Menetapkan Metode Pembelajaran yang Sesuai dengan Keadaan Peserta Didik
Darti Dayanti
(Sekolah Tinggi Agama Islam Tebing Tinggi, Indonesia)
Abstract
Guru adalah seorang yang bertanggung tawab dalam mencerdaskan kehidupan anak didik. Pribadi susila yang cakep adalah hal yang diharapkan ada pada diri seorang peserta didik. Tugas utama seorang guru adalah mendidik peserta didiknya bagaimana caranya untuk bisa merubah karakter siswa menjadi lebih baik, guna untuk ketercapainya tujuan Negara Indonesia yang yang mana yang terdapat dalam UUD 1945 alenia ke empat yaitu ”mencerdaskan kehidupan bangsa”. Oleh karena itu seorang guru dalam mendidik tentunya tidak lepas dari metode yang digunakan seorang guru, dimana metode yang baik akan membuat peserta didik dengan mudah memahami materi yang disampaikan sehingga proses pembelajaranpun dapat berlangsung dengan baik, dan sebaiknya metode yang tidak tepatkan membuat peserta didik kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan, untuk itu sangat penting menetapkan metode yang baik sebelum melakukan pelajaran untuk tercapainya tujuan pembelajaran
Edy Sutrisno, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana, 2011. Harsono, Etnografi Pendidikan sebagai Desain Penelitian Kualitatif. Surakarta: Univeritas Muhammadiyah Surakarta, 2011. Maulana Arafat Lubis. Pembelajaran Tematik Di SD/MI,Yogyakarta:Samudra Biru, 2018. Muri Yusuf, Kiat Sukses dalam Karier, Jakarta: Ghalia Indonesia, cetakan kedua, 2002. Nasution, Toni dan Maulana Arafat Lubis, Konsep Dasar Ips.Yogyakarta: Samudra Biru, 2018. Soekidjo Notoatmodjo. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT.Ranika Cipta, 2003. Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar, Bandung: Alfaveta, 2009. Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006. Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Media Group, 2010.