تحليل حروف العطف ومعانيها في سورة النساء

Ismail Baharuddin* -  Dosen Pendidikan Bahasa Arab IAIN Padangsidimpuan, Indonesia
Sitroh Amni -  , Indonesia

Bahasa Arab terdiri dari beberapa huruf, bentuk, susunan dan dalil-dalil. Sorof terdiri dari jamid, musytak, isim dam fiil, dan fiil terdiri dari fiil madi, mudhorik dan amar. Dan dari pembagian huruf-huruf ada yang dinamkan huruf yang mengikut {harfu tawabi’} yaitu naat, athof, taukid dan badal. Di dalam surah an=Nisa’ terdapat beberapa huruf athof. Adapun tujuan peneliti membahas masalah ini ialah untuk mengetahui hut=ruf athof yang terdapat di dalam surah an-Nisa’ ayat 1-100 dan mengetahui makna-makna nya.

Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka. Sumber datanya diambil dari buku-buku yang berkaitan dengan judul dan metode mengumpulkan datanya ialah dengan mengumpulkan buku-buku yang berkaian dengan pembahasan kemudian menganalisanya. Adapun jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif.

Adapun sesudah peneliti membahas tentang judul analisis huruf athof pada surah an-Nisa’ peneliti mengambil  kesimpulan jumlah huruf athof yang terdapat dalam surah an-Nisa’ ayat 1-100 dengan huruf athof   wa  terdapat di 79 ayat dengan huruf athof 206, fa terdapat di 23 ayat dengan huruf athof 29, Au terdapat di 14 ayat dengan huruf athof 22, dan Tsumma terdapat di 4 ayat dengan huruf athof 4. Adapun makna nya ialah wa bimakna لمطلق الجمع, fa bimakna للترتيب والتعقيب, Tsumma bimakna للترتيب والتراخى dan Au bimakna للتخيير. Adapun jumlah huruf athof di surah an-Nisa’ ayat 1-100 adalah 261.

Keywords : Huruf Athaf, Analisis Makna Huruf Athaf Dalam Surat Annisa’

  1. احمد مصطفى المراغي، تفسير المراغي (حقوق الطبع محفوظة، عدم السنة) الشيخ محمد ابن احمد بن عبد البارى الأهدل، الكواكب الدرية،(مكتبة السروق الدولية2007) الشيخ محمد ابن احمد بن عبدالبارى الأهدل، الكواكب الدرية، (الحرمين،2001) الشيخ مصطفى العلاييني، جامع الدروس العربية،(مكتبة الشروك الدولية،2007) العلامة السيد أحمد زيني دحلان، شرح مختصر جدا على متن الآجرومية، (الحرمين، 2001) علي توفيق الحمد، المعجم الوافي في النحو العربي،(بيروت، دارالجيل) مصطفى الغلاييني، جامع الدروس العربية، ج. ۱، (بيروت- لبان: دار الفكر، ٢٠٠٧) الأستاذالدوتور عبده الراجحى، التطبيق النحوى، (دارالمعرفة الجامعية2012) الشيخ امام الصنهاجى، متن الأجرومية،(علم جاياميدان) الأستاذالدوتور عبده الراجحى، التطبيق النحوى، (دارالمعرفة الجامعية2012)

Open Access Copyright (c) 2020 Ismail Baharuddin, Sitroh Amni
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan & Bahasa Arab

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

ISSN Print : 2355-8717 ISSN Online : 2721-8406

Jalan T. Rizal Nurdin,KM 4,5 Sihitang, Padangsidimpuan Tenggara Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan

 


View My Stats Counter


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.