PENGARUH UANG SAKU DAN KONTROL DIRI TERHADAP POLA KONSUMSI

Sakina Sihombing Nofinawati Aliman Syahuri Zein (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan yang kurang cermat dalam mengatur uang saku dan tidak memperhatikan skala prioritas serta rendahnya kontrol diri dalam menentukan pola konsumsi sehingga berakibat pada pola konsumsi yang berlebih (konsumtif). Oleh karena itu, masing-masing mahasiswa perlu mengatur uang saku secara maksimal dengan menempatkan kebutuhan sebagai prioritas untuk dipenuhi agar tercapai kesejahteraan keuangan pribadi. Selain itu, mahasiswa juga harus menyadari pentingnya penerapan kontrol diri dalam berbelanja. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh uang saku dan kontrol diri terhadap pola konsumsi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Prodi Manajemen Bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh uang saku dan kontrol diri terhadap pola konsumsi mahasiswa kos (indekos) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Prodi Manajemen Bisnis.

Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang-bidang Ilmu manajemen atau sehubungan dengan teori-teori yang berkaitan dengan uang saku, kontrol diri dan pola konsumsi. Merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 35 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, sumber data yaitu data primer dan sekunder, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket (kuesioner). Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas dan heteroskedastisitas), uji hipotesis (uji t dan f), uji koefisien determinasi (R Square), uji analisis regresi linear berganda dengan menggunakan statistik SPSS versi 23.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan program SPSS 23 diperoleh hasil pengukuran koefisien determinasi (R2) sebesar 31,2%. Hasil pengukuran secara parsial (Uji t) bahwa variabel uang saku berpengaruh terhadap pola konsumsi dengan nilai thitung > ttabel (4,063 > 1,69389). Hasil pengukuran secara parisal (Uji t) variabel kontrol diri tidak memiliki pengaruh terhadap pola konsumsi dengan nilai thitung < ttabel (0,303 < 1,69389). Hasil uji secara simultan (Uji F) menyatakan secara simultan uang saku dan kontrol diri mempunyai pengaruh terhadap pola konsumsi dengan nilai Fhitung > Ftabel (8,700 > 3,29).

 

Kata Kunci: Kontrol Diri, Pola Konsumsi, Uang Saku


Full Text:

PDF

References


Abuzar Asra. Metode Penelitian. Bogor: In Media, 2014.

Afrika Siregar. Wawancara, Oktober 2020.

Anggita Aprilia Sari. “Kontrol Diri Mahasiswa Perantau Dalam Menjaga Kepercayaan Orang Tua,” Skripsi, 2018.

Departemen Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an Dan Terjemahan. Jakarta: Bintang Indonesia, 2011.

Duwi Priyatno. SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2014.

Eka Hardianti. “Pola Pemanfaatan Uang Saku Mahasiswa Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.” Universitas Hasanuddin Makassar, 2017.

Elizabeth B Hurlock. Psikologi Perkembangan Suaru Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga, 2015.

Fiqriyah, Rizky, Hari Wahyono, And Ro’ufah Inayati. “Pengaruh Pengelolaan Uang Saku, Modernitas, Kecerdasan Emosional, Dan Pemahaman Dasar Ekonomi Terhadap Rasionalitas Perilaku Konsumsi Siswa Kelas X I Man 1 Malang.” 9 (2016): 10.

Galih Ika Pratiwi. “Perilaku Konsumtif Dan Bentuk Gaya Hidup(Studi Fenomenologi Pada Anggota Komunitas Motor Bike Of Kawasaki Riders Club (Bkrc) Chapter Malang).” 2014.

Gunawan Sudarmanto. Statistika Terapan Berbasis Komputer. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2013.

Hendryadi Suryani, Metode Riset Kuantitatif Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Kencana, 2015.

Hidayah, Nailatul, And Prasetyo Ari Bowo. “Pengaruh Uang Saku, Locus Of Control, Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif.” Economic Education Analysis Journal 7, No. 3 (January 21, 2019): 1025–39. Https://Doi.Org/10.15294/Eeaj.V7i3.28337.

Husein Umar. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Imam Gunawan. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Pt. Bumi Aksara, 2015.

Ismail Aziz. “Pengaruh Uang Saku, Gaya Hidup Dan Perilaku Menabung Terhadap Pola Konsumsi Non Makanan Mahasiswa (Studi Pada: Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya).” Universitas Brawijaya Malang, 2019.

Jimmy Hasoloan, Ekonomi Moneter. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2014.

Lutfiah, Ulfa. “Pengaruh Jumlah Uang Saku Dan Kontrol Diri Terhadap Pola Konsumsi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang” 8 (2015): 9.

M. Nur Ghufron & Rini Risnawati S. Teori Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Masyhuri Machfudz. Teori Ekonomi Makro. Malang: UIN-Maliki Press, N.D.

Mega Krisdayanti. “Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Uang Saku, Teman Sebaya, Gaya Hidup, Dan Kontrol Diri Terhadap Minat Menabung Mahasisiwa” Vol 1 (2020).

Mera Yuhana Syarastany. “Pengaruh Kontrol Diri Dan Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Pengguna Shopee". Universitas Muhammadiyah Malang, 2021.

Muhammad Abid Sidik. “Analisis Pengaruh Konformitas Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsmtif Dalam Perpektif Islam.” UIN Raden Intan Lampung, 2017.

Murtadho Ridwan. “Sikap Boros: Dari Normatif Teks Ke Praktik Keluarga Muslim,” Al Amwal: Jurnal Ekonmi Dan Perbankan Syariah, 11. No.2 (2019).

Nafida Musyarifah. “Pengaruh Kontrol Diri. Financial Literacy, Dan Jenis Kelamin Terhadap Pengelolaan Keuangan Individu Mahasiswa.” UIN Walingsongo, 2020.

Noni Purnama Sari. “Pengaruh Uang Saku Terhadap Pola Konsumsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Bengkulu.” IAIN Bengkulu, 2019.

Nurlaila Hanum. “Analisis Pengaruh Pendapatan Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Universitas Samudra Di Kota Langsa,” Jurnal Samudra Ekonomika, Vol.1, No. 2 (2017).

Sadono Sukirno. Makro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafndo Persada, 2015.

Sari, Novita Erliana, And Dwi Nila Andriani. “Hubungan Jumlah Uang Saku Dengan Gaya Hidup Hedonis Mahasiswa Di Kota Madiun”. Jurnal Promosi, Vol 6, No. 2 (2018): 5.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

———. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2006.

———. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta CV, 2017.

Sugiyono, Agus Susanto. Cara Mudah Belajar Spss Dan Aplikasi Data. Bandung: Alfabeta, 2015.

Syafirradita Aulia. “Pengaruh Kebersyukuran Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumsi Pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2014 UIN Malang”. UIN Malang, 2018.

Syafirradita Aulia. “Pengaruh Kebersyukuran Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2014 UIN Malang.” Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang, 2018.

Syamsul Bachri Thalib. Psikologi Pendidikan Berbasisi Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana Preanada Media Group, 2010.

Tatang Ary Gumanti, Yunidar, Syahruddin. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2916.

Tuti Ulandari. “Pengaruh Uang Saku Dan Gaya Hidup Terhadap Pla Konsumsi Non Makanan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Palopo”. IAIN Palopo, 2021.

Vinna Sri Yuniarti. Ekonomi Makro Syariah. Jawa Barat: CV Pusataka Setia, 2016.

Yuniar Rachdianti. “Hubungatn Antara Self Control Dengan Intensitas Penggunaan Internet Remaja Akhir.” UIN Syarif Hidayatullah, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.