Author Guidelines

Panduan Penulis Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan Mulai Volume 1 Nomor 1 Juni 2019

Pendahuluan

Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Infomasi, dan Kearsipan adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh UPT Pusat Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. Jurnal ini memfokuskan kajian pada bidang perpustakaan, informasi, dan kearsipan. Tujuan publikasi jurnal ini adalah untuk melakukan diseminasi atau penyebarluasan hasil penelitian atau ide-ide/pemikiran konseptual di bidang perpustakaan, informasi, dan kearsipan.editor Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, informasi, dan kearsipan mengundang para penulis baik dari kalangan pustakawan, dosen, mahasiswa dan pemerhati perpustakaan, informasi, dan kearsipan untuk mengirimkan naskahnya ke tim redaksi kami untuk diterbitkan di jurnal ini. Adapun contoh format penulisan artikel dapat dilihat disini.

 

Cara Menulis Judul, Nama, dan Alamat Penulis

Judul naskah harus ditulis di bagian atas halaman pertama dengan posisi di tengah. Sedangkan nama penulis dan alamat afiliasi atau institusinya ditulis di posisi tengah juga di bawah judul artikel. Nama penulis tidak mencantumkan gelar akademik. Urutan nama penulis jika lebih dari 1 (satu) penulis ditulis berdasarkan peringkat tanggung jawab. Judul dan nama penulis jaraknya 2 (dua) spasi. Kemudian, jarak antara alamat afiliasi atau institusi penulis dan judul abstrak adalah 1 (satu) spasi. Kata kunci ditulis di bawah abstrak. Kata kunci tersebut disusun dalam urutan abjad dan dipisahkan oleh titik koma maksimal 3 (tiga) hingga 5 (lima) kata.

 

Panduan Umum Naskah Artikel

Pedoman umum naskah artikel adalah sebagai berikut:

  1. Naskah artikel adalah hasil penelitian atau kajian konseptual otentik atau asli yang belum dipublikasikan di media publikasi lain dan naskah artikel tersebut tidak mengandung unsur plagiasi dalam bentuk apapun. Penulis wajib melampirkan Surat Pernyataan Etika (Ethics Statement) dan Pernyataan Hak Cipta (Copyright Statement) saat men-submit naskah artikel.
  2. Pengajuan dan proses publikasi naskah artikel tidak dipungut bayaran atau biaya apapun.
  3. Pedoman dan template penulisan artikel dapat diunduh di SINITemplate dan panduan penulisan artikel tersedia dalam format MS Word.
  4. Naskah artikel yang tidak sesuai dengan panduan penulisan AL-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan akan dikembalikan kepada penulis sebelum proses review dilakukan.
  5. Naskah harus memuat beberapa aspek seperti tertera pada Pedoman Penulisan Naskah Artikel dibawah ini.
  6. Anak judul seperti pendahuluan, tinjauan literatur, metode penulisan, hasil penelitian, pembahasan, dan kesimpulan harus diberi nomor dalam urutan penomoran bahasa Arab. Anak judul tersebut ditulis dalam format huruf tebal dan posisi teks rata kiri tanpa garis bawah.
  7. Naskah artikel ditulis baik dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris yang baku. Naskah artikel terdiri dari paling sedikit 15 (lima belas) halaman dan paling banyak 25 (dua puluh lima) halaman termasuk gambar dan tabel. Naskah artikel  ditulis pada kertas ukuran A4 (21 cm x29,7 cm), dengan margin khusus sebagai berikut: kiri 3 cm, kanan 2,5 cm, bawah 2,5 cm dan atas 3 cm.
  8. Teks artikel harus menggunakan  font Time New Roman, ukuran font 12pt.
  9. Kata-kata dari bahasa asing dituliskan dalam format miring atau Italic.  Setiap paragraf mulai dari 1 cm dari perbatasan sisi kiri.
  10. Setiap gambar harus diberi keterangan di bawah gambar dan diberi nomor dalam format penomoran angka  Arab diikuti dengan judul gambar. Setiap tabel harus diberi judul tabel dan diberi nomor dalam format penomoran angka Arab di atas tabel diikuti dengan judul tabel. Gambar  lampiran harus dapat dicetak dengan baik dan jelas. Gambar, tabel, dan bagan harus ditempatkan di tengah halaman.

Pedoman Penulisan Naskah

Judul naskah

Judul harus informatif dan ditulis dengan singkat dan jelas. Judul harus sesuai dengan masalah yang akan dibahas. Kata pertama harus ditulis dalam huruf kapital. Huruf judul berukuran 14pt dengan cetak tebal dan dalam format teks tengah.

 

Abstrak

Abstrak naskah harus ditulis maksimum 150 (seratus lima puluh) sampai dengan 200 (dua ratus) kata dan diikuti dengan 3 (tiga) hingga 5 (lima) kata kunci. Abstrak Naskah harus ditulis dalam 2 (dua) Bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

 

Pendahuluan

Pengantar harus berisi latar belakang dan tinjauan pustaka sebagai dasar dari pertanyaan penelitian, pernyataan kebaruan artikel ilmiah, masalah penelitian, dan hipotesis. Tujuan penulisan artikel harus dinyatakan pada bagian akhir pendahuluan.

 

Tinjauan pustaka

Tinjauan pustaka terdiri dari penjelasan tentang studi sebelumnya yang relevan dengan penelitian. Pada bagian ini dijelaskan kelebihan dan kekurangan penelitian sebelumnya.  Kelebihan dan kekurangan tersebut menjadi alasan utama untuk memperbaiki atau mengembangkan penelitian sebelumnya. Bagian ini juga berisi landasan teori, konsep dan prinsip-prinsip yang diperlukan untuk pemecahan masalah yang terkait dengan penelitian. Semua sumber yang dikutip dalam penelitian harus ditulis dengan jelas dalam daftar pustaka.

 

Metode Penelitian

Pada bagian ini dijelaskan tentang metode yang diterapkan untuk memecahkan masalah.

 

Diskusi dan Hasil

Bagian ini terdiri dari pembahasan rinci mengenai hasil penelitian. Untuk menegaskan dan menguatkan pembahasan hasil penelitian tersebut, data-data yang memadai harus dinyatakan secara jelas. Hasil penelitian harus mampu menjawab hipotesis penelitian yang dinyatakan sebelumnya pada bagian pendahuluan.

 

Kesimpulan

Kesimpulan adalah bagian akhir sebuah hasil penelitian yang berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan harus terdiri dari jawaban hipotesis, tujuan penelitian dan penemuan penelitian. Kesimpulan harus menjadi ringkasan dari hasil penelitian seperti yang diharapkan penulis dalam tujuan penelitian atau hipotesis. Saran-saran berisi ide atau gagasan yang terkait dengan penelitian lanjutan.

 

Daftar Pustaka

Semua literatur yang digunakan dalam artikel harus dituliskan secara sistematis pada bagian ini. semua literatur yang digunakan harus berasal dari sumber primer – diutamakan jurnal ilmiah - yang diterbitkan dalam 10 (sepuluh tahun) terakhir. Setiap artikel harus memiliki setidaknya 10 (sepuluh) daftar pustaka.

 

Panduan Kutipan dan Referensi

Semua kutipan yang disajikan dalam artikel yang berasal dari artikel lain harus melampirkan sumber rujukan yang jelas. Sumber rujukan tersebut harus menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley dan Zotero. Format penulisan yang digunakan oleh Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan adalah format Chicago Manual of Style 16th Edition model author-date system (In Text Citation).

Pedoman Review Artikel

Review artikel harus menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley dan Zotero. Format penulisan yang digunakan oleh Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan adalah format Chicago Manual of Style 16th Edition model author-date system.

 

Pedoman Penyerahan Naskah Artikel Secara Daring

Naskah artikel harus diserahkan melalui Sistem Pengajuan Daring (Online Submissions) di portal E-journal Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan. Klik  di SINI.
Adapun tahapan yang harus dilewati terlebih dahulu adalah sebagai berikut:

  1. Penulis harus mendaftar baik sebagai penulis atau reviewer di "Register" atau klik  SINI.
  2. Setelah langkah pendaftaran selesai, masuk sebagai penulis, klik di " New Submission ". Tahap pengiriman artikel terdiri dari lima tahap, seperti: (1). Start, (2). Upload Submission, (3). Enter Metadata, (4). Upload Supplementary Files, (5). Confirmation.
  3. Pada kolom "Start", ceklist semua ketentuan jika artikel tersebut sesuai dengan ketentuan.
  4. Pada kolom " Upload Submission ", unggah file naskah dalam format MS Word.
  5. Pada kolom " Enter Metadata ", isi semua data penulis dan afiliasi termasuk Judul Jurnal, Abstrak, dan Kata Kunci Pengindeksan.
  6. Pada kolom "Upload Supplementary Files", penulis diperbolehkan untuk mengunggah file tambahan, Surat Pernyataan Etika (Ethics Statement), Pernyataan Hak Cipta (Copyright Statement) atau yang lainnya.
  7. Pada kolom "Confirmation", jika data yang Anda masukkan sudah benar, klik "Finish Submission ".

 

OJS and Modified By IAIN Padangsidimpuan