Islamism Phenomenon: Konstruksi Identitas Islam Kelompok Taliban dalam Teks Pemberitaan di Tirto.id

Nadia Khairunnisa (UIN Sunan Klijajaga Yogyakarta)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi identitas Islam kelompok Taliban dalam teks pemberitaan di Tirto.id. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena tertentu dengan cara deskripsi pada suatu konteks khusus yang ilmiah dengan menggunakan metode ilmiah. Subjek dalam penelitian ini adalah teks pemberitaan isu Afghanistan dengan kelompok Taliban di Tirto.id periode 16 Agustus-31 Oktober 2021. Objek dalam penelitian ini adalah konstruksi identitas Islam kelompok Taliban dalam teks pemberitaan di Tirto.id. Data primer dalam penelitian ini diambil dari enam teks pemberitaan yang terpilih terkait isu Afghanistan dengan kelompok Taliban. Data sekunder penelitian ini bersumber dari literatur yang terkait dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk pada dimensi teks untuk meneliti bagaimana struktur teks dan strategi wacana dalam menegaskan tema tertentu yang terdiri dari tiga tingkatan, yaitu struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa identitas Islam kelompok Taliban dalam teks pemberitaan di Tirto.id dikonstruksikan melalui praktik penulisan berita, penempatan peristiwa, dan simbol yang digunakan.


Full Text:

PDF

References


Alfiana Yuniar. “Terorisme Dalam Konstruksi Media Massa.” Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi 2, no.1 (Maret 2020): 38-51.

Ciptadi, Suluh Gembyeng, dan Ade Armando. “Upaya Agensi Melawan Logika Jangka Pendek Jurnalisme Daring: Studi Kasus Tirto.id.” Jurnal Komunikasi Indonesia 7, no. 1 (1 Oktober 2018): 62-72.

Endrizal, dan Novi Hendri. “Politik Identitas: Konstruksi Sosial dan Relasi Kekuasaan.” Islam Realitas: Journal of Islamic & Soial Studies 4, no. 1 (Juni 2018): 1-13.

Eriyanto. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media, t.t.

Fajriani, Suci Wahyu, dan Yogi Suprayogi Sugandi. “Hijrah Islami Milenial Berdasarkan Paradigma Berorientasi Identitas.” Sosioglobal: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi 3, no. 2 (Juni 2019): 77-88.

Hasyim, Nanang Mizwar. “Media dan Konstruksi Identitas Kepemimpinan (Studi Konstruksi Identitas Kepemimpinan Ahok oleh Media Online.” Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi, dan Pemikiran Hukum Islam 9, no. 2 (April 2018): 256-82.

Karim, Syahrir. “Post Islamisme: Memahami Aksi Politik Islam Kontemporer.” Jurnal Politik Profetik 9, no. 1 (2021): 119-34.

Khasri, M. Rodinal Khair. “Strukturasi Identitas Umat Beragama Dalam Perspektif Anthony Giddens.” Jurnal Sosiologi Agama: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama dan Perubahan Sosial 15, no. 1 (Juni 2021) 129-48.

Rosdiawan, Ridwan. “Memetakan Anatomi Diskursus Islamisme dan Terorisme Islam.” Islamica: Jurnal Studi Keislaman 13, no. 1 (September 2018): 1-32.

Sugara, Robi. “Upaya dan Kontribusi Indonesia Dalam Proses Perdamaian di Afghanistan Melalui Bina-Damai.” Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial 5, no. 1 (Februari 2021): 27-38.

Suryadi, Israwati. “Peran Media Massa Dalam Membentuk Realitas.” Jurnal Academica Fisip Untad 3, no.2 (Oktober 2011): 634-46.

Zellatiffany, Cut Medika, dan Bambang Mudjiyanto. “Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi.” Jurnal Komunikasi Indonesia 1, no. 2 (Desember 2018): 83-90.




DOI: https://doi.org/10.24952/tadbir.v4i2.6882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats