Buku Al-Arabiyah Baina Yadaik pada Program Intensif Language Learning Pusat Pengembangan Bahasa IAIN Padangsidimpuan

Irsal Amin (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


ملخص

الكتاب المدرسي أحد من الشروط في تخصيل برنامج التعليم بسب أن كتاب المدارس الجودة تسهل الطلبة في فهم مجالات التعليم التي علمه المدرس. وكتاب المدارس يسمي به كتاب الذي سيتعلم الطلاب في وقت معين. كتاب اللغة العربية بين يديك وهو كتاب الذي تدرس المحاضرين في مركز تطوير اللغات بجامعة فدانغ سيديمفوان الإسلامية الحكومية في مجال التعليم اللغة العربية حتي يحتاج إلى المفاهيم الواضحة في تطبيقها لتحصيلة اهداف التعليم. هذا البحث هو بحث الوصفي لمعرفة تطبيق كتاب اللغة العربية بين يديك كتابا واجبا على الطلاب. الفرد من هذا البحث هو كتاب ومفروده تطبيقها عند الدرس اللغة العربية. والطريقة التي تستخدم في جمع البيانات مقابلة وملاحظة وتوثيقة تتعلق عن تطبيق الكتاب وأما في تحليلها بطريقة تحليل المضمون من البيانات التي جمعت في البحث. وجد الباحث أن إجراءات التعليم منظما ومرتبا مرجوعا إلى الأنشطة التعليمية الموجودة منها الأنشطة الإفتتاحية والأنشطة الإجراءاتية والختامية وكذالك لابد بالمهارة الأربعة وهي الإستماع والكلام والقراءة والكتابة. والمحاضرين لديهم الوقت الكثير لتعليم اللغة العربية بكتاب العربية بين يديك حتي يتمكنهم في أنشطة المتنوعة لترقية مهارات الطلاب في اللغة العربية.

الكلمة الإفتتاحية: كتاب المدارسي، البرنامج، المهارات

 

Abstrak

Buku ajar adalah salah satu penentu keberhasilan program pembelajaran, karena buku ajar yang berkualitas menjadikan peserta didik menjadi lebih mudah memahami materi ajar yang di ajarkan oleh pengajar. Buku ajar juga di sebut sebagai buku yang harus di pelajari oleh peserta didik dalam waktu yang di tentukan. Buku Al-arabiah baina yadaik adalah buku ajar yang diajarkan pada program intensif learning Pusat Pengembangan bahasa IAIN Padangsidimpuan pada mata kuliah Bahasa Arab sehingga membutuhkan konsep penerapan yang jelas sehingga mencapai tujuan yang terukur. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu menjelaskan bagimana penggunaan buku ajar Al-arabiah baina yadaik ini sebagai buku wajib dalam mempelajari bahasa Arab di Pusat Pengembangan Bahasa IAIN Padangsidimpuan. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah buku Al-arabiah baina yadaik, dan objeknya adalah penerapannya dalam mempelajari bahasa Arab. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen yang berkaitan dengan buku Al-arabiah baina yadaik dan penerapannya, dan Setelah mendapatkan data penelitian, kemudian di analisa dengan metode analisis konten. Proses pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan pengawasan yang jelas dan tersistem, dimana ada beberapa unsur pembelajaran yang harus terlaksana di dalamnya yang terdiri dari kegiatan pembuka, kegiatan inti dan penutup, serta harus memenuhi empat maharoh kebahasaan yang terdiri dari istima’, kalam, kitabah dan qiroah. Kemudian keterjaminan ketercapian materi ajar dan pemahaman mahasiswa akan menjadi lebih terjamin karena proses menggunakan waktu yang cukup dan memadai sehingga pendistribusian materi ajar semakin matang dan para pengajar mempunyai banyak kesempatan untuk melakukan pengayaan yang variatif untuk menunjang pembelajaran bahasa Arab.

Kata Kunci: buku ajar, program,maharoh.


Keywords


buku ajar, program,maharoh. ‎

Full Text:

PDF [INDONESIA]

References


Ahmad Fuad Effend. 2012. Metodologi Pegajaran Bahasa Arab. malang: Misykat.

Al-fauzan, Muhktar At-thohir Husain Abdur Rahman Bin Ibrahim. 2007. Silsilah Fi Ta’lim al-Lughoh al-Arabiah Li Ghoiri an-Nathiqina Bighairiha Al-Arabiah Baina Yadaik. Riyadh: Maktabah Al-ranis Al-arabiah liljami’.

A’yuni, Binti Maghfirotul. 2019. “Buku Ajar Arabiyah Baina Yadaik Sebagai Solusi Kreatif Mempelajari Budaya Arab Di Lingkungan Pondok Pesantren Salaf,” 16.

Chomsin, and S Widodo. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

D, Tarigan, and H.G tarigan. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Daulae, Hj. Tatta Herawati. 2016. “Pengaruh Motivasi Dan Metode Mengajar Terhadap Prestasi Mata Kuliah Hadits Mahasiswa Iain Padangsidimpuan.” TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman 2 (1): 91. https://doi.org/10.24952/tazkir.v2i1.404.

Hernowo‎. 2001. Mengikat Makna. Bandung: Kaifa.

Hilda, Lelya. 2015. “Internalisasi Nilai-Nilai Tauhid Pada Mata Pelajaran Sains Di SDIT Bunayya Padangsidimpuan.” TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman 1 (2): 17. https://doi.org/10.24952/tazkir.v1i2.359.

Menteri Pendidikan NasionaL and Republik Indonesia. 2008. “Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Buku.”

Muchtar, M Ilham. n.d. “Penerapan Metode Al-‘Arabiyyah Bayna Yadaik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Ma’had Al-Birr Makassar” 12 (1): 20.

Nurdyansyah, Nurdyansah, Riska Sugiarto, and Pandi Rais. 2018. “Pengembangan Buku Ajar Berbasis Majalah Anak Materi Wudlu Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa.” Halaqa: Islamic Education Journal 2 (2): 201–12. https://doi.org/10.21070/halaqa.v2i2.1772.

Pahlevi, Riza. 2021. “Analisis Buku Al-‘Arabiyyah Baina Yadaik Jilid I.” al-Ittijah : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Bahasa Arab 12 (2): 157–76. https://doi.org/10.32678/al-ittijah.v12i2.3630.

“Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.” 2005. Pemerintah Pusat.

Sa’dun Akbar. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Syaifullah, Muhammad, and Nailul Izzah. 2019. “Kajian Teoritis Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 3 (1): 127. https://doi.org/10.29240/jba.v3i1.764.

Tarigan‎. 1986. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Tian, Belawati. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori Dan Prakter. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Wiji Suwarno. 2011. Perpustakaan & Buku: Wacana Penulisan & Penerbitan. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yuniar, Yuniar, Fitri Hidayati, and Tiya Anggita. 2020. “Tatwir Barnamij Wondershare Quiz Creator ‘ala al-Kitab al-‘Arabiyyah baina Yadaik Kamasdar Ta’lim al-Mustaqil.” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 12 (1): 112–27. https://doi.org/10.24042/albayan.v12i1.6087.




DOI: https://doi.org/10.24952/tazkir.v7i1.3817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tazkir : Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community Services; Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia.
Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022
e-mail: lppm@uinsyahada.ac.id

 

Free counters!

View My Stats