Peran Ulama Timur Tengah Tengah Tehadap Nusantara Abad XVII dan VXIII Akar Pembaharuan Pemikiran Islam

Darwin Harahap (IAIN Padangsidimpuan)

Abstract


Karya Azyumardi Azra dengan judul Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVIII Akar Pembaruan Islam Indonesia ini sangat penting, karena telah menyajikan aspek intelek­tual yang mengetengahkan bentuk gagasan dan ajaran yang ditran­smi­si­kan melalui jaringan ulama. Yang lebih penting lagi adalah sumber yang digunakan Azra dalam bukunya tersebut adalah sumber-sumber primer dalam bentuk manuskrip-manuskrip dan buku-buku cetakan berba­hasa Arab dan Inggris. Tampaknya inilah buku pertama yang mengguna­kan sum­ber-sumber Arab secara ekstensif dalam pengkajian yang berke­naan dengan sejarah pembaruan pemikiran Islam di Nusantara. Tujuan tulisan ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis metode, teori, aliran pemiki­ran sejarah dan pendekatan yang digunakan Azra dalam penulisan buku Jaringan Ulama. Metode yang digunakan adalah metode historis dengan pendekatan historiografi. Tulisan ini berhasil mengetengahkan metode yang digunakan Azra yaitu metode sejarah ilmiah dengan empat tahapan, yaitu-heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Teori yang digunakan transmission dan network. Azra lebih cenderung kepada aliran pemikiran sejarah New History. Sedangkan pendekatan yang digunakannya adalah Azra melihat perjalanan historis Islam di Nusantara harus dilihat dari perspektif global dan lokal sekaligus. Karya Azra ini memberikan konstribusi besar kepada literatur dan menjadi inspirasi bagi peminat dan penulis kajian Asia Tenggara serta dunia muslim pada abad ke-17 dan ke-18.


Full Text:

PDF

References


Azra, Azyumard, Jaringan Ulama Timur Tengah Tengah Dan Kepulaun Nusantara Abad XVII dan VXIII, Melacak Akar-Akar Pembaharu Pemikiran Islam Indonesia, Bandung: Mizan, 1998.

--------, Renaisan Islam Asia Tenggara, Secara Wacana Dan Kekuasaan, Bandung: PT. Rosdakarya, 1999.

Harun,M. Yahya Kerajaan Islam Nusantara Abad XVII dan VXIII,Yogyakarta: Kurnia Kalam Sejahtra, 1995.

http://isnaarwani.blogspot.com/2009/07/penelitian-sejarah-islam.html

Huda Nor, Islam Nusantara: Sejarah Sosial Intelektual Islam Indonesia: Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.

Sunarto Musyrifah, Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.

Suryanegara Ahmad Mansur. Menemukan Sejarah Wacana Penggerakan Islam Indonesia. Bandung: Mizan, 1996.

Zada Khamami, et.al, ddk, Jaringan Intelektual Pesantren di Era Pertumbuhan, Dalam Intelektual Pesantren Potret Cakrawala dan Toko. Pemikiran Era Pertumbuhan, Jakarta: Diva Pustaka, 2003.




DOI: https://doi.org/10.24952/tad.v3i1.4178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats