Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Konsep Value For Money pada Kegiatan Dinas Sosial Kabupaten Padang Lawas Utara

Fanisah Yuli Yanda (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Abdul Nasser Hasibuan (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)
Arti Damisa (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)

Abstract


Dinas Sosial Kabupaten Padang Lawas Utara merupakan sektor publik yang membantu urusan pemerintah dalam bidang sosial. Dalam penelitian ini, Dinas Sosial Kabupaten Padang Lawas Utara lebih mengutamakan pengelolaan input, namun masih kurang memperhatikan output dan outcome. Sehingga dibutuhkan pengukuran kinerja keuangan menggunakan value for money. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan Dinas Sosial Kabupaten Padang Lawas Utara pada program pemberdayaan sosial dan penanganan fakir miskin, program perlindungan dan jaminan sosial, serta program rehabilitasi sosial tahun 2020-2021 diukur dari tingkat ekonomis, efisiensi, dan efektivitas.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Peneliti menggunakan data sekunder yaitu laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dan data primer dengan menyebarkan angket. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, dan angket. Data kemudian dianalisis menggunakan value for money yang terdiri dari tiga elemen yaitu ekonomis, efisiensi, dan efektivitas. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling incidental dengan pengambilan jumlah sampel sebanyak 123 responden, dan diuji dengan validitas dan reliabilitas guna mengukur keandalan data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengukuran kinerja keuangan menggunakan konsep value for money pada program pemberdayaan sosial dan penanganan fakir miskin tahun 2020-2021 masuk dalam kategori ekonomis, efisiensi, dan belum mencapai dengan efektivitas yang baik. Kemudian pada program perlindungan dan jaminan sosial tahun 2020-2021 masuk dalam kategori ekonomis, dan pada tahun 2020 tergolong efisiensi berimbang, sedangkan pada tahun 2021 tergolong efisiensi, namun pada tahun 2020-2021 belum mencapai efektivitas yang baik. Kemudian untuk program rehabilitasi sosial untuk tahun 2020-2021 masuk dalam kategori ekonomis, dan pada tahun 2020 berjalan dengan efisiensi, namun pada tahun 2021 belum mencapai efisiensi dengan baik, dan tahun 2020 belum mencapai efektivitas yang baik, sedangkan pada tahun 2021 mencapai efektivitas berimbang.

 

Kata Kunci: Efektivitas, Efisiensi, Ekonomis, Kinerja Keuangan, Value For Money


Full Text:

PDF

References


Abdul Halim dan Muhammad Syam Kusufi, Teori Konsep dan Aplikasi Akuntansi Sektor Publik dari Anggaran hingga Laporan Keuangan dari Pemerintah hingga Tempat Ibadah, Jakarta: Salemba Empat, 2013.

Abdul Hamid dan Ilyas Lamuda, Evaluasi Kinerja Keuangan Melalui Pendekatan Value For Money Gorontalo, Accounting Journal, Vol. 02, No. 1, April 2019.

Abdul Nasser Hasibuan, dkk., Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan, Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam, Vol. 5, No. 2, Desember 2019.

Abdul Nasser Hasibuan, Akuntansi Keuangan Menengah, Jakarta: Kencana, 2020.

Ahmad Nizar Rangkuti, Statistik untuk Penelitian Pendidikan, Bandung: Citapustaka Media, 2014.

Ali Mutasowifin, Intisari Analisis Kinerja Keuangan, Bogor: Mahameru Publishing House, 2014.

Anik Yuesti, dkk., Akuntansi Sektor Publik, Bali: CV. Noah Aletheia, 2020.

Ayu Septiana, Dewi Susilowati, dkk., Standar Pelayanan Minimal, https://www.academia.edu/37796665/STANDAR_PELAYANAN_MINIMAL_SPM_STANDAR_PELAYANAN_MINIMAL_SPM_, 17 Oktober 2021.

Beby Nurtesha Putri, Analisis Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kubu Raya, Jurnal Akuntansi Maranatha, Vol. 11, No. 2, November 2019.

Budi Darma, Statistika Penelitian Menggunakan SPSS, Jakarta: Guepedia, Agustus 2021.

Dwi Purwiyanti, Analisis Kinerja Berbasis Konsep Value For Money pada Kegiatan Fisik Pekerjaan Irigasi Donggala Kodi, e Jurnal Katalogis,Vol. 5, No. 3, Maret 2017.

Elidawaty Purba, dkk., Metode Penelitian Ekonomi, Pematangsiantar: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Erasma Fitilai Zalog dan Progresif Buulolo, Analisis Kinerja Dinas Pertanian Kabupaten Nias Selatan dengan Pendekatan Value For Money Periode 2018,19 September 2020.

Fitriani, Analisis Value For Money dalam Pengukuran Kinerja Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bulukumba, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar, 2017.

Francis Hutabarat, Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan, Banten: Desanta Muliavisitama, 2020.

Gabriela Thalia wuwungan, dkk., Penerapan Metode Value For Money Sebagai Tolak Ukur Penilaian Kinerja Keuangan pada Organisasi Sektor Publik di Dinas Kesehatan Kota Manado, Jurnal Riset Akuntansi, 14 April 2019.

Habib Muhsin Syafingi, Konstitusionalitas Standar Pelayanan Minimal,Jurnal Hukum Novelty, Vol. 8, No. 2, Agustus 2017.

Halkadri Fitra, Analisis Neraca dan Laporan Realisasi Anggaran Pemerintah Daerah, Purwokerto: CV. IRDH, 2019.

Handoko A. Hasthoro dan Sunardi, Tata Kelola Publik dan Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah di Indonesia, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 19, No. 1, April 2016.

Hery, Analisis Laporan Keuangan, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014.

Https://setdakab.padanglawaskab.go.id/wp-content/uploads/2016/11/perda-pp-18, 20 Mei 2022.

Https://padanglawasutarakab.go.id/read/9/sejarah-padang-lawas-utara, 20 Mei 2022.

Isna Ardila dan Ayu Anindya, Analisis Kinerja Keuangan dengan Pendekatan Value For Money pada Pengadilan Negeri Tebing Tinggi, Jurnal Riset Akuntansi & Bisnis, Vol. 15, No. 1, 2015.

Jamaluddin Majid, Akuntansi Sektor Publik, Gowa: Pusaka Almaida, November 2019.

Jenefer Hermina Worotikan, dkk., Analisis Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Minahasa, Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, Vol. 13, No. 4, 2018.

Kasmir, Analisis Laporan Keuangan, Jakarta: Rajawali Pers, 2018.

Kementerian Agama Republik Indonesia, Mushaf An-Nur Al-Qur’anul Karim, Jakarta Timur: Maktabah Al- Fatih, 2015.

Laporan Indikator Belanja Langsung Dinas Sosial Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun 2021.

M. Ramadhani, dkk., Peran Dinas Sosial dalam Penanggulangan Anak Jalanan di Kota Banjarmasin,Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 6, No. 11, Maret 2016.

M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah Pesan Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Vol. 5, Cilandak Timur: Lentera Hati, 2002.

M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Vol. 7, Jakarta: Lentera Hati, 2002.

M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah Pesan Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Vol. 9, Jakarta: Lentera Hati, 2002.

M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah Pesan Kesan dan Keserasian Al-Qur'an, Vol. 13, Pisangan Ciputat: Lentera Hati, 2012.

Mahmudi, Akuntansi Sektor Publik, Yogyakarta: UII Press, Maret 2016.

Mardiasmo, Akuntansi Sektor Publik, Yogyakarta: Andi, 2018.

Marsella Lasut, Evaluasi Pelaksanaan Sistem Akuntansi Belanja pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Minahasa Selatan Sesuai PP No 71 Tahun 2010, Jurnal Riset Akuntansi, Vol. 12, No. 2, 2017.

Martinus Syamsudin, Implementasi Standar Pelayanan Minimal Masyarakat Desa Ujung Kempas Kecamatan Ketungau Hulu, Fokus, Vol. 19, No. 1, Maret 2021.

Meriyatus Sofiani dan Endang Dwi Retnani, Analisis Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja pada Instansi Pemerintah Dinas Sosial Kota Surabaya, Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol. 8, No. 11, November 2019.

Mohamad Mahsun, Pengukuran Kinerja Sektor Publik, Tangerang: Universitas Terbuka, 2019.

Muindro Renyowijoyo, Akuntansi Sektor Publik Organisasi Non Laba, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2013.

Muri Yusuf, Metode Penelitian, Jakarta: Kencana, 2017.

Ni Ketut Riani, Strategi Peningkatan Pelayanan Publik, Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 1, No. 11, April 2021.

Nunuy Nur Afiah, dkk., Akuntansi Pemerintah Daerah Berbasis Akrual pada Entitas Akuntansi, Jakarta: Kencana, 2020.

Nurhamida, Wawancara dengan Masyarakat Penerima Bantuan Dinas Sosial Kabupaten Padang Lawas Utara, 5 Desember 2021.

Nur Zeni Amilia Putri, Analisis Value For Money pada Kinerja Keuangan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, 2020.

Ongku Bangsawan, Wawancara dengan Kepala Dinas Sosial di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Padang Lawas Utara, 6 Desember 2021.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2014 Tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja, dan Tata Cara Analisis atas Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, https://peraturanpedia.id/permenpan-rb-nomor-53-tahun-2014/, 8 Maret 2022.

Putri Ariella Belinda dan Nevi Costari, Pentingnya Implementasi Akuntansi Sektor Publik dalam Suatu Instansi Pemerintahan, Jurnal Mahasiswa Akuntansi Unita, Vol. 1, No. 1, 2021.

Rahmat Tantowi, Standar Pelayanan Minimal Sebagai Strategi dalam Meningkatkan Pelayanan Publik, Jurnal Samudra Ekonomika, Vol. 3, No. 2, 2019.

Rochmat Aldy Purnomo, Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS, Ponorogo: CV. Wade Group, 2016.

Rusdiani dan Nasihudin, Akuntabilitas Kinerja Penelitian, Bandung: Pusat Penelitian dan UIN SGD Bandung, Agustus 2018.

Sandu Siyoto dan M. Ali Sodik, Dasar Metodologi Penelitian, Kediri: Literasi Media Publishing, 2015.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: CV. Alfabeta, Maret 2012.

Surajiyo, dkk., Penelitian Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Teresia Atikapuspa Wardhani, Analisis Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah dengan Pendekatan Value For Money,Skripsi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2017.

Tiarona, Wawancara dengan Masyarakat Penerima Bantuan Dinas Sosial Kabupaten Padang Lawas Utara, 5 Desember 2021.

Triniyati, Analisis Kinerja Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun dengan Pendekatan Value For Money Periode Tahun 2015-2017, Skripsi, Universitas Negeri Sumatera Utara Medan, 2018.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Pasal 18 Ayat 2 Tentang Pemerintah Daerah, https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38685/uu-no-23-tahun-2014,7 Maret 2022.

Yosie Dwinanda, Analisis Value For Money dalam Pengukuran Kinerja pada Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Skripsi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2018.

Zaenal Mukarom dan Muhibudin Wijaya Laksana, Membangun Kinerja Pelayanan Publik Menuju Clean Government and Good Governance, Bandung: Pustaka Setia, Februari 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.