PENGARUH PENGGUNAAN TAGLINE GRATIS ONGKIR DAN ONLINE COSTUMER RATING TERHADAP MINAT BELI PRODUK PAKAIAN MUSLIM (Studi Pada Mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan)

Romadhonna Siregar (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)
Muhammad Isa (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)
Adanan Murroh Nasution (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Perkembangan teknologi menyebabkan perubahan perilaku konsumen yang awalnya berbelanja melalui offline shop berubah menjadi berbelanja melalui online shop. Salah satu fitur yang paling digemari konsumen adalah fitur gratis ongkir. Shopee menawarkan solusi mudah bagi para konsumen yaitu dengan menampilkan online customer review dan online customer  rating untuk meningkatkan kepercayaan bagi konsumen maupun calon konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruh penggunaan tagline gratis ongkir dan online customer rating terhadap minat beli produk pakaian muslim di shopee (studi pada mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan).

Variabel independen penelitian ini adalah penggunaan tagline dan online customer rating dan variabel dependennya minat beli. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data diperoleh melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified sampling. Dianalisis dengan menggunakan program SPSS versi 26 dengan menggunakan metode analisis uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, heterokedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis (uji t dan uji F).

Hasil penelitian ini adalah variabel tagline dan online customer rating  mempengaruhi minat beli  sebesar 32,8%. Kemudian hasil penelitian secara parsial (uji t) menyatakan bahwa, variabel tagline memiliki thitung > ttabel = (4,185 > 1,662) artinya terdapat pengaruh tagline dengan minat beli. Sedangkan untuk variabel online customer rating memiliki thitung > ttabel = (2,761 > 1,662) artinya terdapat pengaruh online customer rating dengan minat beli. Sedangkan dengan cara simultan (uji F) hasilnya terdapat pengaruh tagline “gratis ongkir dan online customer rating terhadap minat beli yang dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel = (22,408 > 2,36).

Kata Kunci: Tagline, Online Customer Rating, Minat Beli


Full Text:

PDF

References


Amarazka, Vega, Dan Reni Shinta Dewi. “Pengaruh Kualitas Produk Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Portabello Semarang.” Jurnal Administrasi Bisnis 9, No. 4 (2020).

Ansharullah, “Pakaian Muslimah dalam Perspektif Hadis dan Hukum Islam”, Jurnal Syariah dan hukum 17, no. 1 ( Juli 2019): hlm. 70.

B, Swastha. Manajemen Penjualan. Kelima. Ygyakarta: Bfse, 2001.

Daulay, Nuraini. “Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Medan Labuhan).” Universitas Sumatera Utara, 2020.

Enterprise, Jubilee. Spss Untuk Pemula. Jakarta: Pt. Elex Media Komputindo, 2014.

Firmansyah, Ahmad. “Kajian Kendala Implementasi E-Commerce Di Indonesia.” Masyarakat Telematika Dan Informasi : Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Komunikasi 8, No. 2 (8 Maret 2018)

Haniscara, Noky Ananda, dan Saino. “Pengaruh Online Customer Review Dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Marketplace Shopee Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening: Studi Pada Generasi Muda Surabaya.” Jurnal Sains Sosio Humaniora 5, No. 1 (30 Juni 2021)

Hartawan, Erick, Delfin Liu, Marc Richardo Handoko, Geraldo Evan, dan Handyanto Widjojo. “Pengaruh Iklan Di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada E-Commerce.” Jmbi Unsrat (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). 8, No. 1 (30 Juni 2021)

Hasil Wawancara Dengan Mahasiswa Febi Iain Padangsidimpuan, 17desember 2020.

Ismiati, Nanik. Slogan Dan Tagline Senjata Pamungkas Iklan. Jakarta: Pt. Gramedia Pustaka Utama, 2000.

Kuncoro, Mudrajat. Metode Riset Untuk Bisnis Dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga, 2009.

Noor, Juliansyah. Metodologi Penelitian: Tesis, Disertasi Dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

Priyanto, Duwi. Belajar Cepat Olah Data Statistik Dengan Spss. Yogyakarta: Cv. Andi Offset, 2011.

———. Cara Kilat Belajar Analisis Data Dengan Spss. Yogyakarta: Andi Offset, 2012.

Rizky Nst, Muhammad Fakhru, Dan Hanifa Yasin. “Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama Pt. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan.” Jurnal Manajemen 14, No. 02 (2014)

Sugiyono. Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2018.

Sugiyono, Dan Agus Susanto. Cara Mudah Belajar Spss Dan Lirse. Bandung: Alfabeta, 2015.

Susetyarsi, T. H. “Analisis Pengaruh Strategi Desain Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Skuter Matik Yamaha Merek Mio Fino Di Kota Semarang.” Jurnal Stie Semarang 5, No. 2 (Juni 2013)

Swasta, Basu, T.Hani Handoko, Dan William J. Stanton. Management Pemasaran Modern. Jakarta: Pt.Grasindo Persada, 2004.

Usman, Husaini, Dan Promono Setiadi Akbar. Metodologi Penelitian Sosial Edisi Ke Dua. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

“Visi Dan Misi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam - Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam,” 29 Juli 2019. Https://Febi.Iain-Padangsidimpuan.Ac.Id/Febi/Visi-Dan-Misi-Fakultas-Ekonomi-Dan-Bisnis-Islam/.

Yustiani, Rini, Dan Rio Yunanto. “Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi.” Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika 6, No. 2 (23 Oktober 2017)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.