Penyelenggaraan PAUD Formal, Non Formal Dan Informal di KB TK IK Keluarga Ceria

Rizqiyyatunnisa Rizqiyyatunnisa (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Nur Imam Mahdi (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)

Abstract


Anak usia dini memiliki perkembangan yang cepat, oleh karena itu mereka membutuhkan stimulasi dan rangsangan dalam segala aspek. Dalam rangka memenuhi rangsangan dan stimulasi tersebut, perlu adanya penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang mampu memaksimalkan tumbuh kembang anak. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana penyelenggaraan pendidikan anak usia dini pada jalur formal, non-formal, dan informal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilaksanakan di KB & TK Islam Kreatif Keluarga Ceria, Sleman, Yogyakarta. Wawancara secara mendalam yang disertai dengan observasi lapangan menjadi proses pengumpulan data. Data yang diperoleh diorganisasikan dan dianalisis dengan menekankan makna. Dari penelitian yang telah dilakukan di KB & TK Islam Kreatif Keluarga Ceria bahwa PAUD yang diselenggarakan memiliki dua layanan pendidikan, yaitu PAUD Formal berupa Taman Kanak-kanak dan PAUD Non Formal berupa Kelompok bermain. Penyelenggaraan PAUD Formal dan Non-Formal tersebut memiliki beberapa perbedaan dan kesamaan dalam pelaksanaannya. Pendidikan formal terlihat lebih kompleks dan memiliki administrasi yang lebih banyak dibanding dengan pendidikan non-formal. Penyelenggaraan PAUD Informal juga tetap berjalan sebagaimana mestinya dalam lingkungan keluarga, ditambah semakin kompleks dengan adanya sistem Belajar Dari Rumah (BDR) karena adanya pandemi seperti sekarang ini. Sehingga tiga bentuk penyelenggaraan pendidikan tersebut berkolaborasi dengan sistematis dan terpadu dalam pelaksanaannya.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Rulam. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Darlis, Ahmad. 2017. “Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Antara Hubungan Pendidikan Informal, Non Formal Dan Formal.” Jurnal Tarbiyah XXIV(1):84–103. Farida, Siti. 2017. “PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PAUD.” WACANA DIDAKTIKA 5(02):189. Hasanah, Nurul Maziyatul. 2019. “Penyelenggaraan Jalur Pendidikan Formal Dan Nonformal.” JECED : Journal of Early Childhood Education and Development 1(2):84–97. Hidayat, Ara, and Imam Machali. 2012. Pengelolaan Pendidikan (Konsep, Prinsip, Dan Aplikasi Dalam Mengelola Sekolah Dan Madrasah). Huliyah, Muhiyatul. 2016. “HAKIKAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.” Aṣ-Ṣibyan, Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfa 1(1):60–71. Mendikbud. 2015. SUPLEMEN MATERI SEMINAR NASIONAL KURIKULUM PAUD, Permendikbud No. 137 Tahun 2014 & No. 146 Tahun 2014. Yogyakarta: Mendikbud DIY. Rakhmalia, Mia. 2014. “Penggunaan Model Pembelajaran Sentra Dan Lingkaran Dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa Di Pos Paud Terpadu.” Modeling 1(1):36–46. Rohmah, Nur, and Dyah Fifin Fatimah. 2017. “Pola Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini Di PAUD Ceria Gondangsari Jawa Tengah.” MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(2):247–73. Santoso, Srijono Pudji, and Erni Widajanti. 2012. “PENGARUH PEMBINAAN, PEMANTAUAN DAN INSENTIF TERHADAP MOTIVASI KERJA PENGELOLA LEMBAGA PAUD NON FORMAL.” Jurnal Manajemen Sumberdaya Manusia 6(2):106–14. Saripudin, Aip. 2019. “KOMPETENSI GURU PENDAMPING PAUD DALAM MEMENUHI STANDAR LAYANAN PAUD NON FORMAL DI KABUPATEN TASIKMALAYA.” AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak 5(2):63. Saudah. 2015. “LINTAS SEJARAH DAN RAGAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (FORMAL, NON FORMAL, INFORMAL).” JEA (Jurnal Edukasi AUD) 1(1):1–30. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Cetakan ke. Bandung: Alfabeta. Susilo, Setiadi. 2016. Pedoman Penyelenggaraan PAUD. Jakarta: Bee Media Pustaka. Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Cetakan ke. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Suyadi, and Maulidya Ulfah. 2013. Konsep Dasar PAUD. Cetakan ke. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i1.3242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205