IMPROVING STUDENTS READING COMPREHENSION BY SURVEY, QUESTION, READ, AND WRITE (SQRW) STRATEGY AT GRADE VIII SMP NEGERI 1 PANYABUNGAN

YASPIAH YASPIAH (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini membahas tentang peningkatan pemahaman membaca siswa dengan strategi Survey, Question, Read, and Write (SQRW) di kelas VIII SMP Negeri 1 Panyabungan. Sebagian besar siswa memiliki prestasi membaca yang rendah, siswa tidak memiliki banyak kosakata, siswa tidak memiliki strategi yang baik dalam membaca. Permasalahannya dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Permasalahan dalam faktor internal adalah kesulitan siswa dalam mengidentifikasi kalimat topik, mengidentifikasi ide pendukung, mengidentifikasi makna kata yang sulit, mengidentifikasi informasi penting, serta mengidentifikasi kesimpulan. Permasalahan dalam faktor eksternal adalah motivasi, pindah ke kursi lain, berisik, dan meminta izin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pencapaian siswa dalam pemahaman membaca dan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman membaca siswa dengan menggunakan strategi survey, question, read, and write (SQRW) di kelas VIII SMP N 1 Panyabungan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan desain Kemmis yang terdiri dari empat langkah sebagai; perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Untuk memecahkan masalah siswa dalam membaca pemahaman, peneliti menerapkan strategi SQRW. The researcher used two cycles; every cycle consisted of two meetings. Selain itu, peserta penelitian ini adalah kelas VIII (23 siswa) dan ada kolaborasi dengan guru bahasa Inggris. Sementara itu, data berasal dari tes membaca pemahaman, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan peningkatan skor rata-rata siswa. Skor siswa pada siklus 1 adalah 53,69 (26,08%) dan skor siswa di siklus 2 adalah 75,65 (69,56%). Dari skor rata-rata siswa dalam siklus 1. Dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata pada siklus kedua lebih tinggi dari siklus pertama. Berdasarkan catatan observasi dinyatakan bahwa siswa mendapat peningkatan dan siswa lebih aktif dan tertarik untuk belajar membaca pemahaman. Terkait dengan hasil wawancara, dapat diketahui bahwa pemahaman membaca siswa telah meningkat. Ini menegaskan bahwa dengan menggunakan strategi SQRW meningkatkan pemahaman membaca siswa

Keywords


Pemahaman Membaca, Strategi SQRW, SMP Negeri 1 Panyabungan

Full Text:

PDF

References


Arisan Jaya. Improving Students’ Reading Comprehension by Using P2R (Preview, Read, Review) Strategy at Grade VIII Pondok Pesantren Al-Mukhlisisn Sumu. A Thesis, STAIN Padagsidimpuan, 2013.

Brown, H. Douglas. Language Assessment Principles and Classroom Practices. United Stated of America: Longman, 2004.

Burns, Anne. Doing Action Research in English Language Teaching. New York: Routledge, 2010.

Harris, Albert J. How to Increase Reading Ability. New York: David Mckay Company, 1969.

Indah Permata Sari. Improving Students’ Reading Comprehension by Using PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) Strategy at Grade VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. A Thesis, STAIN Padangsidimpuan, 2014.

List book of students’ value at SMP Negeri 1 Panyabungan, private Document, (SMP Negeri 1 Panyabungan 23th, 2014 at 11:30 am).

Mills, Geoffrey E. Action Research a guide for the Teacher Researcher. New Jersey: Prentice Hall, 2000.

Nunan, David. Practical English Language Teaching. New York: Mc Grow Hill, 2003.

Orlich, Donald C. Teaching Strategies A Guide to Better Instruction. D. C. Heath and Company: Texington Massachusets Toronto.

Otto, Wayne. How to Teaching Reading. Philippines: Addison-Wesley Publishing Company, 1979.

Richards, Jack C. Methodology in Language Teaching. New York: Cambridge University Press, 2002.

Rizka Ummul Khaira. The Use of SQRW Strategy increasing students’ ability in Narrative text at MA Darel Hikmah Pekanbaru. A Thesis, UNRI Pekanbaru, 2011.

Rochiati Wiratmadja, Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda, 2005.

Roebl, K. M. Developing Reading Comprehension Skills in EFL University Level Students. St. John’s University: Taiwane, 2003.

S. Stephen, Strichart and Charles T. Mangrum, Teaching Learning Strategies-and Study Skills to Students with Learning Disabilities, Attention Deficit Disorders or Special Needs//. (Browsed at April 18, 2015. Time 14.00 p.m).

Smith, Nil B and H. Alan Robinson. Reading Instruction for Today’s Children. Englewood Cliffs: 1980.

Suharsimi Arikunto, Menajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003.




DOI: https://doi.org/10.24952/tazkir.v3i2.1557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community Services; Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia.
Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022
e-mail: lppm@uinsyahada.ac.id

 

Free counters!

View My Stats