THE EFFECT OF THE ARTIKULASI METHOD ON STUDENTS’ RESULTS IN THE GRAMMAR LESSON AT THE AL-MAARIF AL-SAADIYYA BOARDING SCHOOL, LIMA PULUH KOTA, WEST SUMATRA.

Rahma Mulia Putri* -  Universitas Islam Negri Sjech Djamil Djambek Bukttinggi, Indonesia
Debi Noferantes -  Universitas Al-azhar Kairo, Egypt
Oktarina Yusra -  Universitas Islam Negri Sjech Djamil Djambek Bukttinggi, Indonesia
Eka Rizal -  Universitas Islam Negri Sjech Djamil Djambek Bukttinggi, Indonesia
Nurhasnah Nurhasnah -  Universitas Islam Negri Sjech Djamil Djambek Bukttinggi, Indonesia

 

Pengaruh Metode Ilustrasi Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Tata Bahasa Di Institut Al-Maarif Al-Saadiyya Lima Poloh Kota Sumatera Barat   

Dalam skripsi ini, penulis mencari kajian tata bahasa. Kendala dalam mempelajari tata bahasa adalah banyak siswa yang mendapatkan hasil belajar di bawah Nilai Minimal Capaian (KKM). Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan metode pembelajaran grammar yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar grammar.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen kuantitatif dan desain pre-eksperimental dengan tipe one group prete postes design . Adapun metode analisis data yang digunakan adalah T-tes.Hasil pre-test grammar belajar adalah 50,25. Setelah menggunakan metode ini, rata-rata hasil post-test adalah 71,75. Penulis menemukan bahwa hasil perhitungan T adalah 3,927 dan tabel T adalah 2,131. Hasil perhitungan T lebih besar dari tabel T. Penulis sampai pada kesimpulan bahwa penggunaan metode pengucapan “Artikulasi berpengaruh pada peningkatan hasil belajar tata bahasa.

 

Pengaruh Metode “Artikulasi” Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Grammar Di Institut Al-Maarif Al-Saadiyya Lima Puluh Kota Sumatera Barat

Dalam penelitian ini penulis membahas pembelajaran nahwu. Permasalahan pembelajaran nahwu adalah banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar nahwu, sehingga hasil belajarnya di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil uji coba metode artikulasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran nahwu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan tipe pre-experimental one-group pretest-posttest dengan menggunakan T-test untuk menganalisis data. Hasil belajar nahwu pada pretest sebesar 52,25, dan hasil belajar nahwu setelah menggunakan metode artikulasi pada posttest sebesar 71,75. Hasil analisis data menunjukkan bahwa T-hitung adalah 3,927 dan T-tabel adalah 2,131. T-hitung lebih besar dari T-tabel; dengan demikian,

Keywords : طريقة التوضيح؛ Artikulasi ؛ نتائج الطلاب؛ درس النحو

  1. Krisno, Agus. Sintaks 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning(SCL) . Malang: UMM Press, 2019.

    Al Qisi, Majid. Al-Manahij wa Tharaiq Al-Tadris . Amman: Dar Amjad, 2018.

    Al-Razi. Mukhtar Al-Shihah . Vol. 1.Beirut, 1999.

    Al-Suyuthi. Al-Iqtirah Fi Ushul Al-Nahw . Diedit oleh Abdul Hakim Athiyah. Damaskus: Dar al-Bairuti, 2006.

    Amir, Mohammad Faizal. “Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Prosiding Seminar Pendidikan Nasional , 2015, 34–42.

    Arikunto, Suharsini. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . Vi. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

    Baharudin, Ilham. “Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sma Negeri 1 Bajo Efektifitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Penunjang Pembelajaran Minat Dan Pembelajaran Matematika Siswa Outc.” Jurnal Nalar Pendidikan 2, No. 2 (2014): 90–97.

    Eka Rizal. “Penggunaan Metode Tamayzim untuk Mengajar Aturan Tata Bahasa dan Dampaknya Terhadap Prestasi Siswa: Sebuah Penelitian Eksperimental di House of Tamayuz Institute di Indramayu, Jawa Barat.” Dis.Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim , 2013.

    Ekonomi, Pelajaran. “Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Debat Aktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran.” Jurnal Edukasi 5, No. 01 (2017): 57–66.

    Gea, Tonazaro. “Kemampuan Siswa Dalammengekspresikan Pikiran Dan Perasaan Melalui Kegiatan Bercerita Dengan Metode Artikulasi Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Tuhemberua Tahun Pembelajaran 2015/2016.” Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra 3, no. 1 (2018): 258–67.

    “Guru Nahwu, Pesantren Al-Ma'Arif Al-Sa' Adiyah, Wawancara Tanggal 22 Oktober 2021,” 2021, 2021.

    Hakim, Arif Rahman. “Mempermudah Pembelajaran Ilmu Nahwu Pada Abad 20.” Jurnal Al-Maqoyis 1, no. 1 (2013). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.18592/jams.v1i1.96.

    Hermawan, Izuddin Mustofa dan Acep. Metode Penelitian Bahasa Arab . edisi pertama. Bandung: PT. Remaja Rosadakarya, 2018.

    Kamili, Khadijah, dan Ayat Busyawarib. "Atsar Thuruq Al-Tadris 'ala Al-Tahshil Al-Dirasi." Jami'ah al-'Arabi bin Muhaidi Umm al-Bawaqi, nd

    Kurnia, Veni Tri, dan Aries Tika Damayani. “Keeefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3, no. 2 (2019): 192–201.

    Nasution, MK “Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Lantaboer Jakarta.” Korespondensi: Mardiah Kalsum Nasution, Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Lantaboer Jakarta. Surel. Kajian Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan 11, no. 1 (2017): 9–16.

    Nuryadi, Tutut Dewi Astuti, Endang Sri Utami, and M. Budiantara. Buku Ajar Dasar-Dasar Statist Penelitian , 2017.

    Rahmad Rajuli, Sri Utami, Maridjo Abdul Hasjmy. “Pengaruh Penerapan Model Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Pembelajaran Katulistiwa 5, No. 2 (2015): 10.

    Rizal, Eka, Oktarina Yusra, Zikra Wahyuni, and Hurriyatus Sa'adiyah. “Tamyiz; Metode Quantum Learning untuk Instruksi Qawaid.” In BICED 2019: Prosiding 1st EAI Bukittinggi International Conference on Education, BICED 2019, 17-18 Oktober 2019, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia . Aliansi Eropa untuk Inovasi no, 2019. https://doi.org/10.4108/eai.17-10-2019.2289737.

    Rosdianto Haris. “Pengaruh Model Generative Learning Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan ( JPFK) 3, no. 2 (2017): 66–69.

    Sa, Hurriyatus, and Iain Bukittinggi. “Tahlil Muhtawa Kitab Durus Al-Lughah Al-’Arabiyah Al-Juz’ Al-Awwal Li Al-Imam Al-Zarkasyi Wa Al-Imam Al-Syubbani Min Haitsu Al-Tarakib Wa Atsaruha Fi Fahm Al-Nushush Al-Islamiyah.” Islam Transformatif: Journal of Islamic Studies 02, no. 01 (2018). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30983/it.v2i1.736.

    “Siswa Pesantren Al-Ma’arif Al-Sa’adiyah, Wawancara Tanggal 22 Oktober 2021,” n.d.

    Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. 17th ed. Bandung: Alfabeta, 2013.

    Surur, Agus Miftakus, Moch. Erwin Wahyudi, and M Anggi Mahendra. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Perangsang Timbulnya Kompetensi.” Factor M: Focus ACTion Of Research Mathematic 2, no. 2 (2020): 141–56. https://doi.org/10.30762/f.

    Surya Wijaksono, Ahmad, Sri Subarinah, Nurul Hikmah, and Syahrul Azmi. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII SMP.” Journal of Mathematics Education and Application 2, no. 2 (2022): 567.

    Yeni Kartika, Ahmad Amin, Risdanila. “Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negri Karang Jaya.” Progran Studi Pendidikan Fisika : Lubuklinggau, 2015, 0–14.

    Zubaidah. "Taqabul Al-Lughah Fi Ta'lim Al-Adab Al-'Arabi." Dalam Al-Multaqa Al-'Ilmi Al-'Alami Li Al-Lughah Al-'Arabiyah , 645–52, 2018.

    Ahli tata bahasa, di mana Siraj Muhammad ibn al-Sari Abu Bakr al-Baghdadi. kamus sastra nd

    Muhammad Talafha Mahmoud al-Hiyari, Raeda Nuseirat. “Implikasi pendidikan kriteria teori penyalahgunaan dalam penggunaan hak dalam hukum Islam” 21, no. 4 (2014): 31.

    Zubik, Salem Farajez. “Konflik dalam Al-Qur’an (Studi Retorika).” Jurnal Pendidikan , 2022, 2. http://tarbawej.elmergib.edu.ly.


Open Access Copyright (c) 2022 RAHMA MULIA PUTRI
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan & Bahasa Arab

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

ISSN Print : 2355-8717 ISSN Online : 2721-8406

Jalan T. Rizal Nurdin,KM 4,5 Sihitang, Padangsidimpuan Tenggara Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan

 


View My Stats Counter


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.