Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada CV. Indah Sakti Kotapinang

Puji Erlia Aswadi Lubis Ihdi aini (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga, kualitas produk dan promosi terhadap kepuasan pelanggan dalam melakukan pembelian sepeda motor pada CV. Indah Sakti Kotapinang. Selain itu, penelitian ini akan menganalisis faktor manakah yang paling berpengaruh paling dominan dalam mempengaruhi pelanggan dalam membeli sepeda motor, serta hal yang dianggap penting bagi pelanggan dalam faktor-faktor tersebut.

Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan harga, kualitas produk dan promosi serta kepuasan pelanggan.

    Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 6.150 orang kemudian sampel yang digunakan sebanyak 63 responden, dan pengambilan sampelnya menggunakan teknik probability sampling yang mana Probability sampling diartikan sebagai metode pengambilan sampel yang menggunakan beberapa bentuk pemilihan acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, dan wawancara, kemudian analisis dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS versi 26.

    Hasil analisis dalam penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan yang mempunyai nilai Thitung < Ttabel (-147 < 1,671). Secara parsial Kualitas Produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan yang mempunyai nilai Thitung > Ttabel (4,985 > 1,666). Secara parsial Promosi tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan yang mempunyai nilai Thitung > Ttabel (310 < 1,666). Secara simultan harga, kualitas produk dan promosi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai Fhitung > Ftabel (15.884 > 2,39). Dengan R Square sebesar 0,447 atau (44,7%) Sisanya sebesar 0,553 atau (55,3%) dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

 

Keywords: Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman Nana Hardiana. 2013 Manajemen Bisnis Syariah & Kewirausahaan Bandung: CV Pustaka Setia.

Al Arif Nur Rianto, 2012 “Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah” Bandung: Alfabet.

Al Idrus Salim, 2018 “Kinerja Manajer Dan Bisnis Koperasi” Malang: UIN Malang Pres.

Aman Ameenullah. 2019. “Islamic marketing ethics for Islamic financial institutions”. International Journal of Ethics and Systems, 36(1), 1-11. doi: 10.1108/IJOES-12-2018-0182

Amstrong dan Kotler. 2001, Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid , Edisi 8, Jakarta: Erlangga.

Anaroga Panji, 2009 “Manajemen Bisnis”, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aris Triyono & Warnadi & Aris Triyono, 2019, Manajemen Pmasaran, Yogyakarta: Deepublish, 2019.

Azim Islahi Abdul. 1998, Ecconomic Concept Of Ibn Taimiyah, London: The Islamic Foundation.

Bugin Burhan . 2011, Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Candrianto, 2021, Kepuasan Pelanggan Suatu Pengantar, (Malang: Literasi Nusantara.

Chandra Gregorius dan Tjiptono davis. 2011, Service, Quality dan Satisfacion, Edisi 3, Yogyakarta: Andi.

Departemen Agama RI. 2016, Al-Quran dan Terjemahannya, Bandung: PT Cardoba International Indonesia.

Desi Mega Sari, Sri Susilowati, “Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Pada Kepuasan Pelanggan Seluler” (Jurnal: Fakultas Ekonomi Universitas Dr Soetomo, Vol 27, September 2019).

Devi, Lenggang Kurnia Intan, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Market Place Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Surabaya)” Surabaya, Skripsi: 2019.

Emzir. 2014, Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hamni Fadlilah Nasution, “Pengaruh Kemudahan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Secara Online”. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, Vol. 4, No. 1, Januari-Juni 2018.

Hardjanto Amirullah Imam, 2005 “Pengantar Bisnis”, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Indrasari Meithiana, 2019, “Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan”, Surabaya: Unitomo Press.

Irawan dan Bayu Swasta. 2001, Manajemen pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberty.

Kasim, Azhari. 2006, Syariah Marketing, Bandung: Mizan.

Kasmir, 2012, “ Studi Kelayakan Bisnis”, Jakarta: Kencana.

Keller, Kotler. 2008, Manajemen Pemasaran Jilid 2, Edisi 13, Jakarta: Erlangga.

Khaerul Umam & Herry Sutanto, 2013 “Manajemen Pemasaran Bank Syariah”, Bandung: CV Pustaka Setia.

Kotler. 2001, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Prahalindo.

Kotler Philip, 2007 “Manajemen Pemasaran” Indonesia: PT Indeks.

Kuncoro, Mudrajat. 2010, Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi, Jakarta: Erlangga.

Mahendra, Sony. 2014, Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Honda Beat, Skripsi, Universitas Negeri Surabaya.

M. Anang Firmansyah & Didin Fatihudin, 2019 “Pemasaran Jasa, Yogyakarta: Deepublish.

Morissan, 2014 “Metode Penelitian Survei” Jakarta: Kencana

Muhammad Isa, “ Perencanaan Promosi Dipadukan Dengan Pengukuran Kepuasan Siswa Pada Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Barbaran Kabupaten Mandailing Natal”, Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, Vol. 4, No. 2 Juli-Desember 2018, hlm. 133.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.