PERENCANAAN PROMOSI DIPADUKAN DENGAN PENGUKURAN KEPUASAN SISWA PADA MADRASAH TSANAWIYAH ISLAMIYAH BARBARAN KABUPATEN MANDAILING NATAL

Muhammad Isa (Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Abstrak,

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Islamiyah Barbaran merupakan madrasah swasta yang berlokasi di Desa Barbaran, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara. Madrasah ini secara rutin melakukan promosi berupa pembagian brosur dan spanduk dalam usaha menjaring calon siswa baru setiap tahunnya. Sebagai lembaga pendidikan Islam maka sudah seharusnya keunggulan-keunggulan madrasah yang dimuat dalam brosur dan spanduknya dibuat jujur, tidak berlebihan, dan sesuai dengan keadaan sebenarnya.  Jika tidak, maka akan mengecewakan orangtua maupun siswa karena janji dan informasi yang mereka baca di brosur maupun spanduk jauh berbeda dengan kenyataannya. MTs Islamiyah Barbaran menggunakan teknik Importance-Performance Analysis untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menurut siswa sudah dilayani dengan baik. Faktor-faktor ini merupakan keunggulan madrasah yang sebenarnya dan layak dimuat dalam brosur maupun spanduknya. Dengan demikian brosur dan spanduk yang dibuat MTs Islamiyah Barbaran  terbebas dari ketidakjujuran dan kebohongan.

 

Kata Kunci: Perencanaan, Promosi, Pengukuran kepuasan

 

 

Abstract,

Madrasah Tsanawiyah Islamiyah (MTs) Islamiyah Barbaran is a private islamic school which located in Barbaran, Mandailing Natal Regency, North Sumatera. The school board always promote this school every year. This promotion usually use brochures and banners to invite new students. What was written on brochures or banners must same with in reality, especially for islamic school. Promotion with unreal advertisement and fake sue will disappoint the students and their parents. They are disappoint because what was written on brochures or banners are different with in reality. MTs Islamiyah Barbaran use Importance-Performance Analysis technique to identify the superiority aspects of this school. It is feasible to write the superiority aspects on their advertisement like brochures and banners. We can say the advertisement based on Importance-Performance Analysis technique is a fair advertisement because it’s contents are reality.

 

Key words: Planning, Promotion, Satisfaction Measuring


Keywords


Perencanaan; Promosi; Pengukuran kepuasan

Full Text:

PDF

References


Ahmad Tafsir. 2004. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Ali Hasan. 2010. Marketing Bank Syariah, Bogor:Ghalia Indonesia.

Departemen Agama. 2006. Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: CV. Diponegoro.

David Wijaya. 2008. “Pemasaran jasa pendidikan sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing sekolah,” dalam Jurnal Pendidikan Penabur, No. 11, Tahun ke-7, Desember.

M.Fuad, dkk. 2001. Pengantar Bisnis, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

M. Mursid. 2008. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Bumi Aksara.

M. Nur Rianto Al Arif. 2012. Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah, Bandung:Alfabeta.

Nana Herdiana Abdurrahman. 2013. Manajemen Bisnis Syariah & Kewirausahaan

Bandung: Pustaka Setia.

Nasution, M. Nur. 2004. Manajemen Jasa Terpadu (Total Service Management), Bogor: Ghalia Indonesia.

Paulus Lilik Kristianto. 2002. Psikologi Pemasaran, Yogyakarta: CAPS.

Philip Kotler. 2005. Manajemen Pemasaran, Diterjemahkan dari “Marketing Management” oleh Benyamin Molan, Jakarta: Indeks.

Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian: Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung: Alfabeta.

Ririn Tri Ratnasari dan Mastuti H. Aksa. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa, Bogor:

Ghalia Indonesia.

Rendra Widyatama. 2007. Pengantar Periklanan, Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Ronny Kountur. 2008. Menguasai Riset Pemasaran: Cara Mudah & Praktis, Jakarta:

PPM.

Suharsimi Arikunto. 1993. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta:

PT. Rineka Cipta.

Sumadji P. 2010. Kamus Istilah Ekonomi, Yogyakarta: Gama Press.

Teguh Budiarto dan Fandy Ciptono. 2007. Pemasaran Internasional, Yogyakarta: BPFE.

Tim Penyusun, Panduan Penulisan Skripsi, Padangsidimpuan: Unit Bina Skripsi

STAIN Padangsimpuan, 2012.

Yoyon Bachtiar Irianto, Pemasaran Pendidikan, Bandung: Penerbit UPI, 2008.




DOI: https://doi.org/10.24952/tijaroh.v4i2.1101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 At-tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter