Pencegahan Kekerasan pada Anak dalam Perspektif Islam Pasca Pendemi

Sakinah Siregar (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Kekerasan pada anak usia dini bagaikan lingkaran setan yang sering terjadi dalam lingkungan keluarga. Orang tua yang seharusnya sebagai pelindung anak berubah menjadi predator. Kekerasan pada anak mengakibatkan kerusakan psikis dan mental anak yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Islam menawarkan banyak solusi bagi orang tua untuk menghindari kekerasan terhadap anak, yaitu dengan mengajarkan anak untuk menghormati, berbuat baik dan mewujudkan kasih sayang kepada anak, dengan cara ini anak akan memiliki pengamalan pengasuhan baik yang penuh kasih sayang, lemah lembut dan ketulusan dari orang tua. Dalam islam perlindungan pada anak meliputi fisik, psikis, intelektual, moral, ekonomi. Pemenuhan hak anak harus menjamin kebutuhan sandang, pangan, nama baik dan martabat anak, menjaga kesehatan dan memilih teman serta lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak. Pelindungan anak yang kaffah akan mengurangi angka kekerasan pada anak dan mewujudkan anak yang berakhlakul karimah.

Kata Kunci: kekerasan, anak, perspektif islam


Full Text:

PDF

References


Ardini, P. P. (2015). Penerapan Hukuman, Bias Antara Upaya Menanamkan Disiplin dengan Melakukan Kekerasan Terhadap Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 251–266.

Bening, T. P., & Diana, R. R. (2022). Pengasuhan Orang Tua dalam Mengembangkan Emosional Anak Usia Dini di Era Digital. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(1), 179. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.643

Cahayanengdian, A., & Sugito, S. (2021). Perilaku Kekerasan Ibu Terhadap Anak Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1180–1189. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1686

Candra, A. N., Sofia, A., & Anggraini, G. F. (2017). Gaya Pengasuhan Orang Tua pada Anak usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 3, Issue 2).

Dahlan, H. M. (2020). KOMUNIKASI LEMAH LEMBUT DALAM STUDI HADITS. https://doi.org/10.47498/tanzir.v11i1.351

Hutabarat, E., Herman, H., Silalahi, D. E., & Sihombing, P. S. R. (2020). An Analysis of Ideational Metafunction on News Jakarta Post about Some Good Covid-19 Related News. VELES Voices of English Language Education Society, 4(2), 142–151. https://doi.org/10.29408/veles.v4i2.2526

Kandedes, I. (2020). Kekerasan Terhadap Anak di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Harkat : Media Komunikasi Gender, 16(1), 66–76. https://doi.org/10.15408/harkat.v16i1.16020

Kurniawan, I. N., & Uyun, Q. (2013). Penurunan stres pengasuhan orang tua dan disfungsi interaksi orang tua-anak melalui pendidikan pengasuhan versi pendekatan spiritual (PP-VPS). Jurnal Intervensi Psikologi, 5(1), 111–130. https://journal.uii.ac.id/intervensipsikologi/article/view/4006

Maknun, L. (2017). Kekerasan Terhadap Anak yang Dilakukan oleh Orang Tua (Child Abuse). MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiya, 3(1), 60–77.

Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.550

Mutiah, E., & Srikandi, S. (2021). Konsep Pengembangan Kreativitas AUD. Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i1.3464

Nurjanah. (2018). KEKERASAN PADA ANAK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Al-Afkar,Journal for Islamic Studies, 1(2), 27–44. https://doi.org/10.5281/zenodo.3554811

Oktavia, L., Muchtar, A., Zainuri, A., & Sandi, A. (2020). METODE PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA: SEBUAH PERSPEKTIF AL-QUR’AN SURAT LUQMAN. AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies, 5(2), 148–166. http://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan

Probosiwi, R., & Bahransyaf, D. (2015). Pedofilia dan kekerasan seksual: Masalah dan perlindungan terhadap anak. Sosio Informa, 1(1), 29–40.

Rozak, P. (2013). Kekerasan Terhadap Anak Dalam Rumah Tangga Perspektif Hukum Islam. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 9(1), 45–70. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/sawwa/article/view/665

Saefudin, A., Ridwana, S., & Yulistianti, H. (2021). Kekerasan Anak Pada Keluarga Buruh di Jepara Perspektif Pendidikan Islam. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 13(1), 48. https://doi.org/10.24114/jupiis.v13i1.19342

Salami, S. (2017). Pengaruh Bahasa Ibu Pada Perilaku Anak (Kajian dari sudut pandang cara kerja pikiran). Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 2(2), 1–10. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/equality/article/view/1459

UNICEF. (2000). DOMESTIC VIOLENCE AGAINST. www.unicef-icdc.org

Wahyuni, K. S., Ceria, I., Verawati, B., & Mahanani, S. (2020). Pemberdayaan Orang Tua Dan Guru Dalam Membangun Early Warning System Terhadap Kejahatan Seksual Pada Anak Di Tk Sd Model Kabupaten Sleman. Jurnal Pengabdian: Dharma Bakti, 3(2), 40–47. https://doi.org/10.35842/jpdb.v3i2.122

Widodo, W. (2016). Dampak Kekerasan Terhadap Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Anak Didik. KABILAH: Journal of Social Community, 1(2), 275–305. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/2864

Zahra, I. (2020). Salah Kaprah Memahami Kedisiplinan: Tinjau Ulang Konsep Disiplin Pada Anak Melalui Kacamata Psikologi Pengasuhan Islami. In Buletin Ilmiah Psikologi (Vol. 1, Issue 1). https://data.unicef.org

Zaki, M. (2014). PERLINDUNGAN ANAK DALAM PERSPEKTIF ISLAM. In ASAS (Vol. 6, Issue 2). https://doi.org/10.24042/asas.v6i2.1715




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i2.6138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205