FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan)

Siti Aminah (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)
Budi Gautama Siregar (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)
Ali Hardana (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)
Muhammad Arif (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah apakah pendapatan, lingkungan dan pendidikan secara simultan berpengaruh terhadap minat berwirausaha Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah pendapatan, lingkungan dan pendidikan secara simultan berpengaruh terhadap minat berwirausaha Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian berkaitan dengan pendapatan, lingkungan dan pendidikan, minat berwirausaha. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pendapatan, lingkungan, pendidikan dan minat berwirausaha. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder dalam bentuk rumus slovin sebanyak 85 orang. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi yaitu data dari mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan dengan cara penyebaran kuisioner kepada responden. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan program komputer SPSS 22. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji instrument yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik yaitu uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, analisis regresi berganda, uji hipotesis yaitu hasil uji t, hasil uji F dan hasil uji R2 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pendapatan berpengaruh terhadap minat berwirausaha memiliki thitung > ttabel, dan lingkungan berpengaruh terhadap minat berwirausaha memiliki thitung > ttabel sedangkan pendidikan berpengaruh terhadap minat berwirausaha memiliki thitung > ttabel. Secara simultan pendapatan, lingkungan dan pendidikan berpengaruh terhadap minat berwirausaha memiliki Fhitung > Ftabel. Pengaruh pendapatan, lingkungan dan pendidikan terhadap minat berwirausaha 59,2 %. Sedangkan sisanya sebesar 40,8 % dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Lingkungan, Minat Berwirausaha, Pendapatan, dan Pendidikan.


Full Text:

PDF

References


Anggito, dkk., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Jejak, 2018.

Firdaus, Muhammad. 2011. Ekonometrika Suatu Pendapatan Aplikatif Edisi 2 (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011), hlm, 27

Ganefri & Hendra Hidayat, Pedagogi Entrepreneurship Di Pendidikan Tinggi, Jakarta: Kencana, 2017.

Ghozali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2016.

Herlina Vivi, Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2019.

Indra P, I made & Ika Cahyaningrum, Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian(Yogyakarta: Deepublish, 2019), hlm. 26.

Kurniati, Edy Dwi, Kewirausahaan Industri, Yogyakarta: Deepublish, 2015.

Priyatno, Dwi. 2014. SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis (Yogyakarta: ANDI, 2014), hlm. 30

Riyanto, Slamet & Aglis Andhita Hatmawan, Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Siyoto, Sandu & M. Ali Sodik, Dasar Metodologi Penelitian (Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015), hlm. 17.

Sugiono, Metode Penelitian Bisnis Bandung : Alvabeta. 2020.

Trihendradi, C. Step by Step IBM Spss 21: Analisis Data Statistik (Yogyakarta: Andi Offset, 2013), hlm. 111.

Yusuf, A. Muri, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan (Jakarta: Kencana 2014), hlm. 372

Agustin, Ria Resti. 2020. “Pengaruh Ekspektasi Pendidikan, Motivasi, Pendidikan Kewirausahaan Dan Norma Subjektif Terhadap Minat Untuk Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Akuntansi FEB UNISMA dan UM). E-Jra. Vol. 09. No. 04.

Hendrawan, Josia Sanchaya, Hani Sirine. 2017. “Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan)”. Jurnal AJIE. Vol. 02. No. 03.

Khoirunisa. 2019. “Pengaruh Atribut Personal, Lingkungan Keluarga Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang”. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Rustini, Ni Made, I Gede Surya Pratama dan I Gede Nyoman Carlos Wiswanatha Mada. 2019. “Pengaruh Motivasi, Lingkungan Internal Dan Eksternal Terhadap Minat Berwirausaha Seka Taruna Di Kota Denpasar”. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi. Vol. 18. No. 2.

Ulpa, Maria. 2018. “Pendapatan usaha, pendidikan, kewirausahaan, dan lingkungan keluarga terhadap minat meneruskan usaha keluarga”, Jurnal Riset Entrepreneurship, volume 1, No 2, 2018, hlm. 15.

Yuliarto, Ahmad Fauzan. 2017. “Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Dan Praktik Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017, Program Pendidikan Akuntansi, Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, 2017, hlm. 22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.