Implementasi Manajemen Pelayanan Dalam Pengelolaan Dana Zis Pada Program Lazisnu

Ricka Handayani (IAIN PADANGSIDIMPUAN, Indonesia)

Abstract


Dana Zakat, Infaq, dan Sadaqah sangat bermanfaat dalam membantu kaum dhuafa. Dana ini memiliki fungsi sosial dan juga mampu mengatasi permasalah baik di bidang ekonomi, sosial, kesehatan maupun di bidang pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiman implementasi manajemen pelayanan dalam mengelola program LAZISNU di Kota Padangsidimpuan.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menggambarkan di lapangan. Hasil penelitian diperoleh bahwa implementasi manajemen layanan program LAZISNU Padangsidimpuan pada 5 program (program pendidikan, kesehatan, sosial keagamaan, renovasi sekolah dan ekonomi sudah berjalan dengan baik dan sudah mulai berkembang dan bermanfaat pada masyarakat sekitarnya.

Kata Kunci: Manajemen Pelayanan, Dana ZIS (Zakat, Infaq, dan Sadaqah), Program LAZISNU


Full Text:

PDF

References


Ahmad, N. (2021). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Zakat Produktif Di NU CARE-LAZISNU Kabupaten Banyumas [PhD Thesis]. IAIN Purwokerto.

Amin, M. S. (n.d.). Implementasi Kesesuaian Penerapan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat di LAZISNU [B.S. thesis]. Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.

DAAIM, M. (2020). Model Pengelolaan Zakat NU CARE-LAZISNU Tingkat Provinsi Jawa Tengah [PhD Thesis]. IAIN KUDUS.

ISLAM, J. S. D. K. (n.d.). Sejarah Lembaga ‘Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Nahdlatul Ulama Daerah Istimewa Yogyakarta (LAZISNU DIY) Tahun 2006- 2016 M.

Kartika, S. D. (2021). Implementasi Sedekah pada Pengembangan Usaha Mutashaddiq (Studi Kasus: UPZIS NU CARE-LAZISNU Ranting Gempollegundi Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang). Ulumul Syar’i, 10(1).

Makmun, M., & Sadat, M. A. (2020). Implementasi Program Penyaluran NU-CARE LAZISNU Jombang terhadap Pemberdayaan Masyarakat.Jurnal Hukum Keluarga Islam, 4(2).

Rahmayanti, Nina. Manajemen Pelayanan Prima (Mencegah Pembelotan dan Membangun Custumer Loyaliti). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

Rohmah, N. L. (2021). Implementasi Strategi Fundraising dan Pendistribusian Sedekah Sedino Sewu di UPZIS NU-CARE LAZISNU ranting wotan. [phd thesis]. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Roihanatasssa’adah, N. (2018).Upaya Peningkatan Penghimpunan Dana Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) Oleh Lembaga Amal Zakat Infak Dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Kudus [phd thesis]. Iain kudus.

Sa’diyah, Y. H. (2020). Implementasi Regulasi Zakat terhadap Kinerja Amil Zakat: Studi di Kantor LAZISNU Cabang Nganjuk [phd thesis]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Slamet, S. (2017). Implementasi Standar Manajemen ISO 9001: 2015 pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Nasional (Studi NU CARE-LAZISNU).Al-Idarah: Jurnal Manajemen dan Administrasi Islam, 1(1).

Sukirno, Sadono, dkk. Pengantar Bisnis. Jakarta: Kencana, 2004.




DOI: https://doi.org/10.24952/tad.v3i2.4560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats