Author Guidelines

AUTHOR GUIDELINES

TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosisal  Dan Keislaman

IAIN PADANGSIDIMPUAN

 

SISTEMATIKA TULISAN

Tulisan artikel terdiri dari: (1) judul, (2) abstrak, (3)pendahuluan, (4) landasan teori dan dan hipotesis (jika ada), (5) metode penelitian, (6) analisis dan pembahasan data, (7) kesimpulan, implikasi dan keterbatasan, dan (8) daftar rujukan. Penjelasan untuk masing-masing sub dalam rerangka artikel adalah sebagai berikut.

1.    Judul Penelitian

Judul harus menggambarkan inti masalah penelitian dan variabel-variabel yang terkandung di dalamnya secara tegas paling banyak 12 kata. (Center, Palatino Linotype 13, maks 12 kata Bhs. Ind. or 10 words in English)

2.    Nama Penulis

secara lengkap dengan tanpa gelar, Afiliasi (Pekerjaan dan instansi penulis), dan dibawahnya dicantumkan nomor email penulis.

3.    Abstrak

Bagian ini memuat ringkasan artikel dan berisi ide-ide pokok yang membuat pembaca tertarik dan berminat untuk membacanya (eye catching), misalnya masalah penelitian, temuan dan implikasi. Abstrak disusun dalam satu paragraph terdiri dari 75 – 125 kata dengan menggunakan Bahasa Inggris/Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia. Di bawahnya dicantumkan kata kunci (keywords) sebanyak  2 - 5 kata yang sangat khusus dan sering dipakai dalam artikel.

4.    PENDAHULUAN

Bagian ini berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, dan organisasi penulisan. Penulisannya tidak memakai sub judul (sub-heading).

5.    LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS (jika ada).

Pada bagian ini, secara jelas dan ringkas diuraikan teori-teori dan atau konsep yang dijadikan sebagai landasan dalam mengkaji masalah penelitian, dan hipotesis bila kajian yang dilakukan berbentuk penelitian kuantitatif. Di dalamnya juga dimuat secara integral kajian terdahulu berupa hasil-hasil penelitian yang hampir sama.

6.    METODE PENELITIAN

Bagian ini memuat langkah-langkah peneliti dalam melakukan penelitian, yakni terdiri dari jenis penelitian, subjek penelitian/populasi dan sample, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.

7.    PEMBAHASAN

Pembahasan penelitian merupakan pemaparan temuan-temuan penelitian secara padat dan jelas sesuai dengan pasal-pasal yang ada pada bab analisis dan pembahasan data hasil penelitian, tidak berbentuk susunan tabel data, dan jika dipandang tidak terlalu penting, juga tidak memuat tabel-tabel dan gambar-gambar.

8.    KESIMPULAN

Bagian ini merupakan simpulan hasil penelitian. Simpulan ditulis tanpa nomor, dan disajikan dalam dua atau  tiga paragrap yang ringkas. Di dalamnya juga dimuat implikasi  dan keterbatasan penelitian.

9.    DAFTAR PUSTAKA.

Semua sumber kutipan dan bahan bacaan yang digunakan penulis disajikan dalam bagian ini. Penulisan nama pengarang/penulis dari Indonesia tidak perlu dibalik. Format penulisan daftar rujukan sesuai contoh sebagai berikut.

a. Dari Buku oleh Satu Pengarang

Bambang Riyanto, Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi Kedua, Yogyakarta: Yayasan Badan Penerbit Gajah Mada, 1984.

Indra Bastian,  Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar, Jakarta: Erlangga, 2006.

b. Dari Buku oleh Dua Pengarang

Cohen, Morris R, dan Ernest Nagel, An Introduction to Logic and Scientific Method, New York: Harcourt, Brace & Co. 1939.

Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakir, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Kencana, 2008.

c. Dari Buku oleh Tiga Pengarang atau Lebih

Sukanto, R., dkk., Business Forecasting, Yogyakarta: Bagian Penerbitan Fakultas Ekonomi UGM, 1980.

Untuk buku yang penulisnya dari Eropa, istilah dkk diganti dengan et. al.

d. Dari Buku oleh Pengarang yang Sama

Van Horne, James C., Financial Management and Policy, Ninth Edition, New Jersey: Prentice-Hall International Editions, 1986.

_______,  Fundamentals of Financial Management, Sixth Edition, New Jersey: Prentice-Hall Inc., 1990.

Garis sebagai pengganti nama pengarang yang telah ditulis sebelumnya sebanyak 7 ketuk.

e. Dari Buku tanpa pengarang

Author’s Guide. Englewood Cliffs: Prentice-Hall., 1975.

Undang-Undang RI No. 7 tahun 1992 tentang Perbankan.

f. Buku oleh Lembaga, Pemerintah dan Organisasi Lain

Hasil-hasil Sidang Umum Majelis Musyawarah Rakyat Sementara RI ke IV Tahun 1966.

g. Surat Kabar

1) Artikel tanpa nama penulis dan judul.

Kompas (Jakarta), 28 Pebruari 2005, hlm. kolom ......

2) Artikel dengan judul dan nama penulis.

Allen, Maury. “A Grwowing Union,” New York Post. March 20, 2008. p. 4, kolom..

3) Artikel dengan judul tetapi tanpa penulis.

“Terpuruknya Dunia Bisnis Perbankan”, Jawa Pos, 30 September 2008. hlm. 3, kolom.........

4) Berita.

“Wamenag: Pencantuman Agama dalam e-KTP Penting”, Harian Analisa, 4 Januari 2014, hlm 1, kolom 3-6.

h. Jurnal, Buletin, Majalah dan Penerbitan Berkala.

Irlan Soejono dan A.T. Birowo, “Distribusi Pendapatan di Pedesaan Padi Sawah di Jawa Tengah”, Prisma, Vol..... No..... 1976, hlm. 26-32.

Snitzler, James R, “How Wholesalers Can Cut Delivery Costs”, Journal of Marketing, Vol. ..... No..... 1958.: p. 21-28

i. Hasil Penelitian

Faisal Kasryno et al., Perkembangan Institusi dan Pengaruhnya terhadap Distribusi Pendapatan dan Penyerapan Tenaga Kerja: Studi kasus di Empat Desa di Jawa Barat, Lembaga Penelitian IAIN Bandung, 1981.

j. Kertas Kerja Diskusi Panel, Seminar, Lokakarya, dan Orasi Ilmiah.

M. Damiri. “Perbankan di Indonesia, Suatu Tinjauan Era Deregulasi”, Makalah disampaikan pada ceramah Deregulasi Perbankan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya, pada tanggal ......................... di Surabaya.

Tim Dosen STIE Perbanas Surabaya. “Upaya Pemerataan Pembangunan Melalui Sektor Moneter”, Makalah Pelengkap Seminar Perbankan Surabaya, pada tanggal ........................... di Surabaya..

k. Bahan Tidak Diterbitkan (Mimeographed)

“Perkembangan Sektor Pertanian 1971/1972”, Jakarta: Departemen Pertanian. (Mimeographed), 1972.

l. Skripsi, Tesis dan Disertasi

Ida Triwahyuni, “Pentingnya Analisis Umur Piutang dalam Hubungannya dengan Pengendalian Outstanding Freight di Divisi Feeder PT. Samudera Indonesia Surabaya”, Skripsi, STIE Perbanas Surabaya. 1994.

m. Artikel dalam Ensiklopedia

Banta, Richard E., “New Harmony”, Encyclopedia Britanica, Vol. 16, 1968, p. 305

n. Wawancara

Surya Dharma Ali, Menteri Agama RI, Wawancara, Padangsidimpuan, 7 Januari 2014.

o. Observasi.

Erawadi, Direktur Program Pasca IAIN Padangsidimpuan, Observasi, Kecamatan Sayurmatinggi, 20 September 2014.

p. Terjemahan dari Pengarang Lain

Klinchin, A.I., Mathematical Foundations of Information Theory, diterjemahkan oleh Silverman, R.A. dan Friedman, M.D. New York: Dover, 1987.

Ritzer George, Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda, Terjemahan dari Judul Aslinya “Sosiology: a Multiple Paradigm Sciences”, oleh Alimandan, Jakarta, Rajawali Pers, 2009.

p. Internet

1) Rujukan dari Internet berupa Karya Individual

Donald, P. Harby W Gary, A Study on Agricultural Area Online Journals, 193-1997: “The Poverty among the Rich”, soton. ac.uk/study.html, diakses 12 Juni 1998, pukul......

2) Rujukan dari Internet berupa Artikel dari Jurnal

Hartono, “Peningkatan Kenerrja Buruh Perusahaan Melalui Reward System”, Jurnal Manajemen , (Online), Jilid 7, No. 3, http://www.malang.ac.id, diakses 10 Mei 2000, pukul ......

Tulisan-tulisan yang diakses dari internet harus dari lembaga resmi, yakni yang memiliki kode ac. id., ac.com., org., sch, edu.



OJS and Modified By IAIN Padangsidimpuan