Manajemen Dakwah dalam Meningkatkan Kualitas Jamaah Mesjid

Hasbi Anshori (, Indonesia)

Abstract


Untuk mengetahui peran manajemen, upaya pengurus, pendukung dan penghambat dakwah dalam memakmurkan Mesjid dalam Meningkatkan Kualitas Jamaah Mesjid. Oleh karena itu dapat dipahami bahwa proses pengelolaan dakwah oleh pengurus Masjid Nurul Iman Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone tidak lepas dari fungsi administrasi yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengorganisasian, pelaksanaan, pengarahan atau pengendalian. Salah satu program kerja pimpinan Masjid Raya Nurul Iman Lamuru adalah menyiapkan imam atau pengurus masjid yang ingin berdakwah di jama'ah atau berjamaah khususnya di Kabupaten Bone. Para pengurus Masjid Nurul Iman Lamuru memberikan pengarahan atau pelatihan mingguan untuk meningkatkan pemahaman materi dakwah saat memberikan dakwah kepada masyarakat atau majelis.

Full Text:

PDF

References


Yunan Yusuf, Manajemen Dakwah (Arti, Sejarah, Peranan dan Sarana Manajemen Dakwah) Jakarta : Kencana, 2006.

Achyar Eldin, Dakwah Strategi, Jakarta : Pustaka Tarbiyatuna, 2013.

M.Syafaat Habib, Buku Pedoman Dakwah, cet. I, Jakarta : Widjaya, 1982.

Moh. E. Ayub, Manajemen Mesjid , Cat : I, Jakarta : Balai Aksara, 2000

Lexy J. Moeleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Kerta Karya, 1998.

Wibowo, Manajemen Kinerja , Cet, III: Yokyakarta : Pustaka Pelajar 2012.

Aguswandi, Kontribusi AG.H. Muhammad As’ad Terhadap Pengembangan Dakwah di Sengkang Kabupaten Wajo, Alauddin University Press, 2014

Buchari Zainun, Manajemen dan Motivasi, Jakarta: Balai Aksara, 2000

Khalid Usman, Pengantar Dasar Dasar Mesjid, Cet I Jakarta: Kencana, 2004

M. Manullang, Dasar-Dasar Manajemen, Cet. I: Jakarta: Galia Indonesia, 1996




DOI: https://doi.org/10.24952/tadbir.v4i2.6896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats