Praktikalitas E-modul Hidrolisis Garam Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Kelas IX SMA

Desi Lisa Rosanna, Meliza Meliza, Sonya Frisilla

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktikalitas e-modul hidrolisis garam berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model Plomp. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket uji praktikalitas siswa pada e-modul. Subjek penelitian ini terdiri dari dua orang guru kimia dan  26 orang siswa kelas XII SMAN 14 Padang. Data dianalisis dengan formula Moment Kappa (k). Hasil uji praktikalitas menunjukkan bahwa e-modul menarik, huruf jelas, bahasa mudah dimengerti sehingga siswa mudah memahami materi. Hasil analisis data rata-rata nilai Moment kappa pada tahap uji praktikalitas guru dan siswa sebesar 0,84 dan 0,82 dengan  kategori keduanya tinggi. Data ini dibuktikan dengan kemampuan siswa menjawab soal pada e-modul sebesar 87% dengan kategori tinggi. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa e-modul e-modul hidrolisis garam berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa kelas XI SMA telah praktis digunakan dalam proses pembelajaran Kimia SMA dengan kategori kepraktisan tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai bahan ajar alternatif dalam pembelajaran kimia di SMA.


Full Text:

PDF

References


Andromeda, A., Lufri, Festiyed, Ellizar, E., Iryani, I., Guspatni, G., & Fitri, L. (2018). Validity and Practicality of Experiment Integrated Guided Inquiry-Based Module on Topic of

Andromeda, Lufri, Festiyet, & Ellizar. (2018). Validity and Practicality of Integrated Guided

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4), 20-26.

Brady, J.E dan Humiston., (1999). General Chemistry Principle and Structure, 4th Edition. New York: John Willey & Sons,Inc.

Colloidal Chemistry for Senior High School Learning. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012099

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Departemen Pendidikan Nasional.

Desviana, A. & Lenni, K. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Terintegrasi Media Komputasi Hyperchem Pada Materi Bentuk Molekul. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 10(1), 1925-1931

Fausih, M., & T, D. (2015). Media Modul Elektronik di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal UNESA, 01(01), 1–9.

Hafsah, J., Rohendi, D., & Purnawan. (2016). E-modul Sebagai Media dalam Penigkatan Kualitas Belajar. Jurnal Teknik Mesin, 3(1), 106-112.

Hanson D., M. 2006. Instructor’s Guided to Process-Oriented Guided-Inquiry Learning. Lisle, IL: Pacific Crest.

Inquiry (IGI) Learning Model for Senior High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1116(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1116/4/042007

Kemendikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul. Kementrian Pendddidikan dan Kebudayaan.

Matthew, Bakke M. 2013. “A Study on Effects of Guided Inquiry Teaching Method on Students Achievement in Logic”. Journal InternationalResearch. Vol. 2, No. 1, p 138-139.

Perdana, A. F., Sarwanto, Sukarmin, & Sujadi, I. (2017). Development of e-module combining scienceprocess skills and dynamics motion material to increasing critical thinking skills and improve student learning motivation senior high school. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 1(1), 45–54. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i1.5112

Permendikbud RI No. 59. 2014. “Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah”.

Rendra, G. R. P., Darmawiguna, I. G. M., & Sindu, I. G. P. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Menggunakan Schoology. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 7(2), 50–58.

Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56.

Verawardina, Asnur, Lubis, & Hendriyani, (2020). Online Learning Facing the Covid-19. Outbreak, 12(3), 385–392


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 LAVOISIER: Chemistry Education Journal

Jl. T. Rizal Nurdin, Km. 4.5 Sihitang - Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara

Telp. 0634-22080

Fax. 0634-24022