PEREMPUAN DAN GERAKAN SOSIAL POLITIK

Agustina Damanik (, Indonesia)

Abstract


Dilihat dari lintasan sejarah yang  panjang, walaupun secara kuantitas munculnya organisasi-organisasi perempuan di Indonesia sebagai component civil society yang cukup besar. Akan tetapi masih belum sepenuhnya mampu memperbaiki posisi dan kondisi kaum perempuan. Pada masa Orde Baru perkembangan organisasi perempuan di Indonesia begitu berkembang secara pesat. Akan tetapi, ada kesan bahwa organisasi perempuan pada era ini mengalami hegemoni bekerja hanya untuk kepentingan Negara saja, belum menjadi gerakan social yang memperjuangkan sebuah transformasi social dalam masyarakat.


Keywords


Seen from a long historical trajectory, although in quantity terms, the emergence of women's organizations in Indonesia as components of civil society is quite large. However, it is still not fully able to improve the position and condition of women. Duri

Full Text:

PDF

References


Budiardjo, Miriam, Dasar-dasar Ilmu Politik, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2009.

T.O, Ihromi,.. Kajian Wanita dalam Pembangunan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1995.

Murniati, A. Nunuk Prasetyo,. Getar Gender (Buku Pertama) Perempuan Indonesia dalam Perspektif Sosial, Politik, Ekonomi, Hukum dan HAM. Yogyakarta: Indonesiatera, 2004.

Sukanti Suryochondro, Potret Pergerakan Wanita di Indonesia, Jakarta: C.V. Rajawali, 1984.

Gondo, Totok Sapto,. Laskar Wanita Indonesia, Jakarta: Fakultas Sastra Universitas Indonesia, 1981.

Gunawan, Hendra, “Karakteristik Hukum Islam” pada Jurnal Al-Maqasid: Jurnal Ilmu Kesyariahan dan Keperdataan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan, Volume 4 Nomor 2 Edisi Juli-Desember 2019.

-------------------------, “Eksistensi Hukum Islam di Indonesia dalam Pembangunan Nasional” Pada Jurnal Yurisprudentia: Jurnal Jurnal Hukum Ekonomi Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan, Volume 4 Nomor 1 Edisi Januari-Juni 2018.

-------------------------, “Potret Perjalanan Hukum Islam di Indonesia” pada Jurnal Jurnal AL-MAQASID: Jurnal Ilmu Kesyariahan dan Keperdataan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan, Volume 4 Nomor 1 Edisi Januari-Juni 2018.




DOI: https://doi.org/10.24952/el-qanuniy.v6i2.3008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal el-Qanuniy: Jurnal Ilmu-Ilmu Kesyariahan dan Pranata Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing Jurnal :

  image host   image host

image host