THE ANALYSIS OF TEACHERS’ STRATEGIES IN TEACHING READING COMPREHENSION AT SMAN 2 PADANG BOLAK

Siti Nurhamidah (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)
Syahid Muammar Pulungan (, Indonesia)
Eka Sustri Harida (, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini diangkat berdasarkan permasalahan yang ada dalam pengajaran reading comprehension.  Peneliti mengidentifikasi bahwa terdapat permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya dalam pengajaran reading comprehension. Tujuan penelitian ini adalah dalam rangka menemukan strategi pengajaran guru dalam mengajar reading comprehension dan masalah-masalah yang dihadapi guru dalam mengajar reading comprehension di SMA N 2 Padang Bolak. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan sumber data adalah guru-guru Bahasa Inggris, para siswa, dan Kepala Sekolah. Dalam rangka mengumpulkan data, para peneliti melakukan wawancara dan observasi pada sumber data penelitian, dan akhirnya data dianalisis melalui data managing, reading, classifying, dan interpreting. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa guru mengaktifkan skemata siswa untuk bisa memahami teks dalam kegiatan membaca dan membaca keras. Sementara masalah yang dihadapi guru dalam mengajar adalah rebut di kelas, malas belajar, tidak adanya media dalam pembelajaran, dan kurangnya  motivasi dari orangtua untuk belajar. Dalam hal ini disarankan kepada guru untuk melakukan beberapa hal seperti memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih giat belajar, memberikan nasehat bagi yang sering membuat keributan atau ketiduran pada saat belajar atau memindahkan tempat duduk dari satu tempat ke tempat lainnya, dan memberikan penghargaan atau hadiah bagi siswa yang mendapatkan pelajaran dengan cepat

Keywords


Guru; Strategi Guru; dan Reading Comprehension

Full Text:

PDF [INDONESIA]

References


Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif: Sebuah Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2005.

Harida, Eka Sustri. “USing Critical Reading Strategies: One Way for Assessing Students’ Reading Comprehension.” ISELT-4, 2016, 199–206. https://goo.gl/a3zyri.

Hornby, A.S, Oxford Advanced Learner’s Dictionary, New York: Oxford University Press, 2000.

Nasution, Dessyana. “The Teachers' Strategies on Teaching Reading Comprehension of Recount Text at Grade X of SMA Negeri 1 Simpang Empat," February 22, 2017. http://digilib.unimed.ac.id/23475/.

Nunan, David, Practical English Language Teaching, New York: Mc Graw-Hill, 2003.

Omagio Alice, Teaching Language in Context, New York: Heinle& Heinle. 2001

O’Malley, J. Michael and Valdez, pierce Lorraine, Authentic Assessment for English language learners, New York: Addison Wesley Publishing Company.

Otto, Wayne, et. al. How to Teach Reading, USA: Addison- Wesley Publishing Company. 1979/

Setiyadi, Bambang Ag, Teaching English as a Foreign Language, Yogyakarta: Graha Ilmu. 2006.




DOI: https://doi.org/10.24952/tazkir.v4i2.1149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community Services; Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia.
Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022
e-mail: lppm@uinsyahada.ac.id

 

Free counters!

View My Stats