Bentuk -Bentuk Komunikasi dalam Perspektif Dakwah Islam

Kamaluddin Ritonga (State Institute for Islamic Studies Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Jika ditinjau dari segi ilmu komunikasi ternyata dakwah memiliki beberapa bentuk. Komunikasi dakwah sebagai kebutuhan masyarakat dalam penyebaran Islam, tidak hanya dakwah bil-lisan (khutbah) tetapi terdapat beberapa bentuk komunikasi yang dipergunakan. Setidaknya terdiri dari 8 (delapan) segi, yaitu dari segi penyampaian pesan, terdapat dakwah bil-lisan, dakwah bil- kitabah dan dakwah bil hal. Adapun dari segi alur (tujuan) pesan terdapat komunikasi ke atas, ke bawah dan ke samping. Dari segi ruang lingkup sasaran mad’unya, komunikasi dakwah terbagi kepada dakwah internal (sasama umat Islam) dan dakwah eksternal (mad’u non- muslim). Dari segi jumlah personil da’i, dakwah terbagi kepada komunikasi dakwah individu, komunikasi massa dan komunikasi kelompok. Dari segi media, terdapat komnikasi primer (dakwah langsung tanpa media) serta komunikasi sekunder (komunikasi dengan media). Dari segi aliran komunikasinya, dakwah dibedakan kepada komunikasi linear (satu arah) dan sirkulasi (dua arah). Segi mad’unya kmunikasi terbagi kepada komunikasi  intrapersonal (mad’u diri sendiri) dan komunikasi dakwah interpersonal (orang lain). Dan yang terakhir ialah komnikasi transendental,  yaitu komunikasi hamba dengan Tuhan, baik sebagai harapan, tawakkal maupun sebagai do’a. Dalam pembahasan ini ternyata bahwa intaraksi   komunikasi dengan dakwah dapat  memperkaya khazanah ilmu dakwah dari aspek bentuk-bentuk komunikasi.

 


Full Text:

PDF

References


A. Hasjmy, Dustur Dakwah Menurut al-Qur’an, Bulan Bintang Jakarta 1994.

Bambang S. Ma’arif, Psikologi Komunikasi Dakwah, Suatu Pengantar, Sembiosa Rekatama Media Bandung, 2015

Deddy Mulyana, Ilmu Komuniasi, Suatu Pengantar, Remaja Rosdakarya, Bandung , 2010.

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Toha Putra Semarang, 2004.

Faizah, Psikolog Dakwah, Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2006.

Elvinaro Ardiant, Public Relations, Suatu Pendekatan Praktis, Link: https://typoonline.com/KBBI/komunikasi

Ilyas Ismail, Filsafat Dakwah Islam, Kencana Prenada Media Group, Jakarta , 2006.

Munir, Manajemen Dakwah, Rahmat Semesta, Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2006.

Muhamad Mufid, Etika Dan Filsafat Komunikasi, Kencana Prenada Media Group Jakarta, 2009.

M. Quraish Shihab, Membumikan Al-Qur’an, Mizan Bandung, 1992.

Onong Uchana Efendi, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2008.

Toto Tasmara, Komunikasi Dakwah, Kencana Pranada Media Group Jakarta 2006.

Wahidin Saputra, Pengantar Ilmu Dakwah, Raja Grapindo Persada Jakarta, 2011.




DOI: https://doi.org/10.24952/tad.v2i2.2835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats