Fisafat PAUD: Kajian Akhlak Menurut Ibnu Miskawaih

Dina Khairiah (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)
Ali Wardhana Manalu (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hamzah Al Fansuri Sibolga-Barus, Indonesia)

Abstract


Abu Ali Al-Khozin Ahmad Ibnu bin Muhammad Bin Ya’qub lebih dikenal dengan nama Ibnu Masakawih. Beliau lahir di Ray pada tahun 320 Hijriah, menetap di Isfahan dan meninggal dunia di kota ini pada tahun 421 Hijriah bertepatan dengan tahun 1030 Masehi. Menekuni bidang kimia, fisafat dan logika untuk masa yang cukup lama. Kemudian menonjol dalam bidang satra, sejarah dan kepengarangan. Pengaruhnya sangat besar sekali di Ray, beliau dengan julukan Al- Khazin  (pustakawan), karena dipercaya untuk menangani buku Ibnu Al-Amid dan Adhua Al Daulah bin Suwaihi.

Menurut Ahmad Amin semua karya Ibnu Miskawaih tersebut tidak luput dari kepentingan filsafat etika. Ajaran Pokok Etika Islam Ibnu Miskawaih yakni Teori Fadlail (Keutamaan), Teori Kamal (kesempurnaan), Teori Sa’adah (kebahagiaan), Teori khairat (Kebaikan), Teori Mahabbah. Menurut Ibnu Miskawaih tujuan pendidikan ialah terwujudnya sikap batin yang mendorong secara spontan untuk melahirkan semua perbuatan yang bernilai baik, sehingga mencapai kesempurnaan dan memperoleh kebahagiaan sejati dan sempurna Pendidik sejati yang dimaksudkan Ibnu Miskawaih adalah manusia ideal sepeti terdapat pada konsepsinya tentang manusia yang ideal. Hal demikian terlihat jelas, karena ia menjajarkan posisi mereka sama dengan posisi nabi, terutama dalam hal cinta kasih.

Full Text:

PDF

References


Mustofa. 1997. Filsafat Islam. Bandung: Pustaka Setia. Hernawan, A. Heris & Sunarya, Yaya. 2011. Bandung: CV. Insan Mandiri, Sudarsono. 2010. Filsafat Islam. Cetakan Ketiga. Jakarta: Rineka Cipta. Supriadi, Dedi. 2010. Pengantar Filsafat Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia Mahmud, Abd. al-Hamid 1982. al-Tafkir al-Falsafi fi al-Islam. Beirut: Dar al-Kitab al-Lubrani. Miskawaih, Ibn. 1398. Tahdziib al-akhlaq wa Tathiir al-’A’raaq. Beirut: Manshur at Dar al-Maktabah al-Hayat.




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i1.3863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205