PENGARUH PROMOSI DAN LOKASI USAHA TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PRODUK GIRO WADI’AH DI PT. BANK SUMUT CABANG SYARIAH PADANGSIDIMPUAN

BUDI GAUTAMA SIREGAR

Abstract


Dari judul tulisan ini jelas terlihat bahwa bank perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi meningkatnya jumlah nasabah, hal ini perlu dilakukan dalam rangka menindaklanjuti keberlanjutan dan keberadaan bank itu sendiri. Masalah dalam penelitian ini adalah dalam rangka memperhatikan seberapa besar pengaruh promosi dan lokasi terhadap jumlah nasabah produk  wadi’ah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan oleh promosi dan lokasi keberadaan bank dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk giro wadi’ah pada PT. Bank Sumut Syari’ah Cabang Padangsidimpuan dan untuk menentukan faktor mana yang lebih dominan diantara dua faktor tersebut. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sampel kuantitatif dengan angket sebagai instrumen penelitiannya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda, asumsi tes klasik, koefiecient determinan dengan menggunakan SPSS 22.00. hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lokasi Bank merupakan variable yang paling signifikan dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk Giro Wadi’ah di PT. Bank Sumut Syari’ah cabang Padangsidimpuan. Hasil ini dapat dilihat berdasarkan nilai uji F yang dilakukan dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 yang berarti bahwa dari uji yang dilakukan pada kedua variable ternyata faktor lokasi merupakan faktor yang lebih dominan. Data ini beristribusi normal, tidak memiliki heterokedastisitas, multikolinearitas, dan autokorelasi.

Keywords


promosi, lokasi bisnis, meingkatkan jumlah nasabah.

Full Text:

PDF

References


Ascarya, Akad & Produk Bank Syariah, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002

Adiwarman, dkk, Bank Islam: Analisis Fiqh dan Keuangan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2010

Damayanti Maysaroh, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah” Skripsi, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, 2014

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya”: Al-Jumanatul ‘Ali, Bandung:CV. J-Art, 2004

Dwi Suwiknyo, Kamus Lengkap Ekonomi Islam, Yogyakarta: Total Media, 2009

Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2012

Evi Yupitri , Faktor-faktor yang mempengaruhi non muslim menjadi nasabah Bank Syariah Mandiri di Medan, Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol. 1, No. 1 Desember 2012

Ety Roehaety dan Ratih Trisnaty, Kamus Istilah Ekonomi, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2005

Hasil konfirmasi dengan Karyawan PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan, Bagian Operasional, Pada Hari Jum’at, 20 Februari 2015, Pukul 11.20 Wib.

Hendi Suhendi, Figh Muamalah, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997

Ismail, Perbankan Syariah,Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2010

Irmawani Purba, Analisis Prilaku Konsumen dalam Memilih Produk Perbankan di Kota Pematangsiantar, Skripsi, USU, 2013

Komaruddin dkk, Kamus Istilah Karya Tulis Ilmiah, Jakarta: Bumi Aksara, 2006

Monle Lee dan Carla Jhonson, Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global, Jakarta: Kencana, 2007

Nurul Huda dan Mohammad Haykal, Lembaga Keuangan Islam:Tinjauan Teoritis dan Praktis, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010

Sunarto Zuklifli, Panduan Praktisi Transaksi Perbankan Syariah, Jakarta: Zikrul Hakim, 2002

Syafi’i Antonio, Bank Syariah dari Teori dan Praktek, Jakarta: Gema Insani, 2001

Tri Astuti et.al, Pengaruh Persepsi Nasabah Tentang Tingkat Suku Bunga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah” Jurnal

Toni Prasetyo Utomo, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Memilih Jasa Perbankan Syariah (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Malang), Skripsi, Universitas Brawijaya, 2013

Undang-Undang Republik Indonesia No. 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah

Philip Kotler et.al, Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang, 2007

Winda, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Deposito PT. Bank Tabungan Pensiunan, Tbk Cabang Medan, Skripsi, USU, 2009




DOI: https://doi.org/10.24952/tazkir.v2i2.508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community Services; State Institute for Islamic Studies Padangsidimpuan.

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.

Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: lp2miain.padangsidimpuan@gmail.com

 

Free counters!

View My Stats