ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI KELAPA SAWIT (STUDI KASUS DI DESA BALAKKA KECAMATAN PADANG BOLAK JULU KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA)

Kasih Marito Simamora (Universitas Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Rukiah Rukiah (Universitas Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Ihdi Aini (Universitas Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang pendapatan petani kelapa sawit menurun setiap bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh tenaga kerja, keterampilan, harga dan infrastruktur jalan secara parsial dan simultan terhadap pendapatan petani kelapa sawit. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan kuisioner dengan jumlah sampel 50 responden. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS Versi 23. Hasil penelitian bahwa tenaga kerja tidak berpengaruh terhadap pendapatan petani kelapa sawit, keterampilan berpengaruh terhadap pendapatan petani kelapa sawit, harga tidak berpengaruh terhadap pendapatan petani kelapa sawit, infrastruktur jalan tidak berpengaruh terhadap pendapatan petani kelapa sawit. Secara simultan bahwa tenaga kerja, keterampilan, harga dan infrastruktur jalan berpengaruh terhadap pendapatan petani kelapa sawit. Kata Kunci: Keterampilan, Pendapatan 

Full Text:

PDF

References


Ali Chaerudin, Manajemen Pendidikan dan Pelatihan SDM, Jawa Barat: CV Jejak, 2019. Arlina Permatasari & Maya Indrasti Notoprayitno, Infrastruktur Air dan Konflik Bersenjata, Bandung: Media Sains Indonesia, 2021.Boedi Abdullah dan Beni Ahmad Saebani, Metode Penelitian Ekonomi Islam (Muamalah), Bandung, Pustaka Setia, 2014.Danang Suntoyo, Dasar-dasar Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: CAPS, 2014.Khairul Rizal, Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Pendapatan Petani Kelapa Sawit, Malang: Literasi Nusantara, 2021.Muhammad Firdaus, Manajemen Agribisnis, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.Paul Michael Todaro, Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga, Jakarta: Erlangga, 2013.Suherman Rosyidi, Pengantar Teori Ekonomi , Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Jakarta: Alfabeta, 2012.Sry Devi Tarigan & Rahmat Syumanjaya, “ Analisis Pengaruh Kualitas Infrastriktur Jalan Terhadap Harga-Harga Hasil Pertanian Di Kecamatan Dolok Silau”, dalam Jurnal Ekonomi dan Keuangan Vol. 1 No, 6 Juni 2013.Sudaresti & Yoyon Suryono,” Penguasaan Keterampilan dan Motivasi Kerja terhadap Tingkat Pendapatan Ibu Rumah Tangga di Desa Murtigading Bantul”, dalam Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 2 No, 1 Maret 2015, hlm. 70-71.Susaryono, Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi, Yogyakarta:CV. Andi Offset, 2016.Tunjung, “Analisis Efisiensi Pengelolaan Persediaan Bahan Baku Kedelai pada Perusahaan Kecap PT Lombok Gandaria Food Industry Palur Karanganyar”, Skripsi, Lombok, Universitas Mataram, 2010.Wawancara dengan Petani Kelapa Sawit Desa Balakka Kecamatan Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara, Maret 2022.Wawancara dengan Toke Sawit, Maret 2022.Wawancara Dengan Kepala Desa Balakka Kecamatan Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara, 28 Maret, 2022.Wirdayani Wahab dkk,” Pengaruh Harga dan Biaya Terhadap Pendapatan Petani Kelapa Sawit pada Kud Cinta Damai di Kecamatan Tapung Hilir”, dalam Jurnal Eko dan Bisnis (Riau Economics and Bussines Reviewe), Vol. 10 No. 1, 2019.Yopi Yusepa, dkk, “Pengaruh Harga Kopi Terhadap Pendapatan Petani pada Distributor Al-Azam di Kecamatan Sungai Are Kabupaten Oku Selatan, “Jurnal Manajemen Vol. 8 (2020).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.