PENGARUH KEMUDAHAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PAKAIAN SECARA ONLINE (Studi Kasus Mahasiswa Belanja Online Pada FEBI IAIN Padangsidimpuan)

Hamni Fadlilah Nasution (Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Abstrak,

Transaksi jual beli online semakin berkembang, tidak terkecuali di kalangan mahasiswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kemudahan dan harga secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian produk pakaian secara online studi kasus mahasiswa belanja online pada FEBI IAIN Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 40 responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.  Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh kemudahan terhadap keputusan pembelian produk pakaian secara online studi kasus mahasiswa belanja online pada FEBI IAIN Padangsidimpuan. Tetapi tidak terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian produk pakaian secara online studi kasus mahasiswa belanja online pada FEBI IAIN Padangsidimpuan. Terdapat pengaruh kemudahan dan harga secara simultan terhadap keputusan pembelian produk pakaian secara online studi kasus mahasiswa belanja online pada FEBI IAIN Padangsidimpuan.

Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Kemudahan, Harga

 

Abstract,

Online buying and selling transactions are growing, not least among students. The purpose of the study was to determine the effect of ease and price partially and simultaneously on the purchase decision of clothing products online case study online shopping students at FEBI IAIN Padangsidimpuan. This type of research used in this research is a quantitative approach. Research samples were 40 respondents. Data analysis using descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The results of this study are that there is an effect of ease on purchasing decisions of clothing products online case studies of online shopping students at FEBI IAIN Padangsidimpuan. But there is no price effect on the purchase decision of clothing products online in case studies of online shopping students at FEBI IAIN Padangsidimpuan. There is a simultaneous effect of ease and price on purchasing decisions of clothing products online in case studies of online shopping students at FEBI IAIN Padangsidimpuan

Keywords: Purchase Decision, Ease, Price


Keywords


Keputusan Pembelian; Kemudahan; Harga

Full Text:

PDF

References


Ardyanto, Denni, dan Susilo, Heru, dan Riyadi. 2015. Pengaruh Risiko Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Konsumen Pengaruh Risiko Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Konsumen Pengaruh Kemudahan Dan Kepercayaan Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei Pada Konsumen www.petersaysdenim.com).https://media.neliti.com/media/publications/85897-ID-pengaruh-kemudahan-dan-kepercayaan-mengg.pdf

Asnawi, Nur dan Masyuri, 2011. Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang : UIN-Maliki Press

Firdaus, Muhammad, 2004. Ekonometrika Suatu Pendekatan Aplikatif, Jakarta : PT. Bumi Aksara

https://tekno.kompas.com/read/2018/02/22/16453177/berapa-jumlah-pengguna-internet-indonesia.

https://tekno.kompas.com/read/2018/03/01/10340027/riset-ungkap-pola pemakaian-medsos-orang-indonesia.

Irianto, Agus, 2004. Statistik Konsep Dasar Aplikasi dan Pengembangannya, Jakarta : Kencana

Kamilah, Nisaul, Atik, Hufron, M, dan Slamet, Rachmat, Afi, (2016). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Keragaman Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Hijab Merek Hijab Pricess (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang Angkatan 2013-2016 Pengguna Media Sosial Instagram).e – Jurnal Riset Manajemen. Fakultas Ekonomi Unisma. 113-126. riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/download/440/474

Kotler, Philip & Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12.Jilid 1. Alih Bahasa : Bob Sabran. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran, edisi ke 12, Jilid 1, Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia

Kuncoro, Mudrajad, 2009. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi, Jakarta : Erlangga

Murwatiningsih, Erin Puri Apriliani. 2013. Pengaruh risiko dan harga terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen, jurnal dinamika manjemen JDM Vol 4 No 2, 2013 pp.184-191/ http;//journal.unnes.ac.id/nju/index/php/jdm

Sari Wahyuni, Herry Irawan, M.M., M.T2, Ir. Endang Sofyan, MBT. 2017. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Situs Online Fashion Zalora.Co.Id The Influence Of Trust, Easy Of Use And Quality Information On Purchase Decision On Online Fashion Site Zalora.Co.Id. e-Proceeding of Management : Vol.4, No.2 Agustus 2017 | Page 1405 ISSN : 2355-9357

Sarwono, Jonathan dan Martadiredja, Tutty.2008. Riset Bisnis Untuk Pengambilan Keputusan, Yogyakarta : CV Andi Offset.

Schiffman, Leon G. and Leslie Lazar Kanuk. 2004. Customer Behavior. Prentice Hall Inc, USA.

Sekaran, Uma. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.

Sudjatmika, Vania, Fransiska. 2017. Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia.Com. Agora Vol. 5, No. 1, https://media.neliti.com/media/publications/54086-ID-pengaruh-harga-ulasan-produk-kemudahan-d.pdf

Sujarweni, Wiratna, V. 2015. Metodologi Penelitian: Bisnis dan Ekonomi, Yogyakarta : Pustaka baru press

Swastha, Basu. 1996. Asas-asas Marketing.Yogyakarta : Liberty

Zulfikar, 2016. Pengantar Pasar Modal dengan Pendekatan Statistika, Yogyakarta: Deepublish




DOI: https://doi.org/10.24952/tijaroh.v4i1.1082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 At-tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter