MENGUKUR ETOS KERJA MUSLIM DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN PADANGSIDIMPUAN

Rodame Monitorir Napitupulu (Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Abstrak,

Indonesia juga adalah Negara dengan penduduk muslim tertinggi di dunia. Hal tersebut menjadikan Indonesia dengan jumlah usia kerja produktif tinggi berpotensi menjadi sumber dari sumber daya manusia yang memiliki etos kerja yang baik. Dalam Islam sendiri, sebenarnya sudah ada etos kerja muslim yang dapat dijadikan kekuatan dalam meningkatkan kualitas SDM. Sebagai sebuah institusi pendidikan, tenaga administrasi dan tenaga pendidik (dosen) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan juga dituntut untuk memberikan contoh dengan menunjukkan etos kerja muslim yang tinggi sehingga visi dan misi dapat tercapai. Pengukuran etos kerja muslim di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan perlu dilakukan untuk mengetahui sudah sejauh mana etos kerja muslim melekat dalam diri masing-masing pegawai. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif dimana jumlah responden sebanyak 16 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pegawai di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan sudah memiliki etos kerja muslim yang baik terutama ciri al-shalah (baik dan manfaat), al-itqan (kemantapan dan perfectness), tanafus dan ta’awun (berkompetisi dan tolong-menolong) dan mencermati nilai waktu.

 

Kata Kunci: Etos Kerja Muslim, Sumber Daya Manusia, IAIN Padangsidimpuan

 

Abstract,

Indonesia now and some years later will enter the demography bonus. It means that the number of people in productive age will increase too which will also need the enhancement of quality human resources. Indonesia now become the highest Muslim population in the world. It becomes Indonesia have a great potency to be a source of human resources with a high work ethic. In Islam, there is also a Muslim work ethic in organization. Muslim work ethic can be empower human resources so that it can win the competition of work and business. As one of the education institution, the staff and lecturer in Faculty of Business and Economic Islamic, IAIN Padangsidimpuan should become a role model that have a high Muslim work ethic. The purpose of this research is to measure the Muslim work ethic in Faculty of Business and Economic Islamic, IAIN Padangsidimpuan. It uses qualitative descriptive approach with 16 respondent. The result shows that Muslim work ethic has run well especially character Al-Shalah, Al-Itqan, Tanafus and Ta’awun, Use of Time. Only one character that still low, namely Al-Mujahadah.

 

Keywords: Muslim Work Ethic, Human Resources, IAIN Padangsidimpuan

 


Keywords


Etos Kerja Muslim; Sumber Daya Manusia; IAIN Padangsidimpuan

Full Text:

PDF

References


Ali Sambas Muhidin dan Abdurrahman Maman. (2009). Analisis Korelasi, Regresi dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Dermawan, Wibisono. (2003). Riset Bisnis: Panduan bagi Praktisi dan Akademisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Didin, Hafidhuddin dan H. Tanjung. (2003). Manajemen Syariah dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani.

Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Gay and Airasia. (2000). Educational Research. Cambridge: Cambridge University Press.

Muhammad. (2008). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Schein, E.H. (2008). Organizational Culture and Leadership. San Francisco: Jossey-Bass.

Terry, George. (2005). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Databoks Katadata. (2018). Jumlah Penduduk Indonesa Menurut Kelompok Umus. Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/05/18/2018-jumlah-penduduk-indonesia-mencapai-265-juta-jiwa, diakses 29 Agustus 2018 pukul 17.16 WIB.

Berita Online Thoughtco. (2018). Worlds Muslim Population. Diakses dari https://www.thoughtco.com/worlds-muslim-population-2004480, diakses 06 September 2018 pukul 17.04 WIB.




DOI: https://doi.org/10.24952/tijaroh.v4i1.1083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 At-tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter