Teachers’ Teaching Styles To Match Students’ Learning Styles Of IAIN Padangsidimpuan

Sokhira Linda Vinde Rambe (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana para guru mencocokkan gaya mengajar mereka dengan gaya belajar siswa. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang menyelidiki dan menggambarkan fenomena gaya guru dalam mencocokkan gaya belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di IAIN Padangsidimpuan terhadap 10 kelas sebagai responden yang terdiri dari 222 siswa dan 10 guru. Untuk mengumpulkan data, kuesioner diberikan kepada siswa, wawancara dan observasi diberikan kepada guru. Kemudian, analisis data deskriptif diimplementasikan dalam menganalisis data yang dikumpulkan. Penelitian ini menemukan bahwa dari 222 siswa, 57 siswa adalah pelajar visual, 46 siswa adalah pelajar audio, 29 siswa adalah pelajar verbal dan 90 siswa adalah pelajar kinestetik. Sehubungan dengan gaya mengajar guru, terlihat bahwa hampir semua guru dianggap sebagai guru yang suka menyuruh siswa untuk membuat tugas otentik dan memberikan contoh terkait dengan konteks kehidupan nyata siswa. Selanjutnya, untuk mencocokkan gaya peserta didik kinestetik, para guru menyediakan banyak permainan, untuk mencocokkan peserta didik visual para guru menggunakan banyak gambar, untuk mencocokkan peserta didik audio guru juga memberikan penjelasan lisan, akhirnya untuk mencocokkan peserta didik verbal para guru memberikan penjelasan tertulis di papan tulis. Akhirnya, dapat disimpulkan bahwa guru telah mencoba mencocokkan gaya mengajar mereka dengan gaya belajar siswa. Namun, sangat dianjurkan bagi para peneliti berikutnya untuk menyelidiki gaya mengajar guru dan kaitannya dengan prestasi siswa

Keywords


learning styles, teaching styles, matching styles

Full Text:

PDF [INDONESIA]

References


Alwasilah, A. C. (2008). Pokoknya Kualitatif. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.

Brown, H. D. (2000). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Brown, L. B. (2003). Teaching Styles vs. Learning Styles. Educational Resources Information Center. No. 20.http://www.calpro-online.org/ERIC/textonly/docgen.asp?tbl=mr&ID=117.

Dunn, R & Dunn, K. (1979). Learning Styles/ Teaching styles: Should They, Can They be matched? Educational Leadership, Vol. 36, 238-244. .http://www.ascd.org/ASCD/pdf/journals/ed_lead/el_197901_dunn.pdf

Felder, R. M, & Brent, R. (2005). How Students Learn, How Teachers Teach,and What Usually Goes Wrong. Workshop Faculty Biographies. North Caroline: http://www.ncsu.edu/felder-public.

Felder, R.M., & Spurlin, J. (2005). Applications, Reliability, and Validity of the Index of Learning Styles [Electronic Version]. International Journal of English Education. Vol.21, No.1, pp.103-112.http://www4.ncsu.edu./unity/lockers/users/f/felder/public/ILSdir/ILS_ Validation(IJEE).pdf

Felder R. M. & Silverman, L.K. (2000). Learning and Teaching styles in Engineering Education. Journal of Engineering Education, Vol. 78. Available:http://www4.ncsu.edu/unity/lockers/users/f/felder/public/Papers/LS-1988.pdf

Ghada, S. et al. (2011). A Match or a Mismatch Between Students and Teachers’ Learning Style Preferences. International Journal of English Linguistic.https://www.researchgate.net/publication/272805401_A_Match_or_a_Mismatch_between_Student_and_Teacher_Learning_Style_Preferences

Grasha, A. (1996). Teaching with Style. Pittsburgh, PA: Alliance Publishers. http://cstl.semo.edu/cstl/workshops/tew/Teaching_Learning_Assessment/GrashaStyles.pdf. Accessed on April 2012.

Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching, Fourth Edition.United Kingdom: Pearson Education Limited.

Juris, M.F. (2009). Learning and Teaching Crossroads. Institute for Learning Styles Journal, Volume 1.

Kagan, S. (1994). Cooperative Learning. San Clemente, CA: Kagan Publishing. Http://www.kaganonline.com/.

Kaplan, E. J., & Kies, D. A. (1995). Teaching and learning styles: Which came first? Journal of Instructional Psychology, 22(1), 29-33.https://www.researchgate.net/publication/298791046

Kara, S. (2009). Learning Styles and Teaching Styles: A Case Study In ForeignLanguage Classroom. International Journal of Arts and Science.http://www.openaccesslibrary.org/images/BOS134_Selma_Kara.pdf

Kazu, I.Y. (2009). The Effect of Learning Styles on Education and the Teaching Process. Journal of Social Sciences 5(2): 85-94. Turkey: Science Publication.

Kelly, M. (2011). Understanding and Using Learning Styles. Available at:

Kefee, J.W. (1987). Learning Styles: Theory and Practice. National Association of Secondary School Principals. Reston. VA.http://nwlink.com/~donclark/hrd/styles.html

Kolb, D.A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Prentice Hall, New Jersey.

Kumaravadivelu, B. (1991). Language-learning tasks: teacher intention and learner interpretation. English Language Teaching Journal, 45/2, 98-107.

Miller, P. (2001). Learning Styles: The Multimedia of the Mind. Research Report. (ED 451 140)Oxford, M Hollaway & D. Horton-Murillo. (1992). Language learning style & strategies in the multicultural, tertiary L2 classroom-system, 20,3 , 439-456https://www2.caes.hku.hk/kenhyland/files/2012/08/learning-styles-relc.pdf

Oxford, R.L. (2003). Language Learning Styles and Strategies. Learning Styles & Strategies/Oxford, GALA. Available at:http://web.ntpu.edu.tw/~language/workshop/read2.pdf

Pratt, D. D. (2002). Good Teaching: One Size Fits All? New Directions for Adult and Continuing Education no. 93. P. 5-15.

Reid, J. (1987). The learning style preferences of ESL students. TESOL Quarterly, 21, 87-111.http://web.ntpu.edu.tw/~language/workshop/read2.pdfReid, J. (1995). Learning Styles in the EFL/ESL Classroom. Heinle & Heinle publisher.

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24952/tazkir.v5i2.2177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community Services; Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia.
Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022
e-mail: lppm@uinsyahada.ac.id

 

Free counters!

View My Stats