Upaya Meningkatkan Kemampuan Menemukan Kalimat pada Anak Usia Dini Melalui Metode Discovery

Faqih Hakim Hasibuan (UIN Sumatera Utara, Indonesia)

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah  dapat meningkatkan kemampuan anak usia dini dalam menemukan kalimat utama paragraph yang diajar menggunakan metode discovery dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di TK Islamiyah Medan Tahun 2018/2019.Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek dalam penelitian ini yang berjumlah 44 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes diilakukan pada siklus I dan siklus II. Teknik analisis data dilakukan dalam dua tahap, pertama setelah data terkumpul, dan kedua setelah semua saat satu siklus terkumpul. Data yang dikumpulkan pada setiap observasi dan pelaksanakan siklus penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil pengujian hipotesis diperoleh “dapat meningkatkan kemampuan menemukan kalimat utama paragraf pada anak usia dini  melalui metode discovery di TK Islamiyah Medan”. Berdasarkan perhitungan  ttabel pada taraf signifikansi 5 % adalah 4,46 > 1,99. Maka hipotesis alternatif diterima. Berarti antara variabel I dan variabel II terdapat perbedaan yang signifikan atau Ha diterima.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, E., Syam, H. and Latief, N. (2018) ‘PENERAPAN METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PROSES PENGOLAHAN DAN PENGAWETAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 PINRANG’, Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 2(1), p. 53. doi:10.26858/jptp.v2i1.5153.

Kusuma, T.C. (no date a) ‘PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUKURAN DALAM MATEMATIKA AWAL MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING’, . Vol, 1, p. 7.

Kusuma, T.C. (no date b) ‘PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUKURAN DALAM MATEMATIKA AWAL MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING (PENELITIAN TINDAKAN DI TK B PERTIWI I KANTOR GUBERNUR PADANG TAHUN 2015)’, p. 9.

Lieung, K.W. (2019) ‘Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar’, Musamus Journal of Primary Education, pp. 073–082. doi:10.35724/musjpe.v1i2.1465.

Muliani, N.M., Gading, I.K. and Mahadewi, L.P.P. (2017) ‘PENGARUH METODE DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK’, 5(3), p. 10.

Mulyadi, O.W., Mahfud, H. and Pudyaningstyas, A.R. (2021) ‘MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE GUIDED DISCOVERY DALAM PEMBELAJARAN SAINS’, 9(1), p. 10.

Musdalifah, M., Anas, M. and Sadaruddin, S. (2020) ‘PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI METODE DISCOVERY PADA PEMBELAJARAN SAINS DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MARIO’, TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), p. 42. doi:10.26858/tematik.v6i1.14438.

Nityanasari, D. (2020) ‘ALAT PERMAINAN EDUKATIF PASAK WARNA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK USIA DINI’, 4, p. 5.

Rohim, F. and Susanto, H. (2012) ‘PENERAPAN MODEL DISCOVERY TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF’, p. 5.

Sholeha, V. (2019) ‘Efektivitas metode guided discovery pada pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun’, Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), pp. 78–83. doi:10.21831/jpa.v8i1.26680.

Solichin, M.M. (2017) ‘Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Discovery dalam Pendidikan Agama Islam’, 12, p. 18.




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.3126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205