Peran Guru dalam Enyikapi Psikologi Anak Usia Dini yang Kian Menurun Akibat Gadget

Wardah Ramadina (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)
Ali Wardhana Manalu (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hamzah Al Fansuri Sibolga-Barus, Indonesia)
Riska Fauziah Tanjung (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hamzah Al Fansuri Sibolga-Barus, Indonesia)
Lailatun Nazmi Simanullang (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hamzah Al Fansuri Sibolga-Barus, Indonesia)

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperjelas dan menganalisis peran guru dalam merespon psikologi anak usia dini di PAUD Al Amin yang semakin menurun akibat pengaruh gadget. Gadget kini menjadi media komunikasi yang populer. Dan dengan adanya alat komunikasi semakin memudahkan. Namun, penggunaan perangkat yang sering, terutama selama masa kanak-kanak, dapat memperburuk kondisi mental anak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam menjaga penurunan psikologi anak sangat penting. Dalam penelitian ini, beberapa persen anak mengalami perubahan perilaku akibat terlalu sering bermain gadget. Selain itu, anak-anak sering bermain game dan menonton youtube, yang membuat anak malas. Oleh karena itu, mengatasi perubahan psikologis pada anak usia dini memerlukan pengawasan dan peran guru dalam proses pembelajaran. Selama proses pembelajaran, guru harus senantiasa mengawasi, memantau dan mengontrol anak agar dapat tumbuh lebih baik. Jangan sampai minat belajar anak khususnya psikologi anak, berkurang

Full Text:

PDF

References


Adiningtiyas, S. W. (2017). Peran Guru Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 4(1), 28–40. https://doi.org/10.33373/kop.v4i1.1121

Febrino. (2017). Tindakan Preventif Pengaruh Negatif Gadget Terhadap Anak. NOURA: Jurnal Kajian Gender, 1(1), 1–21.

Ika Purwijayanti, Abdul Munir, Y. (2021). Implikasi Gadget Terhadap Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Tunas Mekar Kota Palu The. ECEIJ Early Childhood Education Indonesian Journal, 4(2), 40–45.

Mayenti, N. F., & Sunita, I. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Di Paud Dan Tk Taruna Islam Pekanbaru. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 9(1), 208–213. https://doi.org/10.37859/jp.v9i1.1092

Nafaida, R., , N., & , N. (2020). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(2), 57–61. https://doi.org/10.30743/best.v3i2.2807

Niaga, J., Juntak, S., & Setyanti, E. (2019). Peran Guru terhadap Penggunaan Gadget dalam Menumbuhkembangkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar Kristen di Surakarta. Humaniora Yayasan Bina Darma, VI, No 1(November), 87–106.

Rahmalah, P. Z. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Lppm Ump, 0(0), 302–310. https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/52/52%0Ahttps://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/52

Rismala, Y., Aguswan, Priyantoro, D. E., & Suryadi. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 1(01), 46–55. https://doi.org/10.56872/elathfal.v1i01.273

Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–139. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374

Swatika, P. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Anak. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 2(1), 49–54.

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 538. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310

Wulandari, D., & Lestari, T. (2021). Pengaruh gadget terhadap perkembangan emosi anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1689–1695. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1162?articlesBySameAuthorPage=2




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i2.6148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205