Kompetensi Guru PAUD dalam Pembelajaran PAUD di Kecamatan Simangambat, Kabupaten Padang Lawas Utara

Muhammad Ma'arif Rafi'i Tarigan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)
Eryk Hoyer Larsen (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hamzah Al Fansuri Sibolga Barus, Indonesia)
Ruminda Hutagalung (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hamzah Al Fansuri Sibolga Barus, Indonesia)
Muhammad Iqbal (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hamzah Al Fansuri Sibolga Barus, Indonesia)
Sabarita Br Tarigan (, Indonesia)
Syahwan Tumanggor (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hamzah Al Fansuri Sibolga Barus, Indonesia)
Radiman Limbong (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hamzah Al Fansuri Sibolga Barus, Indonesia)

Abstract


Tujuan penelitian ini bermaksud mencari informasi kedalaman kemampuan dasar (kompetensi) yang ada pada seorang guru PAUD di Kecamatan Simangambat, Kabupaten Padang Lawas Utara. Maksud kompetensi disini adalah kompetensi Pedagogik, Profesional, Sosial dan Kepribadian. Disajikan kedalam bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Dengan Instrumen penelitian berupa wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi yang dianggap mendukung hasil penelitian. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan, ada lembaga PAUD yang mesti mendapatkan perhatian lebih, hal ini dikarenakan masih banyak guru yang belum memiliki kualifikasi akademik S1 PAUD, kemampuan guru dalam merancang suatu pembelajaran masih kurang. Permasalahan ini berdampak pada rendahnya kualitas pembelajaran di kelas, karena tidak dapat menstimulasi perkembangan peserta didik secara optimal.

Full Text:

PDF

References


Indriani, F. 2015. Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengelola Pembelajaran IPA di SD dan MI. Fenomena, vol.7, no. 1, hal 17.

Dina Khairiah, Perkembangan Fisik, Intelegensi, Emosi dan Bahasa AUD, Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, Vol. 1, No. 1, 1-17.

Khiofiatun, Sa’dun Akbar, Ramli, M. 2016. Peran Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol.1, no. 5, hal 984–988.

Nurhamida, I. 2018. Problematika Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Karakteristik Peserta Didik. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, vol. 3, no. 1, hal 27-38.

Saryati, S. 2014. Upaya Peningkatan Kompetensi Paedagogik Guru Sekolah Dasar. JBMP: Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, vol. 2, no. 1, hal 669–681.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sum, T. A. 2019. Kompetensi Guru Paud Dalam Pembelajaran di Paud di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1, hal 68–75.

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. 2020. Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, hal 543.

Wahyuni, R., & Berliani, T. 2018. Pelaksanaan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, vol. 27, no. 2, hal 108–115.




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i2.6096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205