PENGARUH ARUS KAS OPERASI DAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PT. INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA TBK

Nurul Wahyu (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Jasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)

Abstract


PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk bergerak dibidang produsen semen. Arus Kas Operasi mengalami penurunan sedangkan Profitabilitas mengalami kenaikan. Hal tersebut bertentangan dengan teori bahwa jika Arus Kas Operasi mengalami peningkatan maka akan meningkatkan Profitabilitas. Dan Modal Kerja mengalami penurunan sedangkan Profitabilitas mengalami kenaikan. Hal tersebut bertentangan dengan teori bahwa jika Modal Kerja mengalami peningkatan maka akan meningkatkan Profitabilitas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh Arus Kas Operasi dan Modal Kerja terhadap Profitabilitas pada PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Arus Kas Operasi dan Modal Kerja terhadap Profitabilitas pada PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Kemudian hubungan Arus Kas Operasi dengan Profitabilitas dan hubungan Modal Kerja dengan Profitabilitas. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sumber data yang digunakan adalah data sekunder dalam bentuk laporan keuangan dari PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, sampel yang digunakan sebanyak 44 sampel. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Data diperoleh melalui website yaitu www.indocement.co.id. Kemudian diolah dengan bantuan SPSS Versi 26. Uji yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial (uji t) arus kas operasi dan modal kerja berpengaruh terhadap profitabilitas pada PT Indocement Tunggal Prakarsa dan secara simultan (uji f) arus kas operasi dan modal kerja berpengaruh terhadap profitabilitas pada PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.

Kata Kunci: Arus Kas Operasi, Modal Kerja, Profitabilitas


Full Text:

PDF

References


Agus Zainul Arifin. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Zahir Publishing, 2018.
Agustine Rice. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Laba Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Wira Ekonomi Mikroskill, Vol. 6, No. 1 (2016).
Arief Tri Hardianto dan Stefan Michael Benyamin Bertus. “Analisisis Kinerja Perusahaan Berdasarkan Arus Kas Pada PT. Indomobil Sukses Internasional Tbk.” JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi), Vol. 1, No. 2 (2015).
Azhari Akmal Tarigan. Tafsir Ayat-Ayat Ekonomi Al-Quran : Sebuah Eksplorasi Melalui Kata-Kata Kunci. Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2012.
Departemen Agama. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Cordoba, 2019.
Duwi Priyatno. SPSS 22: Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2014.
Erwin Diah Astawinetu dan Sri Handini. Manajemen Keuangan Teori dan Praktek. Jakarta: Scopindo Media Pustaka, 2020.
Hantono. Konsep Analisa Laporan Keuangan Dengan Pendekatan Rasio dan SPSS. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
Henny Yulsiaty dan Wayu Aulia. “Pengaruh Kebutuhan Modal Kerja Terhadap Likuiditas Perusahaan Asuransi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Akuntanika. Vol. 1, No. 1 (2015).
Heri. Kajian Riset Akuntansi. Jakarta: PT. Grasindo, 2017.
Hery. Rahasia Cermat dan Mahir Menganalisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Grasindo, 2015.
Irham Fahmi. Manajemen Keuangan Perusahaan dan Pasar Modal. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2014.
Irsan Anshari dan Maisaroh. “Analisis Pengaruh Arus Kas Operasi dan Modal Kerja Bersih Terhadap Laba Bersih (Studi Kasus Pada PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk).” Jurnal Akuntansi, Vol. 12, No. 1 (2018).
Iwan Hermawan. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed Method. Kuningan: Hidayatul Quran, 2019.
Jack Guins. Cara Mudah Memahami Istilah Investasi. Jakarta: PT. Mizan Sentosa Publika, 2010.
Jumingan. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2012.
Junaidi. “Pengaruh Arus Kas Operasi, Leverage, Pertumbuhan Penjualan dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Monufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2008-2017.” (Tesis UINSU, 2019), t.t.
Misbah Nuryayi dan Dedan Edwar Yokeu Bernardin. “Pengaruh Biaya Operasional dan Arus Kas (Aktivitas Operasi) Terhadap Profitabilitas Pada PT. Pindad (Persero) Bandung.” Jurnal Ecodemica, Vol. 11, No. 1 (2015).
Munawir. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty, 2015.
Muslich Anshori dan Sri Iswati. Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press, 2017.
Mutia Raisa Nasution. “Analisis Rasio Profitabilitas Sebagai Alat Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada PT. Jayawi Solusi Abadi.” (Skripsi UINSU, 2018), t.t.
Nagian Toni. Determinan Nilai Perusahaan. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing, 2021.
R. Gunawan Sudarmanto. Statistik Terapan Berbasis Komputer dengan Program IBM SPSS Statistik 19. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2013.
Richky Prabowo. “Analisis Pengaruh Struktur Modal, dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sektor Otomatif di Indonesia.” Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, Vol. 10, No. 1 (2019).
Rochmat Aldi Purnomo. Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. Ponorogo: CV. Wade Group, 2017.
Sandu Siyoto dan M. Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.
Siammi Pangartiningsih dan Lailatul Amanah. “Pengaruh Arus Kas dan Modal Kerja Terhadap Tingkat Profitabilitas.” Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi Vol. 5, No. 1 (2016).
Subramanyam dan John J. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Salemba Empat, 2010.
Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatfi, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung, 2019.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
———. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2017.
Tania Iskandar, dkk. “Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Struktur Modal dan Likuiditatas Terhadap Profitabilitas Perusahaan Industri dan Chemical di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Jom Fekom, Vol. 1, No. 2 (2014).
Tuti Fitriani dan Abu Bakar. “Analisis Pengaruh Arus Kas Operasi dan Arus Kas Investasi Terhadap Profitabilitas Perusahaan Pada PT. Multi Sukses.” Jurnal STIE, Vol. 1, No. 1 (2017).
V. Wiratna Sujarweni. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.