PENGARUH KUALIFIKASI PENDIDIK DAN PENERAPAN BELAJAR SAMBIL BERMAIN TERHADAP KREATIFITAS PADA ANAK USIA ANAK DINI DI TAMAN KANAK-KANAK SE-KOTA PADANGSIDIMPUAN

Ali Asrun Lubis (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)
Muhammad Yusuf Pulungan (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)
Lis Yulianti Syafrida Siregar (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh antara kualifikasi Pendidik dan Penerapan Konsep Belajar Sambil bermain Terhadap Kreativitas pada Anak Usia Dini (PAUD) di Taman Kanak-kanak (TK) se-kota Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak ditentukan oleh faktor Kualifikasi Pendidik yang baik dan penerapan konsep belajar sambil bermain. Kemudian Terdapat pengaruh yang signifikan antara kualifikasi pendidik dan penerapan konsep belajar sambil bermain secara bersama-sama terhadap pengembangan kreativitas anak usia dini dengan hasil perolehan sebesar 97.124%. Hasil ini menjelaskan bahwa kemampuan pengembangan kreativitas anak sebesar 97.124% ditentukan oleh faktor Kualifikasi Pendidik dan Konsep Bermain Sambil Belajar secara bersama-sama

Keywords


teachers’ qualities, learning by games, and creativities

Full Text:

PDF

References


Asror, Miftahul. Mencetak Anak Berbakat. Surabaya: Jawara, 2012.

Atkinson, R.L., Atkinson, R.C., Smith, E.E., dan Bem, D.J. Pengantar Psikologi -Terj. Widjaja Kusuma-, (Batam Centre: Interaksara, 2003.

Chaplin, J.P. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Pers, 2007.

Conny, Belajar dan Pembelajaran Pada Tahap Usia Dini. Jakarta: Prenhallindo, 2012.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Apa, Mengapa dan Siapa yang Bertanggung Jawab Terhadap Program Paud?. Jakarta: Diknas, 2014.

------------- Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Diknas, 2014.

Hadi, Sutrisno & Yuni Pamardiningsih, Seri Program Statistik Versi 2000 (SPS-2000). Manual SPS Paket Midi, (Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM, 2011.

Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan pendekatan Kompetens., Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Hibana, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press, 2010.

Hidayat, Satibi. Menyiapkan Pendidik Profesional. Medan: makalah seminar Nasional, 2014.

Jamaris, Martini. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Grasindo, 2010.

Kementrian Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia, Panduan Program Nasional Bagi Anak Indonesia (PNBAI). Jakarta: 2014.

------------ Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, Jakarta: 2002

Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Martini, Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak Jakarta: Grasindo, 2006

Mc. Call, Parked dan Kavanaugh, Monographs of the Sochiety for Research in Child Development, 2007

Musen, Perkembangan Dan Kepribadian Anak. Jakarta: Erlangga, 2008.

Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2004.

Roestiyah, Masalah-masalah Ilmu Keguruan, Jakarta: Bina Aksara, 2009

Soemiarti, Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Theo, Rianto. Pendidikan Pada Usia Dini. Jakarta: Grasindo, 2009.

Tim PAUD, Mengapa Pendidikan Anak Usia Dini Itu Penting, (Medan: Universitas Negeri Medan, 2014

---------Undang-Undang Republik Indinesia nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Ekajaya, 2003.

---------Undang-Undang Republik Indinesia nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Jakarta: 2004.

Usman, Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosdakarya, 2009.

Yudrik, Tinjauan Terhadap Profil Profesionalisme Calon Guru TK Dimasa Datang. makalah disampaikan dalam acara pertemuan ilmiah FIP/JIP se Sumatera Utara, Medan: 2014.

Yusuf, Syamsu. Psikologi Perkembangan. Bandung: Rosdakarya, 2012.




DOI: https://doi.org/10.24952/tazkir.v2i2.515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community Services; Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia.
Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022
e-mail: lppm@uinsyahada.ac.id

 

Free counters!

View My Stats