara tepat. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi pemasaran dengan menggunakan marketing mix pada Roti Bakar Siboss dapat meningkatkan volume penjualan. Kegunaan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana strategi pemasaran dengan menggunakan marketing mix pada Roti Bakar Siboss.

 

Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan penerapan strategi marketing mix, yaitu strategi pemasaran dengan menggunakan marketing mix yang menjadi masalah penting karena semakin banyaknya pesaing usaha sejenis menjadikan pengusaha harus berfikir bagaimana upaya mempertahankan produk agar tetap mempertahankan eksistensinya untuk meningkatkan volume penjualan.

 

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah pemilik, dan konsumen Roti Bakar Siboss. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.

   

Berdasarkan hasil penelitian analisis strategi pemasaran dengan menggunakan marketing mix pada usaha Roti Bakar Siboss. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan yang dilakukan oleh Roti Bakar Siboss. Roti Bakar Siboss melakukan strategi pemasaran dengan memperhatikan setiap variabel marketing mix yang dapat mempengaruhi tingkat volume penjualan, khususnya promosi yang menjadi variabel utama dalam memasarkan produk. Promosi dilakukan di media sosial Roti Bakar Siboss seperti Instagram, dan akun Gojek ataupun Grab. Dengan adanya strategi pemasaran akan menciptakan brand images produk dan  meningkatkan jumlah konsumen Roti Bakar Siboss.

 

Keywords: Strategi, Pemasaran, Marketing Mix

Full Text:

PDF

References


Agustina Shinta, M.P. Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press, 2011.

Arya dwiki, January 14, 2022.

Asauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Atikah Zahrah and Silvya L. Mandey. “Analisis Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada UMKM RM. Solideo Kawasan Bahu Mall Manado.” Jurnal EMBA 9, no. 4 (n.d.).

Azura Khanza. Wawancara Konsumen Roti Bakar Siboss, January 14, 2022.

Buchari Alma and Donni Juni. Manajemen Bisnis Syariah. Bandung: Alfabeta, 2014.

Budi rahayu. Manajemen Pemasaran. Denpasar: Universitas UDAYANA Press, 2015.

Calvin L. Wangarry, Altje Tumbel, and dkk. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di PT. Hasjrat Abadi Ranotana.” Jurnal EMBA Vol.6, no. No.4 (2018): 2059.

Christian A.D Selang. “Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado.” Jurnal EMBA Vol 1, no. no 3 (2013): 32.

Delima Sari Lubis. “Pemberdayaan UMKM Melalui Lembaga Keuangan Syariah Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan Kota Padangsidimpuan.” At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam Vol. 4, no. No.2 (2018).

Departemen Agama RI. Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Jakarta: Doa Ibu, 2006.

Dewi Rompis, Willem Tumbuan, and dkk. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Tridjaya Mulia Sukses.” JURNAL EMBA 5, no. 3 (2017).

Dhika Amalia. Pengantar Pemasaran Islam. Ponorogo: UNIDA PERS, n.d.

Eny Kustyah and Irawan. “Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Volume Penjualan Di

Pasar Malam Ngarsopuro Surakarta.” Jurnal Paradigma Vol 12, no. No 01 (2014): 52.

Indra Sasangka and Rahmat Rusmayadi. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Pada Mini Market MINIMART’90 Bandung.” Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntasi VOL 2, no. NO. 1 (2018): 135.

Irham Fahmi and dkk. Studi Kelayakan Bisnis Teori Dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta, 2010.

Januarista Poppy Mercelina Suratman, Wilopo Wilopo, and Sunarti. “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Berkunjung (Studi Pada Pengunjung Taman Rekreasi Sengkaling).” Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 2, no. No.1 (2018): 12–20.

Jasasila. “Analisis Strategi Marketing Mix Dan Volume Penjualan Pada Usaha Saos Sambal Ganda Sari Muara Bulian.” Jurnal Of Economics And Bussines Vol 1, no. No 1 (2017): 174.

Kasmir. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Kasmir, and Jakfar. Studi Kelayakan Bisnis Edisi Kedua. Jakarta: Kencana, 2009.

kharunnisa. Wawancara Konsumen Roti Bakar Siboss, January 14, 2022.

Kotler, Philip, and Lane Keller. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga, 2006.

Lexi J. Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Lutfhi, Amsary. Analisis Strategi Pemasaran Pada BMT Al-Hasanah Lampung Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Prespektif Ekonomi Islam. Lampung: IAIN Raden Intan, 2017.

Manaf, Abdul. Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2016.

Muhammad Lisman Maulana. Wawancara Pemilik Roti Bakar Siboss, January 13, 2022.

Noovie, Susanti. “Pengaruh Bauran Pemasaran 4P Terhadap Keputusan Pembelian Rumah PT. Berlian Bersaudara PROPERTINDO ( Studi Kasus Perumahan Taman Aizona Di Talang Jambi Palembang).” Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini Vol. 8, no. No. 01 (2017).

Nurul Fazila. Wawancara Konsumen Roti Bakar Siboss, January 14, 2022.

Philip, Kotler, and A.B Sosanto. Manajemen Pemasaran Di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat, 2001.

Poluan, Firna M. A, Silvya Mandey, and dkk. “Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada Minuman Kesehatan Instan Alvero).” Jurnal EMBA Vol. 7, no. No 3 (2019): 2970.

Rachmawati Rina. “Peranan Bauran Pemasaran ( Marketing Mix) Terhadap Peningkatan Penjualan ( Sebuah Kajian Terhadap Restorant).” Jurnal Kompetisi Teknik Vol 2, no. No 2 (2011).

Rahmawati. Manajemen Pemasaran. Samarinda: Mulawarman University Press, 2016.

Richard I and Daft. Manajemen. Jakarta: Khairul Bayan, 2003.

Roni Mohamad and Endang Rahim. “Strategi Bauran Peamasaran (Marketing Mix) Dalam Presfektif Syariah.” Mutawazin (Jurnal Ekonomi Syariah IAIN Sultan Amai Gorontalo) Vol 2, no. No 1 (2021): 17.

Salim and Syahrun. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Cita Pustaka Media, 2012.

Sudarsono, Heri. Manajemen Pemasaran. Surabaya: CV. PUSTAKA ABADI, 2020.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, 2013.

Syahrun Salim. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Cita Pustaka Media, 2012.

Wahyu abdilah and Andry Herawati. “Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Pengambilan Keputusan Siswa Dalam Memilih Sekolah Berbasis Entrepenuer(Studi Pada SMA Muhammadiyah 9 Surabaya).” Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi Vol.2, no. No.2 (2018): 313.

Wahyu Purhantara. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.