Pembelajaran Berbasis Masalah: Suatu Langkah Manajemen Pembelajaran dalam Menggali Kreativitas Belajar

Yuli Eviyanti (Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Indonesia)

Abstract


Manajemen pembelajaran ialah bentuk pengelolaan terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan jalannya proses pembelajaran. Dalam hal ini, terdapat tiga komponen mendasar dalam manajemen pembelajaran. Manajemen pembelajaran diperlukan untuk menjamin ketercapaian hasil pembelajaran yang berkualitas. Guna mencapai tujuan yang telah ditentukan, upaya yang maksimal perlu diterapkan dalam setiap rangkaian dari manajemen pembelajaran. Salah satu diantaranya adalah menerapkan konsep ataupun strategi pembelajaran yang tepat.  Melalui artikel ini, penulis melihat bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam tahapan pelaksanaan pembelajaran dapat memberikan sumbangsih yang positif bagi ketercapain hasil belajar, tepatnya pada aspek kreativitas belajar. Pembelajaran berbasis masalah mengarahkan siswa untuk memiliki kemampuan memahami dan menalar yang maksimal dan tepat sebagai upaya memecahkan masalah pembelajaran. Dengan kata lain, aspek konitif siswa akan berkembang dengan baik dalam pembelajaran berbasis masalah, sebab siswa diarahkan untuk mampu berpikir secara kreatif dan kritis dalam menemukan solusi terhadap masalah pembelajarannya. Hal ini terlihat jelas dari langkah-langkah aktivitas pembelajaran dalam pembelajaran berbasis masalah, seperti: 1). Orientasi siswa pada masalah; 2). Mengorganisasikan siswa untuk belajar; 3). Membimbing penyelidikan secara individual maupun kelompok; 4). Mengembangkan dan menyajikan hasil karya; dan 5). Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.  


Full Text:

PDF

References


Astuti, Kusuma, Retna. (2016). “Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa dalam Membuat Proyek Sains”. Pancasakti Science Education Journal. Tegal: Jurnal Pancasakti Science Education.

Atmayani, Dedek. (2009). “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Skala dan Perbandingan Dengan Problem Solving Di Kelas IV SD Swasta Teladan Binjai”. Artikel online. Di unduh pada Tanggal 8 Februari 2020.

Erwinsyah, Alfian. (2017). “Manajemen Pembelajaran dalam Kaitannya dengan Peningkatan Kualitas Guru”. Jurnal TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Volume 5. Nomor 1. Februari 2017. Gorontalo: Jurnal TADBIR.

Furi, Indah Meita Lani, dkk. (2018). “Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning dan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Peserta didik Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu”. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 35 Nomor 1 Tahun 2018.

Hamalik, Oemar. (2009). Hasil Belajar. Jakarta : Gramedia.

Harahap, Miswar. (2019). “Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia”. Jurnal Studi Multidisipliner Volume 6 Edisi 2 2019 M/1440 H. IAIN Padangsidimpuan: Jurnal Multidisipliner.

Ninoersy, dkk. (2019). “Manajemen Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum 2013 Pada SMAN 1 Aceh Barat”. Jurnal FITRAH. Vol. 05 No. 1 Juni 2019. IAIN Padangsidimpuan: Jurnal FITRAH.

Oktaviani, Nurjamilah, dkk. (2017). “Pengaruh Pembelajaran berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Hubungan Makanan dan Kesehatan”. Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 2. No. 2. Tahun 2017. Sumedang: Jurnal Pena Ilmiah.

Rusman. (2010). Mengajarkan Emotional Intelegence Pada Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sagala, Syaiful. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

___________. (2005). Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat: Strategi Memenagkan Persaingan Mutu. Jakarta: Nimas Multima.

Sari, Taula, Rona dan Angreni, Siska. (2018). “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahapeserta didik”. Varia Pendidikan, Vol. 30, No. 1, Juli 2018: 79-83.

Sastrawati, Eka. dkk. (2011). “Problem-based Learning, Strategi Metakognisi, dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa”. Jurnal Tekno-Pedagogi Vol. 1 No. 2 September 2011 : 1-14. Jambi: Jurnal Tekno-Pedagogi.

Slameto. (2002). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka cipta.

Simatupang, Nurhayati. (2016). “Meningkatkan Aktivitas dan Kreativitas Mahapeserta didik Jurusan Pendidikan Jasmani dan Rohani”. Jurnal Pedagogik Keolahragaan. Volume 02, Nomor 02, Juli - Desember 2016. Medan: Jurnal Pedagogik Keolahragaan.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja rosdakarya

Syah, Muhibbin. (2008). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda.

Trianto. (2009). Profesonalisme Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Medan: CV. Dharma.

Wicaksono. (2008). Problem Solving. Jakarta: Publishing One.

Yamin, Martinis. (2010). Desain Pembelajaran berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: GP Press.




DOI: https://doi.org/10.24952/tad.v2i2.2756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats