Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perkembangan Kognitif AUD

Anisa Putri (UIN Sumatera Utara, Indonesia)
Darul Arifin (UIN Sumatera Utara, Indonesia)
Solat Riani (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Setiap individu memiliki ciri dan sifat atau karakteristik bawaan dan karakteristik yang diperoleh dan dipengaruhi lingkungan. Sebagian besar  masih mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran tertentu. Hal ini mungkin disebabkan oleh pendekatan, strategi, model, atau metode yang diterapkan oleh guru kurang sesuai, juga kemampuan guru serta sarana pembelajaran pendukung yang meliputi media, alat peraga dan buku pegangan anak yang terbatas atau sebab lain. Akan tetapi beberapa anak usia dini justru dapat memahami pelajaran dengan bantuan teman sebayanya.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh teman sebaya terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode observasi langsung kemudian melakukan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 32 anak yang mana seluruh populasi dijadikan sampel. Penelitian dilakukan dengan mengamati langsung dan alat pengumpul data berupa tes pribadi untuk mengetahui kognitif anak dan menggunakan model pembelajaran kelompok dengan membagi anak menjadi beberapa kelompok agar dapat melihat dengan jelas perkembangan kognitif anak usia dini dan bagaimana pengaruh teman sebayanya terhadap perkembangan kognitif anak usia dini tersebut.

Full Text:

PDF PDF

References


Budd, K. s. (1985). “Parents as Mediator in the Social Skills Training of Children”, dalam L’Abate, Luciano & Milan, Michael A. (Eds) (1985) Suarnita (2013), Metode Penelitian pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Jakarta: Alfabeta. Suyanto, Slamet, Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2005 Santrock,Jhon W, (Psikologi Pendidikan Edisi Kedua Diterjemahkan Educational Psychology, 2 Edition Mcgraw Hill Company, Inc. terj. Tri Wibowo Bs, Jakarta: Kencana, 2008. Ali Muhammad, Muhammad Asrori. 2012. Psikologi Remaja. Jakarta:PT Bumi Aksara Hamalik Oemar, 2004, Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Askara Sarwono & Wirawan Sarito, 1991, Psikologi Remaja, Surabaya: Rajawali Press Yusf Syamsu & M Nani, 2012, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Raja Grafindo




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i1.3673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205