Peran Nilai Agama, Pancasila dan Budaya dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini

Silva Ardiyanti (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Rina Nur Bashiroh (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Fatah Saiful Anwar (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran nilai agama, Pancasila dan budaya dalam membentuk karakter anak usia dini. Pendidikan di Indonesia menjadi salah satu sarana dalam membentuk karakter guna melahirkan para generasi muda penerus bangsa. Pendidikan tidak hanya lakukan secara formal namun juga non-formal, pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu membentuk karakter anak. Anak usia dini merupakan masa yang paling berarti dan tepat dalam mengukir, mengembangkan, membimbing dan menanamkan nilai serta moral dan keterampilan hidup anak. Pada masa ini pertumbuhan dan perkembangan anak berada ditahap tercepat melingkupi perkembangan berbagai aspek. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library reseach) yaitu mengumpulkan dan menganalisis data dengan menggunakan buku-buku maupun literatur-literatur lainnya sebagi objek utama. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Sedangkan Analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya pendidikan karakter agama di bentuk melalui rohani yang matang agar membuat manusia semakin manusiawi, dan pendidikan karakter pancasila adalah merupakan sistem nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagai termasuk dalam pembukaan UUD 1945 dan pancasila sehingga pendidikan nasional Indonesia adalah pendidikan pancasila dan pendidikan budaya merupakan nilai-nilai luhur budaya telah menjadi sudah merupakan milik bangsa sebagai potensi yang tak ternilai harganya untuk pembangunan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Full Text:

PDF

References


A’yun, Q., Prihartanti, N., & Chusniatun. (2015). Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus pada Keluarga Muslim Pelaksana Homeschooling). Jurnal Indigenous, 13(2), 33–40. Demina, D. (2016). Membumikan Nilai Budaya Lokal Dalam Membangun Karakter Bangsa. Ta’dib, 16(1), 1–13. Fransiska, F., & Suparno, S. (2019). Pengasuhan Anak Usia Dini Pada Keluarga Dayak Desa Di Rumah Betang Ensaid Panjang. Jurnal Golden Age, 3(02), 95. Kusuma Wardani, D. M., & Brantasari, M.-. (2019). Peningkatan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Kelompok B Beragama Hindu Melalui Metode Bercerita Di Tk Tunas Bangsa Tenggarong Seberang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 97–109. Lickona, T. (2013). Education for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter. Bagaimana Sekolah Dapat Mengajarkan Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. Jakarta: Bumi Aksara. Mahmud, A. (2014). Insan Kamil Perspektif Ibnu Arabi. Sulesana, 9(2), 33–45. Penelitian, J., & Zubaidah, S. (2019). Artikel Penelitian / Artikel Reviu Pendidikan Karakter Terintegrasi Keterampilan Abad. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 1–24. Samsul kurniawan. (2013). Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasina secara Terpadu di Lingkungan Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: ar-Ruzz Media. Sukidin, Busrowi, dan Agus Wiyaka. (2003) Pengantar Ilmu Budaya. Jakarta: Insan Cendikia. Syahrial syarbini. (2009). Pendidikan pancasila perguruan tinggi (nilai-nilai karakter bangsa). Ghalia Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i1.3472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205