ANALISIS KUALITAS LAYANAN MOBILE JKN TERHADAP KEPUASAN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN

Rita Komala (Institut Agama Islam (IAI) Tazkia, Indonesia)
Achmad Firdaus (Institut Agama Islam (IAI) Tazkia, Indonesia)

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh E-Service Quality yaitu variabel Reliability, Efficiency, Fulfillment, Privacy, Responsiveness, dan Contact terhadap kepuasan peserta JKN-KIS Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Penelitian menggunakan metode Regresi Linier Berganda dengan software SPSS 21. Sampel sebanyak 100 responden. Responden adalah pengguna Mobile JKN. Penelitian menunjukkan bahwa variabel Reliability, Efficiency, Fulfillment, Privacy, Responsiveness, Contact secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta. Penelitian juga menunjukkan bahwa secara persial variabel efficiency, fulfillment, dan responsiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta JKN-KIS, dan variabel Reliability, Privacy, dan Contact berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan peserta

Keywords


Kualitas Layanan Elektronik; Mobile JKN; Kepuasan Pelanggan; Regresi Berganda

Full Text:

PDF

References


Akbar, M. M., & Parvez, N. 2009. Impact of Service Quality, Trust, and Customer Satisfaction on Customers Loyalty. Abac Journal, 29(1), 24–38.

Asadpoor, S., & Abolfazli, A. 2017. Effect of Electronic Service Quality on Customer Satisfaction and Loyalty Saderat Bank’s Customers. International Journal of Scientific Study, 5(4), 407–411. Https://Doi.Org/10.17354/Ijssi/2017/56

BPJS Kesehatan. 2017. Akses Pelayanan dalam Genggaman BPJS Kesehatan Luncurkan Aplikasi Mobile JKN, Banyak Manfaat dan Kemudahan Peserta JKN-KIS. BPJS-Kesehatan.go.id.

Chesanti, P. C., & Setyorini, R. 2017. Pengaruh E-Service Quality terhadap Kepuasan Pelanggan sebagai Pengguna Aplikasi PLN Mobile. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10–17.

Febrianta, A., & Indrawati. 2016. Influence of Mobile Banking Service Quality to Customer Satisfaction Bank BCA In Bandung. E-Proceeding of Management, 3(3), 2879–2885.

Iswanca, R., Rachmawati, I., & Prabowo, F. S. A. 2016. Pengaruh E-Service Quality Aplikasi Garuda Indonesia terhadap Customer Satisfaction Garuda Indonesia. E-Proceeding of Management, 3(3), 2781–2790.

Kesehatan, B. 2019. Jumlah Peserta JKN-KIS. Retrieved from Https://Www.Bpjs-Kesehatan.Go.Id/Bpjs/

Kotler, P., & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran (Edisi 13). Jakarta: Erlangga.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Malhotra, A. 2005. E-S-Qual: A Multiple-Item Scale for Assessing Electronic Service Quality. Journal of Service Research, 7 (X), 1–21. Https://Doi.Org/10.1177/1094670504271156

Safira, C. F., Kusyanti, A., & Aryadita, H. 2017. Analisis Kualitas Layanan Website Bukalapak terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan E-S-Qual. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 1(12), 1813–1821. Retrieved from Http://j-ptiik.ub.ac.id

Saleh, I. I. 2018. BPJS Kesehatan Sosialisasi Mobile JKN di Polda Metro Jaya. Http://M.Rri.Co.Id/Jakarta/Post/Berita/571728/Layanan_Publik/Bpjs_Kesehatan_Sosialisasi_Aplikasi_Mobile_Jkn_Di_Polda_Metro_Jaya.Html

Tjiptono, F. 2000. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi ofst.

Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Widiani, Y. N., & Abdullah. 2018. Kualitas Pelayanan E-Government Melalui Aplikasi E-Filing Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 11(2), 38–46.

Wijiutami, S. S., & Octavia, D. 2017. Pengaruh E-Service Quality terhadap E-Satisfaction serta Dampaknya pada E-Loyalty Pelanggan E- Commerce C2c di Kota Jakarta dan Bandung. E-Proceeding of Management, 4(3), 2212–2220.

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Malhotra, A. 2002. Service Quality Delivery through Web Sites : A Critical Review of Extant Knowledge. Journal of the Academy of Marketing Science, 30(4), 362–375. https://doi.org/10.1177/009207002236911




DOI: https://doi.org/10.24952/tijaroh.v6i2.2520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 At-tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter