Peran Manajemen Konflik dalam Moderasi Beragama

Ricka Handayani (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis dengan pelaksanaan moderasi beragama, maka perlu sekali adanya peran manajemen konflik didalamnya. Manajemen konflik dijadikan sebagai bentuk upaya menghindari ketidakharmonisan dalam berkehidupan yang multikultural. Maka dalam konteks fundamentalisme agama perlu menumbuhkan cara beragama yang moderat yaitu cara beragama yang inklusif atau terbuka yang disebut dengan sikap moderasi beragama. Moderasi beragama lebih mengedepankan sikap hormat dan terbuka terhadap perbedaan, tidak mudah menyalahkan apalagi sampai kepada mengkafirkan orang yang berbeda cara pandang. Menjalin hubungan persaudaraan yang harmonis yang berlandaskan pada asas kemanusiaan juga merupakan paham yang dianut dalam moderasi beragama. Maka dari itu dalam moderasi beragama dijelaskan bahwa tidak hanya membangun hubungan baik dengan Allah Swt., tetapi juga mementingkan dalam membangun hubungan baik antar sesama manusia bukan hanya yang seiman tetapi juga kepada saudara yang berbeda agama.


Full Text:

PDF

References


Akhmadi, Agus. “MODERASI BERAGAMA DALAM KERAGAMAN INDONESIA RELIGIOUS MODERATION IN INDONESIA’S DIVERSITY” 13, no. 2 (2019): 11.

Amin Abdullah. “‘Kuliah Umum; Agama dan Resolusi Konflik’, hasil diskusi tahun 2010 di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.,” t.t.

———. “Kuliah Umum : Filsafat Agama dan Resolusi Konflik di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta,” 2010.

Darlis. “Mengusung Moderasi Islam di Tengah Masyarakat Multikultural.” Rausyan Fikr 13 No. 2 (2017).

Fahri, Mohamad, dan Ahmad Zainuri. “Moderasi Beragama di Indonesia” 25, no. 2 (2019): 6.

Hadikusuma, Wira. “(Analisis Terhadap Konflik Kegamaan di Indonesia),” t.t.

Kementerian Agama RI. Naskah Akademik bagi Penyuluh Agama Puslitbang Kehidupan Keagamaan. Jakarta, 2015.

Lukman Hakim Saifuddin. Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019.

Wartini, Sri. “Strategi Manajemen Konflik Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Teamwork Tenaga Kependidikan,” no. 1 (2015).




DOI: https://doi.org/10.24952/tadbir.v4i2.6546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats