Konsep Dasar Manajemen Islam

Fauziah Nasution (Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Kejayaan peradaban Islam di masa lalu, dapat dicapai ummat dengan penerapan prinsip-prinsip manajemen yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadis.  Sebaliknya, kemunduran peradaban Islam disebabkan diabaikannya prinsip-prinsip Al-Qur’an dan Hadis tentang manajemen. Pada dasarnya “Ruh” manajemen yang profesional telah dicontohkan Allah SWT. dalam proses  penciptaan dan pengaturan alam semesta, dan diaplikasikan oleh Rasulullah SAW. Namun sangat disayangkan prinsip-prinsip manajemen yang terkandung dalam al-Qur’an dan Hadis kalah saing dengan teori-teori manajemen manusia.

Dewasa ini mulai dikenal manajemen syariah sebagai sebuah upaya “menggali  kembali” ilmu manajemen Islam berdasarkan al-Qur’an dan Hadis. Terdapat perbedaan mendasar antara manajemen Islam dengan manajemen konvensional. Manajemen Islam bersumber dari Al-Quran dan Hadis, beroreantasi pada keselamatan/kesejahteraan umat manusia di dunia akhirat dan terikat dengan nilai-nilai tauhid. Sedangkan manajemen konvensioanal  bersumber dari hasil pemikiran manusia, beroreantasi hanya pada kesejahteraan di dunia semata dan kering dari nilai-nilai spiritual yang pada akhirnya menimbulkan berbagai kendala dan masalah dalam pencapaian tujuan organisasi.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Ibrahim Abu Sinn, Manajemen Syariah (Sebuah Kajian Historis dan Kontemporer, Jakarta: RajaGrafindo Press, 2008.

Didin Hafidhuddin dan Hendri Tanjung, Pengantar Manajemen Syariah, Depok: Rajawali Press, 2019.

Al-Hawany, As-Sayyid Mahmud, Al-Idarah al-Ushul wa Ususil Ilmiyah, Kairo: tp., 1976.

Hisham Thalbah, Ensiklopedia Mukjizat Al-Qur’an dan Hadis, Bekasi: Sapta Sentosa, 2008.

Hornby A S ,Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English, Oxford University Press, t.tp.

Jawahir Tanthowi, Unsur-unsur Manajemen menurut ajaran Al-Qur’an, Jakarta: Pustaka al-Husna, 1983.

Junaidi, PRINSIP-PRINSIP DASAR MANAJEMEN DALAM ISLAM (Kajian Pendidikan Menurut Hadis Nabi), Jurnal Al-Idarah, Vol. 1, No. 1, Januari - Juni 2017.

Koordinator Da’wah Islam DKI, Idaarah Masjid/Manajemen Mesjid, Jakarta, KODI DKI, tt.

Muhammad, Manajemen Bank Syari’ah, Yogyakarta: UPP AMP YKPN, 2005

M. Quraish Shihab, Tafsir Al Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an vol. 15 ( Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Said Ramadhan Al-Buthy, The Great Episode of Muhamamd SAW. edisi Indonesia terj. Fedrian Hasman dkk. Bandung: Mizan, 2015.

Syahrin Harahap, Universitas Islam sebagai Pusat Pembaharuan, dalam Hasan Asari (ed.) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Memperkokoh Eksistensi Memperluas Kontribusi, Medan: Perdana Publishing, 2015.

Sondang P. Siagian, Filsafah Administrasi, Jakarta: Mas Agung, 1980.

Tuti Andriani, STAFFING DALAM ALQURAN DAN HADIS DITINJAU DARI MANAJEMEN PENDIDIKAN, dalam Jurnal Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilmu-ilmu Sosial dan Budaya, Vol. 12, No. 2 Juli- Desember 2015.

Tim Penerbit Edisi Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Biologi Dunia Hewan: Invertebrata jil. 7, Jakarta: PT Lentera badi,2008




DOI: https://doi.org/10.24952/tad.v1i2.2032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats