PENGARUH PROMOSI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN JASA KANTOR POS

MARWAZI ADLANI Abdul Nasser Hasibuan Nurul Izzah (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)

Abstract


Jasa pengiriman saat ini sangat diperlukan oleh berbagai pihak baik perorangan maupun organisasi. Kantor Pos merupakan  salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa yang menawarkan produk seperti, perangko, materai, pos ekspor, paket pos biasa, paket pos kilat, logistik, kargo, wesel pos, giro pos dan masih banyak lagi. Di Kantor Pos yang berada di kecamatan Muarasipongi masih sedikit masyarakat yang menggunakan jasa kantor Pos, hal ini disebabkan promosi dan pelayanan dari kantor Pos yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan pelayanan terhadap keputusan masyarakat untuk menggunakan jasa kantor Pos di kecamatan Muarasipongi.

Pengambilan keputusan merupakan proses pengintegrasian yang mengkombinasikan pengetahuan untuk mengevaluasi dua perilaku alternatif atau lebih, dan memilih salah satu diantaranya. Promosi merupakan suatu tindakan yang bertujuan untuk membujuk, mendesak, dan meyakinkan orang lain terhadap produk yang ditawarkan dengan tujuan untuk menarik perhatian dan minat calon pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan. Dan pelayanan merupakan kegiatan dalam bentuk jasa yang diberikan kelompok atau perseorangan kepada pelanggan , yang sifatnya tidak berbentuk dan tidak dapat dimiliki. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori keputusan, promosi dan pelayanan.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatatif dengan menggunakan analisis uji regresi berganda. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dengan sampel 25 orang dengan teknik pengambilan sampel adalah rumus Isac Michale. Pengolahan data dilakukan spss 22.

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan peneliti, terdapat pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat dilihat dari uji ( R square ). Hasil penelitian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan masyarakat menggunakan jasa kantor Pos. Dan pelayanan berpengaruh terhadap keputusan masyarakat menggunakan jasa kantor Pos. Di lihat dengan uji F promosi dan pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan masyarakat menggunakan jasa kantor Pos.

 

Kata Kunci: Keputusan, Pelayanan, Promosi


Full Text:

PDF

References


Abrista Devi, Hendri Tanjung. Metodologi Penelitian Ekonomo Islam. Jakarta: Gramata Phublising, 20013.

Anastasi Diana, Fandi Tjiptono. Total Quality Managemen. Yogyakarta: Andi, 2006.

Departemen Agama RI, Syammil Al-Quran Miracle. Bandung: SYGMA PUBLISHING, 2010.

Dewi Mei Angraini. “Pengaruh pelayanan dan promosi terhadap minat kunjung kembali wisatawan dengan kepuasan pengunjung sebagai variabel intervening pada wisata pemancingan dewandaru kecamatan Gunung Pati Semarang. Tahun 20019.” Skripsi, Universitas Negeri Walisongo, 2019. http/eprints.walisongo.ac.id.

Dkk, Dwi Richa Farokha. “Kualitas Pelayanan Pengiriman Pos Express Di PT. Pos Indonesia Cabang Baratajaya Surabaya” 03, no. 01 (2015).

George R. Terry. Dasar Dasar Manajemen. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2005.

Hamidah, Roni Ika Setiawan. “Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian untuk meningkatkan penjualan motor merek honda tipe Vario. Tahun 2014.” Tesis, STIE Kesuma Negara, 2014. http/jurnal.stieken.ac.id.

H.B Siswanto. Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksar, 2005.

Husein Umar. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1997.

Juliansyah Noor. Metodologi Penelitian, skripsi, tesis, dan karya ilmiah. Jakarta: kencana, 2012.

Junedi, Alant. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Iklan Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Logistik JNE” VI, no. 2 (2014). www.neliti.com.

Kasmir. Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana, 2010.

———. Pemasaran Bank. Jakarta: Raja Wali Pers, 2014.

Krisnawati, Imilda. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di J&T Ekspres Cabang Nganjuk” 01, no. 02 (2017). http/simki.unpkediri.ac.id.

M. Mursid. manejemen pemasaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

M. Nur Rianto Al Arif. Dasar-dasar pemasaran bank syariah. Bandung: Alfabeta, 2010.

M. Quraish Shihab. Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Masyhuri, Nur Aswani. “Metodologi Riset Manajemen Pemasaran.” Riset, UIN-Maliki Press, 2011.

Maulida Agustinus Zaman, Nizar Alam Hamdani. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pizza Express Jakarta” 16, no. 02 (2017). http.docplayer.info.com.

Mudjarat kuncoro. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Gelora Aksara Pratama, 2003.

Narlan, Abdul, dan Dicky Tri Juniar. Statistic Dalam Aplikasi Praktis Dalam Penelitian Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.

Nasser Hasibuan, Abdul. “Strategi Pemasaran Produk Funding Di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Padangsidimpuan” 2, no. 1 (2018).

Nasution, Khoirul. Wawancara Pengguna Jasa Kantor POS kecamatan Muarasipongi, 19 September 2020. Pasar Muarasipongi.

Parlaungan. Wawancara Pimpinan Kantor Pos Kecamatan Muarasipongi, 15 September 2020. Pasar Muarasipongi.

“Pengaruh Kualitas, Promosi, Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di J&T Cabang Nganjuk.” Jurnal Manajemen 01, no. 02 (2017).

Philip Kotler. Managemen Pemasaran. Jakarta: Macan Jaya Cemerlang, 2007.

Riyanto, Slamat, dan Andhita Hatmawan Aglis. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, Dan Eksperimen. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2020.

Rosady Ruslan. Metodologi Penelitian Publik dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004.

Siregar, Syofian. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: kencana, 2013.

Sistem pendukung keputusan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2017.

———. Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2008.

Sugiyono, dan Agus Santoso. Cara Mudah Belajar SPSS Dan Lisrel. Bandung: Alfabeta, 2015.

Ujang Samarwan. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.

Pos Indonesia, 2020. http/www.posindonesia.co.id.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.