Nurturing Akhlakul Karimah On Junior High School Students (A Case Study Of Alhusnayain Integrated Islamic Junior High School Panyabungan)

MUKHLIS LUBIS

Abstract


Fokus penelitian ini adalah bagaimana proses pembentukan akhlakul karimah pada siswa SMP agar tercipta anak didik yang berakhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembentukan akhlakul karimah pada siswa SMP, untuk mengetahui keadaaan akhlak siswa, peranan guru dalam pembentukan akhlak serta kelebihan dan kekurangan proses pembentukan akhlak siswa SMP Islam Terpadu Alhusnayain. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan Fenomenology. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan tekhnis analisis data yaitu mereduksi data, menyajikan data dan membuat kesimpulan. Sementara sumber data terdiri dari data primer yaitu data yang diperoleh dari guru, siswa dan unsur pimpinan, serta sumber data sekunder yaitu data yang berasal dari arsip-arsip sekolah. Temuan penelitian ini menginformasikan bahwa: (1) keadaaan akhlak siswa SMP Islam terpadu Alhusnayain dapat dikatakan sudah bagus, hanya saja perlu peningkatan kedepannya, (2) peranan guru dalam proses pembentukan akhlak siswa di SMP Islam terpadi Alhusnayain adalah: a) Guru sebagai pembimbing, b) Guru sebagai contoh, c) Guru sebagai penasehat. Proses pembentukan akhlak di SMP Islam Terpadu Alhusnayain, yaitu: 1) Proses pembelajaran menerapkan “one Gate System” (satu pintu keluar masuk), 2) Dala proses pendidikan, peserta didik diwajibkan untuk berasrama di sekolah dengan tujuan agar siswa tidak terpengaruh dengan lingkungan luar yang adapat menjerumuskn anak didik kejalan yang menyimpang. Dengan diasramakannya peserta didik para guru dapt membimbing 24 jam penuh, sehngga proses pembentukan akhlak tercapai sesuai dengan yang direncanakan. a) Dalam proses pembelajaran maateri yang diajarkan bukan saja materi agama akan tetapi materi umum juga. Jadi pengetahuan peserta didik tentang keagamaan dikuasai dan juga tentang umum, sehingga kedua ilmu tersebut dapat dikuasai secara bersamaan, b) Menerapkan bahasa Arab dan bahasa Inggris sebagai bahasa wajib komunikasi bagi para siswa pada hari dan area tertentu, c) Dengan menerapkan progran unggulan enam Juz Tahfidul Quran.

Keywords


Pembentukan, Akhlakul karimah

Full Text:

PDF

References


A, Bakar. Rosdiana, Pendidikan Suatu Pengantar, Bandung: Cita Pustaka, 2008.

Abi Hasan. Imam, Tafsir Nawawi , Tt.p: Nur asya.

Aceh, Abubakar, Pendidikan Sufi Sebuah Karya Mendidik Akhlak Manusia Karya Filosof Islam di Indonesia, Solo: Ramadhani, 1991.

Ahmadi. Abu, Psikologi Sosial, Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Ali. Abdul Halim Mahmud, Akhlak Mulia, Jakarta: Gema Insani, 2004.

Al-Nawawi. Imam, Etika Interaksi antara Dosen dan Mahasisiwa, IAIN Press: Perdana Mulya Sarana, 2011.

Arikunto. Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik , Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Asmaran As. Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: Raja Grafindo, 1994.

B. Milles. Mathew dan Michael Huberman, Analisis Data Kualitatif, Terj. Tjetjep Rohandi Rohidi, Jakarta: UI Press, 1992.

D. Marimba. Ahmad, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung al-Ma’arif, 1980.

Djatnika, Rachmat, Sistem Etika Islami Akhlak Mulia, Surabaya: Penerbit Mustaka Islam 1985.

Harianto. Dany, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Masa Kini, Solo: Delima, 2004.

Hasanuddin, Aqidah Akhlak, Bandung Rosda Karya, 2006.

J. Moleong. Lexi, Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: Rosda Karya, 2010.

Kartono. Kartini, Psikologi Umum, Bandung: Mandar Maju, 1996.

Mustafa.Ahmad, Akhlak Tasawuf , Bandung : Pustaka Setia, 1990.

Saefudin. Aziz dkk, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Sekawan, 2007.

Shihab. Qiraish, Wawasan Alquran, Bandung:Mizan, 2000.

Sjarkawi, Pembentukan Kepibadian Anak., Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2005.

Syamsuri, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Erlangga, 2006.

Syaodih Sukmadinata. Nana, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Jakarta: Bumi aksara, 2006.

Yakub, dkk, 2006, Pendidikan Agama Islam SMA Kelas X; MGMP; PAI Kab Kuningan.

Yayasan Penterjemah Alquran, Quran dan Terjemahannya, Bandung: Al-Ma’arif, 2007.

Yunus. Mahmud, Pokok-Pokok Pendidikan dan Pengajaran, Jakarta: Agung, 1978.

Zahruddin. AR dan Hasanuddin Sinaga. Pengantar Studi Akhlak., Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004.

Zuriah. Nurul, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.




DOI: https://doi.org/10.24952/tazkir.v3i2.2230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community Services; State Institute for Islamic Studies Padangsidimpuan.

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.

Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: lp2miain.padangsidimpuan@gmail.com

 

Free counters!

View My Stats