Peran Publik Relations Sebagai Sumber Eksternal

Nurfitriani M. Siregar (FDIK IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Institutions or companies that do not have good relations with the external (community) will certainly experience problems to promote the institution or agency, in this condition Public Relations are needed to build good relations. The purpose of this research is all the results or the level of progress that has been achieved must be clearly measured, considering Public Relation is a real activity. This fact clearly denies the false assumption that PR is an abstract activity. The approach method used in this research is the reseacrh library, with descriptive analysis method. The results of this study explain that the role of public relations in an institution, agency, and company is needed, to build a good relationship with the external (community). External sources can help the productive communication process with the community to promote institutions, agencies, or companies.

Keywords: Public Relations

 

Abstrak

Instansi atau perusahaan yang tidak memiliki hubungan baik dengan eksternal (masyarakat) tentu akan mengalami permasalahan untuk mempromosikan lembaga atau instansi tersebut, pada kondisi inilah dibutuhkan Publik Relation untuk membangun hubungan baik tersebut. Tujuan penelitian ini semua hasil atau tingkat kemajuan yang telah dicapai harus bisa diukur secara jelas, mengingat Publik Relation merupakan kegiatan yang nyata. Kenyataan ini dengan jelas menyangkal anggapan keliru yang mengatakan bahwa PR merupakan kegiatan yang abstrak. Adapun metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu library reseacrh, dengan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa peran publik relation dalam sebuah lembaga, instansi, dan perusahan sangat dibutuhkan, untuk membangun hubungan yang baik dengan ektsternal (masyarakat). Sumber eksternal dapat membantu proses komunikasi produktif dengan masyarakat untuk mempromosikan lemabaga, instansi, atau perusahaan.

Kata Kunci : Publik Relasi


Full Text:

PDF

References


Aceng Abdullah, Press Relations Kiat Behubungan Dengan Media Massa Bandung : Remaja Rosdakarya, 2001.

Ardianto, Elvinaro dan Soleh Sumirat. Dasar-dasar Public Relations, Cetakan Ketiga, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

AW Widjaja. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat Jakarta: Bumi Aksara, 1993.

Cutlip Scott M., et al, Effective Public Relations. Edisi kesimbilan, Cet 14. Kencana, Jakarta 2006

F. Rachmadi. Public Relations dalam Teori dan Praktek Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1992.

Jefkins, Frank. Public Relations.Jakarta: Erlangga, 2003.

Jefkins, Frank. Public Relations, Edisi Kelima, Direvisi Oleh Daniel Yadin, Jakarta: Erlangga, 2003.

Kasali, Rhenal. Manajemen Public Relations : Konsep dan Aplikasinya di Indonesia .Jakarta: Pustaka Utama Grafiti,2003.

Kriyantono, Rachmat. Teori Public Relations Perspektif Barat dan Lokal. Jakarta: Kencana, 2014.

Kusumastuti, Frida. Dasar-dasar Humas, .Bogor: Ghalia Indonesia, 2004

M. Linggar Anggoro, Estu Rahayu, Teori dan Profesi Kehumasan serta Aplikasinya di Indonesia Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2002.

Onong Uchjana Effendy, Humas Suatu Studi Komunikologis Bandung: PT.Remaja Rosda, 1992.

Diniasty, Pratika, Eksternal Public Relations dan Citra Perusahaan (Studi korelasional tentang Pengaruh Eksternal Public Relations dalam Meningkatkan Citra Perusahaan di Kalangan Nasabah Bank Sumut Cabang Marendal Kota Medan).




DOI: https://doi.org/10.24952/tad.v1i1.1793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats